Pemko Payakumbuh Hibahkan Gedung Sitipol pada Polres

Langgam.id - Pemerintah Kota Payakumbuh menghibahkan sebuah gedung kepada Kepolisian Resor setempat. Gedung Seksi Teknologi Informasi Polri (Sitipol) Kepolisian Resor Payakumbuh tersebut baru saja selesai dibangun tahun ini, diresmikan sekaligus dihibahkan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh pada Selasa (27/12/2022).

Sitipol merupakan unsur pendukung yang berada di bawah Kapolres dan bertugas menyelenggarakan pelayanan teknologi komunikasi dan informasi, meliputi kegiatan komunikasi kepolisian, pengumpulan dan pengolahan serta penyajian data, termasuk informasi kriminal dan pelayanan multimedia.

Pembangunan gedung senilai hampir Rp500 juta itu merupakan bentuk dukungan Pemerintah Kota Payakumbuh untuk mewujudkan pelayanan prima kepolisian kepada masyarakat, dengan mengganggarkan pada APBD Tahun 2022 di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Payakumbuh.

Kapolres AKBP Alex Prawira dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas dukungan Pemerintah Kota Payakumbuh kepada Polres dengan adanya gedung baru untuk Sitipol. Bangunan lamanya dibangun swadaya, pondasinya miring dan dinding berjamur.

“Terima kasih banyak kami ucapkan, takkan terealisasi sebagus ini gedungnya tanpa dukungan dari Pemko Payakumbuh dan pihak terkait, semoga ini menjadi amal ibadah dan dibalas pahala berlipat ganda,” katanya, sebagaimana dirilis situs resmi Pemko Payakumbuh.

Kapolres yang telah berdinas kurang lebih 2 tahun di Payakumbuh itu menambahkan, mungkin dari 19 polres yang ada di Polda Sumbar, Payakumbuh yang punya gedung Sitipol terbagus.

“Kami akui saat ini pengisi jabatan Kasi di Sitipol masih kosong. Karena jabatan ini harus orang yang menguasai teknologi informasi komunikasi (TIK). Dulu jabatannya seperti tak laku, tapi sekarang malah langka orangnya, susah dicari. Tapi tak lama lagi bakal ada pengisinya,” ujar Alex.

“Bangunan ini adalah sumbangsih dari rakyat Payakumbuh, sebagai anggota POLRI tentu kami akan ada timbal baliknya, manfaatkan semua dalam tugas kepolisian untuk kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara,” tuturnya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda menyebut pembangunan gedung ini adalah wujud sinergitas antara Pemko dan Polres Payakumbuh untuk meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Manfaatkanlah gedungnya dengan baik, bagaimana masyarakat mendapatkan informasi yang berkualitas. Mari kita meningkatkan kinerja bersama-sama, tak hanya pintu depan dan belakang saja yang kita perbagus, tapi dapur informasinya juga,” ujarnya.

Rida juga mengapresiasi Polres Payakumbuh yang berhasil meraih peringkat dua nasional kategori Polres dalam penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk Pelayanan SKCK.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen Bapak Kapolres dalam memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Momen peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan berita acara serah terima barang antara Penjabat Wali Kota Payakumbuh dan Kapolres AKBP Alex Prawira. Hadir dalam kesempatan itu Ketua DPRD Hamdi Agus dan unsur Forkopimda serta sejumlah pejabat Pemko. (*/SS)

Ikuti berita Sumbar terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Festival Maek Mengungkap Misteri Peradaban Dunia
Festival Maek Mengungkap Misteri Peradaban Dunia
Team Miminku dan Rudi Maulana
Agensi Digital Marketing Miminku.id Pertama di Sumatera, Inovasi Pemberdayaan Perempuan Asal Payakumbuh
Tim Phantom Sat Narkoba Polres Payakumbuh menangkap seorang pria berinisial Nas (46) yang diduga melakukan tindak pidana penyalahgunaan
Polisi Ciduk Dua Orang yang Transaksi Sabu di Payakumbuh, Satu Tersangka Kabur
Diduga menjual dan mengedarkan narkotika jenis sabu, pasangan suami istri (pasutri) ditangkap Sat Narkoba Polres Payakumbuh pada Minggu
Diduga Edarkan Sabu, Pasutri di Payakumbuh Diamankan Polisi
Diduga memiliki narkotika jenis sabu, seorang pria dengan nama samaran Dompet, ditangkap Tim Phantom Sat Narkoba Polres Payakumbuh.
Diduga Bawa Sabu Senilai Rp18 Juta, Pria Ini Ditangkap Polres Payakumbuh
Satreskrim Polres Payakumbuh meringkus seorang pria paruh baya di los daging Pasar Ibuh pada Rabu (24/4/2024). Pria yang biasa disapa dengan
Diduga Gelapkan Hasil Penjualan Sapi, Pria Paruh Baya di Payakumbuh Diringkus Polisi