Pemko Payakumbuh Cetak Generasi Emas Melalui Pemilihanan Duta Genre 2024

InfoLanggam — Sekretaris Daerah Payakumbuh Rida Ananda secara resmi membuka Genre Awards Pemilihan Duta Genre Kota Payakumbuh 2024 di Aula Ngalau, Balai Kota Payakumbuh, Sabtu (22/6/2024).

Dalam sambutannya, Rida Ananda mengatakan “Generasi Berencana” atau Genre ini adalah program yang diluncurkan oleh pemerintah lewat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)

“Duta Genre memegang peran penting untuk mensosialisasikan bahwa keluarga adalah segalanya. Program ini berfokus pada pembinaan remaja-remaja Indonesia menjadi remaja visioner yang terhindar dari resiko TRIAD KRR seperti seksualitas, HIV/AIDS, dan napza,” ujar Ayah Genre Kota Payakumbuh tersebut.

Dikatakan Rida, program yang berada di bawah naungan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) tersebut perlu terus dilakukan pembinaan secara kontiniu oleh pemerintah, orang tua, maupun masyarakat.

“Pemko Payakumbuh berkomitmen untuk merealisasikan percepatan penurunan angka stunting di Payakumbuh. Kami berharap, Duta GenRe Kota Payakumbuh turut menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan hal tersebut,” harapnya.

Tak hanya itu, Rida juga berharap keberadaan Duta GenRe dapat menekan maraknya permasalahan remaja, terutama permasalahan seputar seksualitas, penyalahgunaan narkoba, rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, hingga pernikahan dini di Payakumbuh.

“Kami berharap, 22 finalis Duta Genre ini dapat mengharumkan nama Payakumbuh di tingkat provinsi maupun nasional nantinya. Mari terus berupaya menciptakan generasi sehat dan produktif untuk Payakumbuh emas di masa depan,” tutupnya dengan optimis.

Sementara itu, Ketua Tim Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Stunting Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat Dafid Arga menyampaikan apresiasinya kepada Pemko Payakumbuh yang telah menyelenggarakan Genre Awards Pemilihan Duta Genre tersebut.

“Ini bukti Pemko mendukung perkembangan remaja di Payakumbuh menjadi pribadi yang inovatif, produktif, dan berkualitas agar dapat mencapai bonus demograsi menyonsong Indonesia emas 2045,” pujinya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kota Payakumbuh sekaligus Bunda Genre Kota Payakumbuh Ny. Elfriza Rida, perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Kepala DP3AP2KB Agustion, perwakilan Duta Genre se Sumatera Barat, serta Kepala OPD dan instansi terkait lainnya. (*)

Baca Juga

Pj Wali Kota Payakumbuh Suprayitno melepas secara resmi keberangkatan logistik untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD
Lepas Pendistribusian Logistik PSU DPD, Pj Wako Payakumbuh Imbau Warga Gunakan Hak Pilih
Bawaslu masih menemukan calon anggota DPD yang memasang alat peraga kampanye (APK) di beberapa titik di Kota Payakumbuh. Padahal berdasarkan
Bawaslu Bakal Tertibkan 113 APK Calon Anggota DPD yang Masih Terpasang di Payakumbuh
Payakumbuh Botuang Festival (PBF) yang masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi (Kemenparekraf)
Payakumbuh Botuang Festival Dibuka, Pj Wako: Pemko Komitmen Majukan Pariwisata dan Ekraf
Kapolres Payakumbuh berganti dari AKBP Wahyuni Sri Lestari kepada pejabat yang baru yaitu AKBP Ricky Ricardo. Selasa (9/7/2024), digelar
Kapolres Payakumbuh Berganti, Pemko Yakin Sinergitas Akan Terjalin Lebih Kuat
Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Kota Payakumbuh tahun 2024 yang digelar di halaman Balai Kota Payakumbuh, berlangsung meriah.
Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Payakumbuh 2024 Berlangsung Meriah
Sebanyak 204 jemaah haji Kota Payakumbuh yang tergabung dalam kloter X tiba kembali di kampung halaman pada Jumat (5/7/2024).
204 Jemaah Haji Payakumbuh Tiba di Kampung Halaman, Disambut Haru Keluarga