Pemko Payakumbuh Akan Gelar Salat Idul Adha di Halaman Balai Kota

Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh, Joben mengatakan, pada Idul Adha 1444 H ini, ada total 1.564 ekor hewan kurban yang akan disembelih

Pelaksanaan Salat Idul Adha 1444 H di halaman Kantor Balai Kota Payakumbuh. [foto: Pemko Payakumbuh]

InfoLanggam - Pelaksanaan Salat Idul Adha di Kota Payakumbuh akan digelar di halaman Balai Kota di Jalan Veteran. Selain itu, dalam rangka Peringatan Tahun Baru Muharram 1446 H nanti, juga akan digelar tabligh akbar di Payakumbuh

Pelaksanaan Idul Adha dan Tahun Baru Muharram 1446 H itu dibicarakan pada rapat persiapan yang digelar oleh Pemko Payakumbuh bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI) pada Jumat lalu (17/5/2024).

Rapat tersebut turut dihadiri oleh Kakan Kemenag, Joben, Ketua PHBI Kota Payakumbuh Rudy Noviardi, serta pengurus PHBI Kota Payakumbuh lainnya.

“Berdasarkan hasil rapat, seperti tahun-tahun sebelumnya, Salat Idul Adha akan dipusatkan di halaman Balai Kota yang berada di Jalan Veteran Payakumbuh pada Senin, 17 Juni 2024 mendatang,” ujar beber Ketua PHBI Kota Payakumbuh, Rudy Noviardi.

Rudy menambahkan bahwa yang akan bertindak selaku khatib adalah Prof Dr Asasriwarni, MA, guru besar UIN Imam Bonjol Padang. Sedangkan Imam adalah H Ihsan Nuzula, MA yang merupakan qori terbaik nasional tahun 2017.

“Meskipun demikian, untuk memastikan waktu pelaksanaan Salat Hari Raya Idul Adha tahun 1445 H/2024 M ini, tentu saja tetap menunggu hasil sidang isbat MUI dan penetapan dari Menteri Agama RI,” bebernya.

Rudy menyebutkan, PHBI dan Pemko Payakumbuh juga berencana akan mengadakan acara Tabligh Akbar dalam rangka peringatan Tahun Baru Muharram 1446 H esok.

“Tabligh Akbar peringatan 1 Muharam 1446 H akan diadakan pada 8 Juli 2024 di Lapangan GOR M Yamin, acara ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan musik religi dari Kota Payakumbuh. Alhamdulillah acara tabligh akbar dalam rangka 1 Muharram ini didukung penuh oleh Pemko Payakumbuh,”tuturnya.

Kabag Kesra Setda Kota Payakumbuh Efrizal juga menyampaikan bahwa acara tabligh akbar dalam rangka tahun baru Islam 1 Muharram 1446 H direncanakan akan dihadiri oleh seluruh ASN kota Payakumbuh, ormas Islam, dan terbuka untuk seluruh masyarakat Kota Payakumbuh.

Terkait pelaksanaan Salat Idul Adha dan Tabligh Akbar tersebut, Efrizal berharap agara panitia dan semua pihak yang terlibat dapat mempersiapkan segala sesuatu dengan baik melalui kerjasama dan komunikasi yang bagus.

“Kemudian, kami mengimbau agar seluruh masyarakat dapat mengikuti acara ini dengan mengedepankan kebersamaan, keamanan, dan juga selalu menjaga ketertiban dan saling berkoordinasi dengan semua pihak,” ucap.

Efrizal mengharapkan pelaksanaan Salat Idul Adha dan Tabligh Akbar di Payakumbuh ini dapat berjalan dengan lancar.

"Dan menjadi momentum untuk memperkuat tali silaturahmi dan persaudaraan kita dan segera mempersiapkan segalanya dengan baik,” harap Efrizal. (*/yki)

Baca Juga

Sebanyak 30 kelompok tani di Kota Payakumbuh menerima bantuan alat dan mesin pertanian di Kantor Dinas Pertanian Kota Payakumbuh.
30 Kelompok Tani di Payakumbuh Terima Bantuan Alat dan Mesin Pertanian
Penjabat Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno menerima kunjungan dari UP3 PLN Payakumbuh di ruang kerja lantai II Kantor Wali Kota Payakumbuh
Bertemu UP3 PLN Payakumbuh, Pj Wako Sinergikan Sejumlah Program Pemko
Pemko Payakumbuh menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di halaman Kantor Camat Lamposi Tigo Nagori, Rabu (12/6/2024).
Jaga Stabilitas Harga Jelang Idul Adha, Pemko Payakumbuh Gelar Gerakan Pangan Murah
Masuk nominasi lima besar nasional, tim verifikasi lapangan iBangga award tingkat nasional tahun 2024 menyambangi Kota Payakumbuh.
Masuk Nominasi 5 Besar Nasional, Tim Verifikasi iBangga Award Sambangi Payakumbuh
Pemko Payakumbuh yang menggelar rapat terkait pengelolaan sampah, Senin (10/6/2024) di Aula Randang, Balai Kota Payakumbuh. Rapat ini
Atasi Sampah, Ini Solusi dari Pemko Payakumbuh Usai Izin Penggunaan TPA Regional Berakhir
Pelaksanaan satu event satu nagori di Kanagarian Koto Nan Ompek berlangsung meriah, Pj Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno
Pj Wako Harap Event-event Adat dan Budaya Terus Dikembangkan di Payakumbuh