Pemko Pariaman Berhasil Evakuasi Wisatawan yang Terjebak di Pulau Angso Duo

Pemko Pariaman Berhasil Evakuasi Wisatawan yang Terjebak di Pulau Angso Duo

Proses evakuasi wisatawan yang terjebak di Pulau Angso Duo, Pariaman. (Foto: Diskominfo Pariaman)

Langgam.id - Petugas Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman berhasil mengevakuasi 17 wisatawan yang terjebak di Pulau Angso Duo. Para wisatawan tersebut terpaksa diinapkan saat berwisata di pulau itu karena cuaca buruk, hujan lebat dan badai, yang terjadi pada Senin (23/1/2023) siang hingga malam hari.

"Sebanyak 17 wisatawan dan 2 orang petugas yang diinapkan di Pulau Angso Duo akibat cuaca buruk kemaren, berhasil dievakuasi pada pagi hari ini, dan Alhamdulillah, 17 wisatawan kesemuanya dalam keadaan sehat,” ujar Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Selasa (24/1/2023).

Genius mengatakan dalam memberikan rasa aman kepada pengunjung adalah termasuk dalam bagian sapta pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, kenangan) yang harus ada dalam destinasi wisata, tukasnya.

“Dengan terwujudnya rasa aman, maka terwujud juga kenangan, dan hal ini telah kita lakukan dalam menyikapi setiap ada wisatawan yang terjebak di Pulau Angso Duo, mulai dari konsumsi, seperti drop makanan, minuman dan obat-obatan, serta selimut kepada mereka, dan setelah sampai ditepi, kita juga memeriksa kesehatan mereka dan menyediakan sarapan pagi untuk mereka,” katanya, sebagaimana dirilis Diskominfo di situs resmi Pemko.

Lebih lanjut Genius menceritakan, setelah dapat laporan 17 wisatawan, yang terdiri dari 8 orang warga Pekanbaru, dan 9 orang warga sekitaran Sumatera Barat, Padang dan Kabupaten Padang Pariaman, terjebak di Pulau Angso Duo karena cuaca buruk, ia menginstruksikan agar wisatawan tersebut bermalam, dan juga telah melalui persetujuan dari para wisatawan tersebut.

“Pemko Pariaman mengambil tindakan cepat, dengan memberikan layanan prima, mulai dari menyediakan cottage yang ada di pulau untuk menginap disana, serta melengkapi keperluan mereka, dan juga stand by dua orang petugas untuk melayani mereka,” tuturnya.

Salah seorang wisatawan asal Pekanbaru, Roni sangat mengapresiasi langkah cepat yang diambil oleh Pemko Pariaman ketika mereka terjebak di Pulau Angso Duo. Langkah tersebut mulai dari penginapan yang ada di Pulau sampai akomodasi dan konsumsi yang diterima sampai selamat tiba ditepi.

“Kami merasa aman dan nyaman, dan mengucapkan terimakasih kepada semua petugas dan pemerintah Kota Pariaman, yang telah melayani kami dengan baik, sehingga kami tidak merasa ketakutan, malah memberikan pengalaman bermalam di Pulau Angso Duo,” katanya.

Dirinya mengatakan, mereka datang dari Pekanbaru dengan mengendarai kendaraan pribadi, dan petugas dari Pemko Pariaman pun, telah mengamankan kendaraan mereka yang diparkir di tepi. (*/SS)

Tag:

Baca Juga

Mengabdi di Padang, Pj Wako Andree Algamar Apresiasi Program Relawan Bakti BUMN Batch V
Mengabdi di Padang, Pj Wako Andree Algamar Apresiasi Program Relawan Bakti BUMN Batch V
Masa Tanggap Darurat Bencana Tanah Datar Bakal Diperpanjang
Masa Tanggap Darurat Bencana Tanah Datar Bakal Diperpanjang
Berita Tanah Datar - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Bupati menanggapi ada 292 anggota jaringan terorisme NII di Tanah Datar.
Prebunking: Imbauan Bupati Tanah Datar, Tenang dan Cari Informasi Benar Pasca Erupsi Marapi
Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023
Sebanyak 1.255 paket sembako dari Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang disalurkan dari posko utama ke posko siaga yang berada di empat
1.255 Paket Sembako dari Gebu Minang Disalurkan ke Posko Siaga di Padang Panjang
Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah meninjau progres pekerjaan di kawasan Lembah Anai pada Kamis (23/5/2024).
Pengerjaan Jalan di Lembah Anai Ditargetkan Tuntas dan Bisa Dilewati 21 Juli 2024