Pemko Padang Tetapkan 3 Langkah Cegah Penyebaran Virus Corona

virus corona Padang

Rakor pemko Padang membahas pencegahan penyebaran virus corona. (Foto: Humas Pemko Padang)

Langgam.id - Pemerintah Kota Padang menetapkan tiga langkah upaya untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Demikian keputusan rapat koordinasi yang digelar di Rumah Dinas Wali Kota Padang, Minggu (15/3/2020).

Rapat tersebut dihadiri Wali Kota Padang Mahyeldi, Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa, Sekteraris Daerah Amasrul dan para pejabat Pemko. "Pemerintah Kota Padang mengambil tiga langkah utama sebagai upaya pencegahan virus corona," kata Mahyeldi, sebagaimana dirilis Humas Pemko Padang.

Pertama, Pemerintah Kota Padang akan membentuk Satgas Mitigasi atau relawan pencegah penyebaran virus corona. Relawan ini akan turun ke lapangan menyuarakan upaya-upaya pencegahan virus corona kepada masyarakat.

"Kita akan membentuk relawan sebanyak 1.000 orang lebih untuk membersihkan setiap sudut di Kota Padang, rumah ibadah, sekolah-sekolah dan fasilitas umum yang melayani masyarakat. Kita akan usahakan hal ini cepat terlaksana," katanya.

Baca juga : Karena Corona, Pemko Padang Akan Batasi Warganya untuk Kunjungan Luar Negeri

Kedua, kata Mahyeldi, Pemerintah Kota Padang akan terus memberikan informasi setiap hari terkait perkembangan corona, di Command Center Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Padang pada pukul 15.00 Wib.

"Seluruh informasi atau pemberitaan terkait virus Corona harus bersumber dari Dinas Kesehatan Kota Padang. Kita ingin menghadirkan informasi satu pintu sehingga masyarakat tidak dibingungkan," ujarnya.

Ketiga, Pemerintah Kota Padang terus memantau masyarakat yang berpergian ke luar negeri, terutama dari negara-negara yang terjangkit virus corona. Pemerintah Kota Padang akan terus mencatat siapa saja yang datang dari luar negeri melalui dinas kesehatan, camat dan lurah-lurah di Kota Padang.

Selanjutnya, Wali kota Padang juga mengimbau kepada masyarakat untuk terus membudayakan hidup bersih dan sehat. Dengan budaya hidup bersih dan sehat tentunya akan meningkatkan daya imun tubuh.

"Budaya hidup sehat telah diajarkan Agama Islam melalui berWudhu. Nilai-nilai Islam yang tedapat dalam Wudhu harus kita terapkan melalui cuci tangan, cuci muka dan membaca doa ketika bersin. Mari kita kembalikan semua bencana yang terjadi kepada Allah karena segala sesuatu yang terjadi dimuka bumi semuanya atas izin Allah. Dan pada saat sama yang sama mari sama-sama kita berikhtiar mengatasi masalah ini" ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani Hamid menyebut, pihaknya akan terus berkoordinasi dan melakukan pemantauan supaya penyebaran virus corona di Kota Padang tidak semakin meluas.

"Untuk itu, bagi masyarakat yang ingin mendapat layanan informasi virus corona bisa melalui hotline dengan nomor 081261239600 dan 081374334117 (whatapps)," katanya. (*/SS)

Baca Juga

Pemko Padang Gelar Pelatihan Public Speaking, Perkuat Tenaga Pendamping UKM
Pemko Padang Gelar Pelatihan Public Speaking, Perkuat Tenaga Pendamping UKM
Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Komandan Korem (Danrem) 032 Wirabraja, Brigjen TNI Rayen Obersyl
Prajurit Yonif 133/YS Padang Gugur Diserang KKB di Papua, Jenazah Tiba di Bandara Minangkabau Malam Ini
Balaikota Padang Kini Punya KPN Mart
Balaikota Padang Kini Punya KPN Mart
Pemko Padang menerima dana insentif fiskal kinerja tahun 2023 kategori penghapusan kemiskinan ekstrem dari pemerintah pusat Rp5,3 miliar
Padang Terima Insentif Fiskal Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Rp5,3 M