Pemko Padang Minta Pasangan Pengantin Unduh Aplikasi Siap Nikah Siap Hamil, Berikut Maksudnya

pernikahan dini padang

Ilustrasi - Cincin pernikahan. (Foto: Marla66/pixabay.com)

Langgam.id - Pemerintah Kota (Pemko) meminta setiap pengantin di Kota Padang untuk mengunduh aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil). Aplikasi tersebut dapat diunduh melalui telepon seluler di Play Store atau App Store.

"Pemko Padang akan terus menggaungkan kepada setiap pengantin untuk mengunduh aplikasi 'Elsimil'. Aplikasi ini wajib diunduh dan digunakan sebagai salah satu syarat untuk menikah di Kantor Lurah dan KUA, Kota Padang," kata Wali Kota Hendri Septa, dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/2/2023).

Aplikasi "Elsimil" adalah program BKKBN dalam mengupayakan penurunan angka stunting di Indonesia. Aplikasi ini memuat konten edukasi sistem elektronik siap nikah dan hamil yang menjadi prioritas.

“Aplikasi ini sebagai bentuk skrining awal dan edukasi tentang kesehatan reproduksi, perbaikan gizi bagi calon pengantin perempuan, serta perilaku hidup sehat. Sasaran utama dari program ini adalah para remaja yang ingin berumah tangga,” katanya.

Selain ada konten eukasi, menurutnya, aplikasi itu juga memuat kuesioner tentang pencegahan stunting yang dapat dilihat oleh pendamping keluarga. Pendamping keluarga tersebut terdiri atas unsur PKK, Kader KB, dan tenaga kesehatan.

“Kemudian, pendamping keluarga ini akan mendampingi untuk memberi penyuluhan atau pendekatan kepada calon pengantin yang berisiko. Seperti ibu hamil, ibu pasca salin, dan ibu dengan balita,” ujar Hendri.

Pendampingan tersebut, menurutnya, dapat terpantau status gizi (berat badan dan tinggi badan), status kesehatan, risiko terpapar asap rokok atau tidak, dan usia calon pengantin perempuan.

Ia berharap, partisipasi masyarakat dalam mengunduh dan mengikuti petunjuk apolikasi ini bisa mencegah stunting di Indonesia, khususnya di Kota Padang.

Dalam rangka menyukseskan program tersebut, Hendri Septa bersama Ketua TP-PKK Genny Putrinda serta Sekda Andree Algamar selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) menyerahkan sertifikat Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil) kepada pasangan pengantin Emyr Hidayat dan Lavenia Musdalifah di Adzkia Convention Center, Sabtu (11/2/2023).

Penyerahan sertifikat "Elsimil" saat "baralek" (pesta pernikahan) itu dinilai merupakan bentuk implementasi dari Peraturan Wali Kota dan Program Percepatan Penurunan Stunting di Kota Padang. (*/SS)

Baca Juga

Andree Algamar Resmi Dilantik Jadi Pj Wali Kota Padang
Andree Algamar Resmi Dilantik Jadi Pj Wali Kota Padang
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Sekda Kota Padang, Andree Algamar. [Foto: Dok. Pemko Padang]
Andre Algamar Dilantik Jadi Pj Wali Kota Padang Besok
Plh Wako Padang Apresiasi Perumda AM Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Bandang
Plh Wako Padang Apresiasi Perumda AM Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Bandang
Akhiri Masa Jabatan, Hendri Septa dan Ekos Albar Serahkan Kunci Rumah Dinas
Akhiri Masa Jabatan, Hendri Septa dan Ekos Albar Serahkan Kunci Rumah Dinas
Masa jabatan Wali Kota Padang, Hendri Septa dan Wawako Ekos Albar berakhr pada Senin (13/5/2024). Hendri Septa dan Ekos Albar pun berpamitan
Masa Jabatan Hendri Septa dan Ekos Albar Berakhir, Andree Algamar Jadi Plh Wako Padang