Pemko Padang Luncurkan Pesantren Ramadan

Pemko Padang Luncurkan Pesantren Ramadan

Pemko Padang resmi luncurkan kegiatan pesantren Ramadan. (Foto: Kominfo Padang)

Langgam.id -- Pemerintah Kota Padang meluncurkan kegiatan Pesantren Ramadan 1444 Hijriyah, di Auditorium UNP, Rabu (15/3/2023) lalu. Kegiatan ini akan diikuti oleh ribuan siswa di Padang. Pesantren Ramadan akan dibuka pada 25 Maret 2023, dan dimulai pada 26 Maret 2023.

Peluncuran program ini ditandai dengan menabuh gendang tambua yang dilakukan Wali Kota Padang Hendri Septa didampingi Asisten I Pemerintah Kota Padang Edi Hasymi, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Yopi Krislova.

Dikutip dari Kominfo Padang, Wali Kota menyampaikan, Pesantren Ramadan akan menjadi kegiatan rutin setiap tahun yang merupakan pengganti pendidikan formal di sekolah SD dan SMP. Tidak hanya itu, berdasarkan aturan Provinsi Sumatera Barat, Pesantren Ramadan akan diikuti juga oleh pelajar SMA/SMK.

Hendri Septa mengatakan seperti tahun sebelumnya materi Pesantren Ramadhan mulai dari menghafal Alquran, zikir, kisah nabi dan sahabat dengan tema mewujudkan generasi yang tangguh berbudaya yang mencintai masjid.

Pesantren Ramadhan diikuti pelajar mulai dari kelas 4 sampai 6 SD dan kelas pelajar SMP kelas 7 hingga 9. Dimulai selepas subuh hingga selepas zuhur. Sementara bagi pelajar nonmuslim selama bulan Ramadan kegiatan belajar dialihkan ke tempat ibadah masing-masing.

Ia menyampaikan Pesantren Ramadan merupakan komitmen Pemkot Padang agar para pelajar senantiasa bisa mengamalkan ajaran Agama Islam.

Sementara, pada acara yang sama, ia juga mewisuda 1.063 siswa SD dan SMP yang telah mengkhatamkan 30 juz Alquran. Menurutnya, ini merupakan capaian yang baik karena dari 130 ribu anak di Kota Padang sudah khatam hafalan 30 juz Alquran.

"Ini juga akan terus kota dorong dan ajak anak-anak untuk menghafal Alquran di kota ini. Salah satu program kita juga, minimal siswa hafal 30 juz," kata dia. (*/FS)

Baca Juga

Pengumuman hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD negeri tahap I di Padang diumumkan pada hari ini, Sabtu (22/6/2024).
Berikut 15 SD Negeri di Padang dengan Jumlah Peminat Terbanyak pada PPDB Tahap I
Selama dua hari berturut-turut, Kamis-Jumat (21/6/2024), Kota Padang dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan petir.
Terdampak Banjir, BPBD Padang Evakuasi 11 Warga di Dadok Tunggul Hitam
BPBD Kota Padang mencatat adanya 12 titik pohon tumbang akibat hujan deras disertai dengan angin kencang terjadi pada Jumat (21/6/2024) sore.
Hujan Deras Disertai Angin Kencang, BPBD Catat 12 Pohon Tumbang di Padang
Calon siswa yang dinyatakan diterima di tahap I PPDB SMP negeri di Padang jalur zonasi, sudah diumumkan pada Rabu (19/6/2024).
Daya Tampung 6 SMP Negeri di Padang Ini Belum Terpenuhi di PPDB Tahap I, Apa Saja?
Hari pertama pendaftaran tahap I Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD negeri di Padang tahun 2024 sudah mulai ramai calon siswa
Berikut Link Melihat Hasil Seleksi Sementara PPDB SD Negeri di Padang Tahun 2024
Pendaftaran online tahap I Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi tingkat SMP di Padang sudah berakhir pada Minggu
Berikut 10 SMP Negeri di Padang dengan Jumlah Peminat Terbanyak pada PPDB Tahap I