Pemko Gelar Orientasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat se-Kota Payakumbuh

InfoLanggam - Pemko Payakumbuh menggelar Orientasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se-Kota Payakumbuh di Aula Ngalau Indah Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/4/2024).

Kegiatan yang dibuka Pj. Wali Kota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Herlina, dihadiri juga Ketua DPD LPM Kota Payakumbuh H. YB. Dt Parmato Alam, Kabag Pemerintahan Atemugiarae, Ketua DPC LPM se-Kota Payakumbuh dan Ketua LPM se-Kota Payakumbuh.

Staf Ahli Herlina mengatakan bahwasanya orientasi ini dapat menjadi ajang bagi Ketua LPM se-Kota Payakumbuh untuk lebih mendekatkan diri dan memperkuat tali silaturahmi.

"Orientasi ini untuk mendorong peran pemerintah kelurahan dan lembaga masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai wujud pembangunan di kelurahan," ujarnya.

Ia menambahkan, salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut tentu tak terlepas dari peran LPM sebagai salah satu lembaga kemasyarakatan.

"LPM secara umum berperan dalam menggalang persatuan dan kesatuan dalam pembangunan partisipatif. Makanya sebagai mitra kelurahan, dapat bersinergi dengan pemerintah dalam pembangunan masyarakat mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan dan evaluasi," ucapnya.

Herlina menyebut, orientasi ini dilakukan guna meningkatkan kapasitas dan kualitas Ketua LPM se-Kota Payakumbuh sehingga dapat memudahkan upaya dalam proses pembangunan di daerah kewenangan masing-masing.

"Pembangunan harus kita lakukan bersama dengan memperhatikan dampak jangka pendek dan panjangnya, agar kesejahteraan masyarakat dapat pula dirasakan bersama. Targetnya masyarakat sehat, pembangunan lancar, dan kita berada dalam situasi aman dan terkendali," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPD LPM Kota Payakumbuh H. YB. Dt Parmato Alam mengatakan, bahwa ia berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan.

"Melalui orientasi ini, semoga dapat meningkatkan kualitas LPM sebagai mitra pemerintah, meningkatkan layanan masyarakat, serta mendorong percepatan kesejahteraan masyarakat di Kota Payakumbuh," ujarnya.

Dia mengharapkan untuk LPM Kelurahan Limbukan agar mempersiapkan segala sesuatunya untuk penilaian LPM berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat. (*)

Baca Juga

Pemko Payakumbuh melepas keberangkatan 204 orang Jemaah Calon Haji (JCH) Kloter X asal Kota Payakumbuh menuju Embarkasi Padang
204 JCH Kota Payakumbuh Bertolak Menuju Embarkasi Padang
Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh, Joben mengatakan, pada Idul Adha 1444 H ini, ada total 1.564 ekor hewan kurban yang akan disembelih
Pemko Payakumbuh Akan Gelar Salat Idul Adha di Halaman Balai Kota
Tujuh fraksi DPRD Kota Payakumbuh menyetujui Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Payakumbuh Tahun Anggaran 2023
DPRD Setujui Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Payakumbuh 2023 Jadi Perda
Ketua KPU Payakumbuh, Wizri Yasir melantik secara resmi 25 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Payakumbuh. Pelantikan itu
25 Anggota PPK Payakumbuh Resmi Dilantik, Pemko: Tetap Junjung Tinggi Netralitas
Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melepas secara resmi 228 jemaah calon haji (JCH) asal Payakumbuh ke Tanah Suci di Aula Ngalau Balai Kota.
Pemko Payakumbuh Lepas Keberangkatan 228 Jemaah Calon Haji
Ketua yang akan memegang tampuk dari perkumpulan suku Kampai/Kampai Minangkabau akhirnya telah ditetapkan dan ditunjuk
Jasman Ditetapkan Jadi Ketua Perkumpulan Suku Kampai/Bendang Sedunia