Pemko dan Polres Payakumbuh Gelar Gerakan Bersama Cegah Virus Corona

Pemko dan Forkopimda Payakumbuh Dirikan Posko Tanggap Darurat Virus Corona

Gerakan cegah virus corona di Payakumbuh. (Foto: payakumbuhkota.go.id)

Langgam.id - Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh menggelar Gerakan Bersama Pencegahan Virus Corana. Pertokoan bertingkat dan pusat pasar tradisional di Payakumbuh disemprot disinfektan.

Penyemprotan disinfektan itu diawali dengan apel bersama di bawah Kanopi Jalan A. Yani pusat pertokoan bertingkat, Minggu (15/3/2020) pagi. Kegiatan itu dipimpin Wali Kota Riza Falepi bersama Kapolresta AKBP Dony Setyawan, Sekdako H. Rida Ananda, Kepala Dinas Kesehatan dr. Bakhrizal dan sejumlah pimpinan perangkat daerah.

Selain melibatkan petugas puskesmas, bersih-bersih di pusat perbelanjaan itu juga melibatkan anggota TNI/ Polri, Satpol PP Damkar serta petugas TRC BPBD, jajaran Dishub dan satuan kebersihan Bidang Pasar Payakumbuh.

Wali Kota Riza Falepi mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan. "Meningkatkan kebersihan individu dan rumah tangga salah satu usaha untuk menghindari terjangkitnya virus korona," katanya, sebagaimana dilansir situs resmi Pemko Payakumbuh, Senin (16/3/2020).

Kawasan publik seperti pusat perbelanjaan, dikatakannya, perlu menjadi perhatian bersama. Wali kota dan kapolres meminta kesadaran para pedagang untuk selalu memelihara dan meningkatkan kebersihan lingkungan tokonya.

"Jangan biarkan lingkungan tempat kita berjualan kotor dengan sampah yang bertebaran. Siapkan tong sampah disetiap toko dan kios," kata Riza.

Ia mengatakan, tak berharap virus korona masuk ke Payakumbuh. Namun, pemko bersama unsur Forkopimda dan seluruh jajarannya, harus siap untuk berjaga-jaga dalam melakukan tindakan preventif. "Kita harus lebih meningkatkan sosialisasi dan terjun ke tengah masyarakat, agar warga mengetahui cara-cara dalam mengantisipasi virus ini. Jangan panik, tapi jangan juga menganggap remeh persoalan ini."

Menurut wali kota, pemko juga sudah membentuk tim khusus penanganan Covid-19 dengan melibatkan seluruh jajaran Dinkes Payakumbuh. Ia juga mengingatkan warga untuk memanfaatkan aplikasi Polisiku, dalam mengantisipasi Covid-19.

Menurut Sekdako Rida Ananda dan Kadiskes Bakhrizal, aksi bersama pencegahan corona itu, berlanjut di pusat perbelanjaan barang keperluan sehari-hari di Pasar Rakyat Ibuah, Minggu malam, selepas maghrib.

Sementara itu, Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan sebagaimana dilansir tribratanews di situs resmi Polri, mengucapkan terima kasih atas dukungan, kecepatan merespon dan bertindak dari Pemkot Payakumbuh, BPBD Payakumbuh dan Kodim 03056/ 50 Kota.

AKBP Dony berharap agar kegiatan ini dilaksanakan secara berkelanjutan untuk menunjukkan kepedulian pemerintah dalam melindungi warganya. (*/SS)

Baca Juga

Festival Maek Mengungkap Misteri Peradaban Dunia
Festival Maek Mengungkap Misteri Peradaban Dunia
Team Miminku dan Rudi Maulana
Agensi Digital Marketing Miminku.id Pertama di Sumatera, Inovasi Pemberdayaan Perempuan Asal Payakumbuh
Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh, Joben mengatakan, pada Idul Adha 1444 H ini, ada total 1.564 ekor hewan kurban yang akan disembelih
Pemko Payakumbuh Gelar Salat Idulfitri 1445 H di Halaman Balai Kota
Ketua DPRD Sumbar Supardi mengajak masyarakat untuk menghindari berbagai jenis sogokan dalam pemilihan calon kepala daerah. Menurutnya Kota
Ketua DPRD Sumbar Ajak Warga Payakumbuh Bijak dalam Menentukan Sikap dalam Pilkada
Belatung Menggeliat pada Tumpukan Sampah di Padang Kaduduk Payakumbuh
Belatung Menggeliat pada Tumpukan Sampah di Padang Kaduduk Payakumbuh
Jalan Payakumbuh menuju Pekanbaru menuju Pangkalan ditutup pada Selasa Penutupan ini dilakukan karena ada bencana longsor dan banjir.
Jalan Payakumbuh ke Pekanbaru Menuju Pangkalan Ditutup, Arus Lalin Dialihkan via Lintau