Pemkab Pasaman Barat Belum Data Kerusakan, Fokus Penanganan Korban Gempa

Pemkab Pasaman Barat Belum Data Kerusakan, Fokus Penanganan Korban Gempa

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi

Berita Pasaman Barat - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Pemkab Pasaman Barat Belum Data Kerusakan, Fokus Penanganan Korban Gempa.

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat belum merinci dampak kerusakan hingga memasuki hari ketiga pasca gempa bermagnitudo 6,2 mengguncang daerah setempat.

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengungkapkan, pihaknya belum melakukan pendataan lantaran masih fokus dalam penanganan korban.

"Kami fokus penangan korban dulu, karena terlalu banyak yang mengungsi. Ini harus kami selesaikan kebutuhannya," kata Hamsuardi kepada Langgam.id, Minggu (27/2/2022).

Hamsuardi mengatakan, setidaknya terdapat puluhan ribu warga yang terpaksa mengungsi. Terbanyak di pusat pengungsian yang berada di halaman kantor dan rumah dinas Bupati.

Survei dampak kerusakan, kata dia, akan dimulai pada Rabu (3/3/2022). Survei dilakukan untuk memetakan dan menentukan kategori dampak kerusakan bagi rumah warga.

"Menentukan kategori rusak berat, sedang atau ringan dan menghitung total keseluruhan. Jadi pada Rabu itu diharapkan mungkin (kalau sudah, red) bisa pulang ke rumah dan membuat tenda di depan rumah," tuturnya.

Baca juga: Ratusan Korban Gempa di Pasaman Barat Mulai Keluhkan Kondisi Kesehatan

Seperti diketahui, wilayah terparah berada di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau. Menurut Hamsuardi, ada sekitar seribuan rumah warga terdampak mulai rusak berat, sedang hingga ringan.

Dapatkan update berita Pasaman Barat – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Langgam.id - Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman mengungkapkan keinginannya terkait pengelolaan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau.
Mantan Anggota DPR RI Taslim Soroti Keramba Jaring Apung yang Rusak Keindahan Danau Maninjau
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Wajah Gelap Homo Digitalis
Wajah Gelap Homo Digitalis
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Nofel Nofiadri
Galodo Soko dalam Kontestasi Kepala Daerah
Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra,Andre Rosiade mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran
Anggap sebagai Kampung Halaman, Prabowo Berkomitmen Bangun Sumbar