Pemkab Dharmasraya Tunggu Hasil Evaluasi Gubernur Atas APBD Perubahan 2023

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memimpin Apel Gabungan Bulan Oktober yang digelar di halaman Kantor Bupati Dharmasraya,

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memberika kata sambutan saat Apel Gabungan Bulan Oktober yang digelar di halaman Kantor Bupati Dharmasraya. [foto: Pemkab Dharmasraya]

Langgam.id – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memimpin Apel Gabungan Bulan Oktober yang digelar di halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Senin (9/10/2023).

Apel gabungan ini diikuti oleh Sekda Dharmasraya, Adlisman, kepala OPD se-Dharmasraya, Camat, dan seluruh ASN di lingkungan Pemkab Dharmasraya.

Pada kesempatan itu, Sutan Riska mengungkapkan bahwa pada Oktober 2023 ini, Pemkab Dharmasraya sedang menunggu proses evaluasi Gubernur atas APBD Perubahan Kabupaten Dharmasraya tahun 2023. Diperkirakan akan selesai evaluasi Gubernur tanggal 16 Oktober 2023.

“Untuk itu, setelah selesai evaluasi Gubernur nantinya marilah kita segera tindak-lanjuti hasil evaluasi tersebut. Sehingga APBDP Kabupaten Dharmasraya 2023 dapat kita tetapkan peraturan Daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dan dapat segera kita manfaatkan penggunaannya yang dapat dirasakan dampaknya oleh masyarakat Kabupaten Dharmasraya,” ujarnya.

Sutan Riska menjelaskan, proses penyusunan APBD Tahun 2024 juga sudah harus dimulai. Ia mengharapkan kepada seluruh OPD untuk segera menyusun anggaran ini sesuai dengan skala prioritas yang mengacu kepada RKPD dan RPJM yang sudah ditetapkan.

Kemudian untuk kegiatan HUT Kabupaten yang ke-20 terangnya, agar dimasukkan perencanaan dan penganggarannya dengan seluruh itemnya. Karena HUT kabupaten ke-20 ini harus berbeda nuansanya dari tahun tahun sebelumnya.

“Begitu juga dengan kecamatan agar membuat even atau kegiatan di tingkat kecamatan, jadi gezah ulang tahun itu sampai ke pelosok nagari. Mulai sekarang camat sudah memikirkan pendanaan kegiatannya yang mungkin bisa didukung melalui anggaran kecamatan dan sumbangan dari pihak lain,” bebernya.

Dalam apel gabungan tersebut, Sutan Riska mengatakan bahwa sejak hari Rabu minggu lalu tim BPK RI perwakilan Sumbar sedang melakukan pemeriksaan pendahuluan kegiatan tahun 2023.

"Saya ingatkan kepada seluruh OPD, camat dan pimpinan BLUD se-Kabupaten Dharmasraya agar dapat membantu dengan memberikan data yang dibutuhkan oleh tim pemeriksa, dan juga memberikan informasi yang akurat. Serta selalu bersikap kooperatif dan proaktif sehingga pemeriksaan ini dapat berjalan dengan baik," harapnya.

Selain juga, Bupati mengatakan bahwa proses seleksi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sudah dimulai. Formasi untuk Kabupaten Dharmasraya terdiri dari guru sebanyak 331, kesehatan 255 dan tenaga teknis 39. Jumlah seluruh formasi 625.

“Untuk itu, mari kita manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Dengan harapan semoga formasi yang tersedia dapat kita isi seluruhnya. Sehingga secara bertahap dapat terpenuhi kebutuhan organisasi, meningkatkan kinerja organisasi serta meningkatkan kesejahteraan kita semua,” ucap Sutan Riska. (*)

Baca Juga

Sekda Dharmasraya, Adlisman menyampaikan terima kasih kepada seluruh ASN yang telah turut membantu kesuksesan penyelenggaraan kegiatan selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445
Kegiatan Ramadan Berjalan Sukses, Sekda Dharmasraya Ucapkan Terima Kasih
Sekda Dharmasraya, Adlisman mengatakan akan menindak tegas PNS yang tidak mengikuti Apel Gabungan ataupun tidak masuk di hari pertama kerja.
Pemkab Dharmasraya Tindak Tegas PNS yang Tak Hadir di Hari Pertama Kerja Pascalebaran
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memimpin Apel Gabungan Bulan Maret di halaman Kantor Bupati pada Senin (4/3/2024). Apel
Pimpin Apel Gabungan Bulan Maret, Ini Arahan Bupati Dharmasraya
Polres Dharmasraya melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat "Ketupat Singgalang 2024" dalam rangka pengamanan Idul Fitri
Polres Dharmasraya Kerahkan 210 Personel Amankan Lebaran 2024
Dalam rangka mengikuti Festival Ramadhan Nasional, Baznas Dharmasraya menyalurkan 520 paket sembako untuk masyarakat yang membutuhkan
Baznas Dharmasraya Salurkan 520 Paket Sembako pada Festival Ramadan
Ketua Baznas Dharmasraya Z Lubis ikut serta bersama rombongan Pemda Dharmasraya yang dipimpin oleh Bupati Dharmasraya dalam rangka
Baznas Dharmasraya Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Longsor di Pessel