Pemkab Dharmasraya Pastikan Stok Pangan Cukup Hadapi Pandemi Covid-19

Pemkab Dharmasraya Pastikan Stok Pangan Cukup Hadapi Pandemi Covid-19

Kadis Pertanian Dharmasraya Darisman. (Foto Humas Pemkab Dharmasraya)

Langgam.id- Pemerintah Kabupaten Dharmasraya memastikan ketersediaan pangan cukup dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya Darisman mengatakan, pihaknya sudah melakukan pendataan terhadap pasokan bahan pangan untuk Kabupaten Dharmasraya.

"Hingga April ini, kita punya sawah lebih kurang 8.000 hektar yang akan produksi. Diperkirakan ada sekitar lebih kurang 40 ribu ton gabah yang akan dihasilkan.
Artinya, Dharmasraya masih surplus," ujarnya Senin (6/4/2020).

Kata Darisman, Pemkab Dharmasraya juga terus melakukan inovasi-inovasi, termasuk penggunaan bibit unggul.Salah satunya adalah bibit padi jenis M70D.

Ia mengatakan, beberapa waktu lalu kita dapat hibah dari Ketua HKTI Moeldoko, untuk benih padi jenis M70D.

"Alhamdulillah, sekarang sudah panen. Hasil ubinan PPL bersama pihak statistik, panennya mencapai 8,8 ton per hektar. Hampir dua kali lipat dari produksi biasanya, yang hanya berkisar 4,2 sampai 4,8 ton per hektar," ujarnya.

Pemkab Dharmasraya akan melakukan pengembangan padi jenis M70D ini. Kata dia, tahap awal ini sudah dicoba 10 hektar.

"Ke depan akan kita kembangkan lebih luas lagi untuk peningkatan produksi padi. Kita akan upayakan lagi bibitnya ke Pak Moeldoko," ujarnya. (*)

Baca Juga

Nagari Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya, akan menerima dana desa tahun anggaran 2024 sebesar Rp889.912.000. Hal ini diungkapkan Wali
Nagari Sungai Rumbai Akan Terima Dana Desa 2024 Senilai Rp889.912.000
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan meresmikan Masjid Ar Rahman yang berada di Jorong Pasar Baru, Nagari Sungai Rumbai, Jumat
Bupati Dharmasraya Resmikan Masjid Ar Rahman di Nagari Sungai Rumbai
Pemkab Dharmasraya telah meresmikan pasar kuliner sebagai wadah untuk meningkat UMKM masyarakat di Kabupaten Dharmasraya.
Pemkab Dharmasraya Resmikan Pasar Kuliner di Nagari Tiumang
Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang Solok akan melaksanakan pasar murah sembilan bahan kebutuhan pokok (Sembako)
Meriahkan HUT Dharmasraya ke-20, Bulog Adakan Bazar 2 Hari
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan melepas logistik Pemilu 2024 dari KPU Kabupaten Dharmasraya ke seluruh PPK
Bupati Dharmasraya Lepas Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 ke Kecamatan
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghadiri acara Apel Pergeseran Pasukan (Serpas) Personel Polri Pengamanan TPS, tahap
Bupati Dharmasraya Harap Petugas Pengamanan Pemilu Bisa Bersikap Jujur dan Netral