Pemkab Dharmasraya Bakal Aktifkan Layanan Panggilan Kedaruratan 112

Pemkab Dharmasraya bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI segera mengaktifkan layanan panggilan kedaruratan 112.

Sekdakab Dharmasraya, Adlisman menghadiri FGD rencana peluncuran Call Center 112. [foto: Pemkab Dharmasraya]

InfoLanggam - Pemkab Dharmasraya bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI segera mengaktifkan layanan panggilan kedaruratan 112.

“Insya Allah layanan panggilan darurat 112 ini akan kita launching menjelang pelaksanaan upacara peringatan detik-detik proklamasi, tanggal 17 Agustus yang akan datang di halaman kantor kantor bupati,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Dharmasraya, Rovanly Abdams, Senin (12/8/2024).

Rovan menjelaskan, bahwa layanan panggilan kedaruratan ini dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pertolongan apabila dalam keadaan sangat membutuhkan pertolongan cepat dan segera.

“Call Center ini merupakan suatu upaya pemerintah daerah memberi pertolongan cepat dan segera dalam kondisi gawat darurat. Seperti kecelakaan, bencana alam, kebakaran, penanganan masalah kesehatan, gangguan trantibum dan bantuan sosial,” ucapnya.

“Apalagi daerah kita merupakan jalur jalan Lintas Sumatera, yang barangkali kalau ada masyarakat luar yang sedang melintas membutuhkan pertolongan seperti kecelakaan, atau kerusakan mobil di jalan bisa dengan cepat untuk mendapatkan pertolongan,” sambungnya.

Rovan mengungkapkan, layanan darurat ini akan dipusatkan di BPBD dengan melibatkan sekitar 50 pelaksana pelayanan daerah. Seperti rumah sakit, Puskesmas, ambulans, Damkar, Satpol PP, Dishub, Dinas Sosppakb, dan OPD terkait lainnya.

Untuk tahapan persiapan, terang Rovan, pihak Kementerian Komunikasi telah memverifikasi kesiapan Dharmasraya untuk menjalankan Layanan Panggilan Kedaruratan 112.

Selain itu, pihaknya sudah melakukan berbagai kegiatan seperti Focus Group Discussion (FGD) untuk mendengar pendapat dan tanggapan sejumlah pihak apabila Call Center tersebut dilaksanakan.

“Intinya bapak Bupati Sutan Riska dan Pak Sekda sangat mendukung Call Center ini untuk segera diaktifkan,” ucap Rovan.

Selanjutnya Dinas Kominfo juga akan melaksanakan pelatihan bagi sekitar 50 operator layanan, dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Komunikasi dan Informatika pada 15-16 Agustus nanti. (*/yki)

Baca Juga

Wakil Bupati Dharmasraya, Leli Arni menghadiri acara pelantikan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatra Barat periode 2025-2030.
Wabup Dharmasraya Hadiri Pelantikan PWNU Sumbar 2025-2030
Bupati Dharmasraya, Annisa Suci Ramadhani, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sungai Dareh pada Jumat (25/4/2025).
Tindak Lanjuti Keluhan Warga Soal Sanitasi dan Air, Bupati Annisa Sidak RSUD Sungai Daerah
Wakil Bupati Dharmasraya, Leli Arni menghadiri kegiatan halal bihalal dan haul ke-8 Majelis Zikir Qolbunsalim yang digelar di Masjid
Hadiri Haul ke-8 Majelis Qolbunsalim, Wabup Dharmasraya Ajak Warga Perkuat Solidaritas
Bupati Dharmasraya, Annisa Suci Ramadhani mengungkapkan dukungannya menjadikan workshop pelatihan keterampilan kerja sebagai solusi
Buka Pelatihan Keterampilan Kerja, Annisa Dorong Peserta Berani Merintis Usaha Sendiri
Bupati Dharmasraya, Annisa Suci Ramadhani dan Wabub Leli Arni menerima kunjungan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)
Bupati Dharmasraya Komitmen Jaga Hubungan Harmonis dan Sinergis dengan Forkopimda
Bupati Dharmasraya Annisa Suci Ramadhani meluncurkan layanan pengaduan masyarakat berbasis WhatsApp dengan nama “LAPOR KAK ANNISA”
Bupati Dharmasraya Luncurkan Layanan Pengaduan Berbasis WhatsApp “LAPOR KAK ANNISA”