Pemkab Dharmasraya Bakal Aktifkan Layanan Panggilan Kedaruratan 112

Pemkab Dharmasraya bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI segera mengaktifkan layanan panggilan kedaruratan 112.

Sekdakab Dharmasraya, Adlisman menghadiri FGD rencana peluncuran Call Center 112. [foto: Pemkab Dharmasraya]

InfoLanggam – Pemkab Dharmasraya bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI segera mengaktifkan layanan panggilan kedaruratan 112.

“Insya Allah layanan panggilan darurat 112 ini akan kita launching menjelang pelaksanaan upacara peringatan detik-detik proklamasi, tanggal 17 Agustus yang akan datang di halaman kantor kantor bupati,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Dharmasraya, Rovanly Abdams, Senin (12/8/2024).

Rovan menjelaskan, bahwa layanan panggilan kedaruratan ini dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pertolongan apabila dalam keadaan sangat membutuhkan pertolongan cepat dan segera.

“Call Center ini merupakan suatu upaya pemerintah daerah memberi pertolongan cepat dan segera dalam kondisi gawat darurat. Seperti kecelakaan, bencana alam, kebakaran, penanganan masalah kesehatan, gangguan trantibum dan bantuan sosial,” ucapnya.

“Apalagi daerah kita merupakan jalur jalan Lintas Sumatera, yang barangkali kalau ada masyarakat luar yang sedang melintas membutuhkan pertolongan seperti kecelakaan, atau kerusakan mobil di jalan bisa dengan cepat untuk mendapatkan pertolongan,” sambungnya.

Rovan mengungkapkan, layanan darurat ini akan dipusatkan di BPBD dengan melibatkan sekitar 50 pelaksana pelayanan daerah. Seperti rumah sakit, Puskesmas, ambulans, Damkar, Satpol PP, Dishub, Dinas Sosppakb, dan OPD terkait lainnya.

Untuk tahapan persiapan, terang Rovan, pihak Kementerian Komunikasi telah memverifikasi kesiapan Dharmasraya untuk menjalankan Layanan Panggilan Kedaruratan 112.

Selain itu, pihaknya sudah melakukan berbagai kegiatan seperti Focus Group Discussion (FGD) untuk mendengar pendapat dan tanggapan sejumlah pihak apabila Call Center tersebut dilaksanakan.

“Intinya bapak Bupati Sutan Riska dan Pak Sekda sangat mendukung Call Center ini untuk segera diaktifkan,” ucap Rovan.

Selanjutnya Dinas Kominfo juga akan melaksanakan pelatihan bagi sekitar 50 operator layanan, dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Komunikasi dan Informatika pada 15-16 Agustus nanti. (*/yki)

Baca Juga

Bupati Dharmasraya Annisa Suci Ramadhani dan Wakil Bupati Leli Arni menyerahkan hadiah berupa umrah kepada para guru dan kepala sekolah
Bupati Annisa Serahkan Hadiah Umrah Bagi Kepsek dan Guru Terbaik Dharmasraya
Bupati Dharmasraya, Annisa Suci Ramadhani menyampaikan jawaban atas Pandangan Umum Fraksi DPRD pada rapat paripurna yang digelar pada
Bupati Dharmasraya Tegaskan APBD 2026 untuk Rakyat dan Prioritaskan Penurunan Kemiskinan
Tim Kementerian Pekerjaan Umum (PU) meninjau lokasi rencana pembangunan Sekolah Rakyat (SR) di Nagari Sungai Kambut, Kecamatan Pulau Punjung,
Tim Pusat Tinjau Lokasi Sekolah Rakyat di Dharmasraya, Mulai Dibangun 23 Desember
Pemkab Dharmasraya melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat resmi membuka Program Bantuan Biaya Pendidikan Beasiswa Mahasiswa
Pemkab Dharmasraya Buka Pendaftaran Program Beasiswa Mahasiswa Berprestasi 2025
Pemkab Dharmasraya berhasil meraih predikat tertinggi, yaitu Kabupaten Informatif, pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2025
Pemkab Dharmasraya Raih Prediket Kabupaten Informatif KIP 2025, Nagari Koto Besar Juara 3
Bupati Dharmasraya, Annisa Suci Ramadhani menghadiri malam resepsi syukuran HUT Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) ke-18,
Bupati Apresiasi Kiprah UNDHARI Jadi Motor Penggerak Pembangunan SDM di Dharmasraya