Pembukaan Feskaba 2023 Meriah, SMKN 1 Baso Siap Tampung Siswa SMP/MTS se Luhak Nan Tigo

Pembukaan Feskaba 2023 Meriah, SMKN 1 Baso Siap Tampung Siswa SMP/MTS se Luhak Nan Tigo

Pembukaan Feskaba SMKN 1 Baso 2023. (Foto: Dok. SMKN 1 Baso)

Langgam.id - Festival SMKN 1 Baso (Feskaba) 2023 resmi dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah I Wilia Zuwerni, S. Pd, M. Si, Senin (27/02/2023). Disambut tari gelombang, acara pembukaan Feskaba berlangsung meriah dan semarak.

Turut hadir Wakapolsek Baso Iptu Marjohan, Kasi Cabang Dinas Wilayah I Dra. Mirawati, M. Si, Pengawas  SMK/SLB Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Idial Subakti, MT, Harmen, S. Pd, M. Pd, Saparuddin, S. Pd, M. Pd, Drs. Gamal, M. PdE, Wali Nagari Padang Tarok Hendri Dt. Bandaro Pucuak, Kepala SMK Se-Cabang Dinas Wilayah I, serta Komite SMKN 1 Baso.

Ketua Panitia Feskaba dari divisi siswa Iqra Prima Ar Rahim mengatakan bahwa acara Feskaba terselenggara atas kerjasama banyak pihak, baik sekolah, komite, dan pihak sponsor.
"Alhamdulillah, kita bisa melaksanakan acara Feskaba berkat dukungan dari berbagai pihak. Terima kasih untuk Dinas Pendidikan Sumbar melalui Cabang Dinas Wilayah I, majelis guru, komite, dan seluruh sponsor yang tak bisa disebutkan satu persatu," katanya.

Feskaba SMKN 1 Baso akan berlangsung selama 6 hari dengan mempertandingkan 8 cabang lomba dan menyerap atensi tak kurang dari 150 peserta yang berasal dari SMP/MTS Se-Luhak Nan Tigo.

"Ada 8 cabang lomba yaitu, futsal, MTQ, story telling, Matematika, solo song, melukis pahlawan, mengetik cepat, serta reels dan foto instagram. Semoga acara kita bisa berlangsung sukses dan lancar," ujar Prima.

Kepala Sekolah SMKN 1 Baso Drs. Yevri Fuadi dalam sambutannya mengaturkan terimakasih untuk segala pihak yang telah membantu terselenggaranya iven Feskaba 2023.
"Ini adalah kali perdana kita menggelar iven sejak sekolah berdiri. Sekaligus ini adalah perayaan 12 tahun SMKN 1 Baso. Terimakasih untuk segenap pihak yang telah membantu kelancaran Feskaba 2023," sebutnya.

Ditambahkan Yevri, SMKN 1 Baso telah mengalami perkembangan pesat dengan penambahan 3 program keahlian baru.
"Alhamdulillah. Berkat dukungan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Dinas Pendidikan, Cabdin Wilayah I, serta seluruh stake holder, SMKN 1 Baso telah mengalami penambahan 3 program yaitu kuliner, busana, dan teknik instalasi tenaga listrik. Semoga ke depan kita semakin berkembang lebih baik," harapnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Wilayah I Wilia Zuwerni, S. Pd, M. Si,  sangat mengapresiasi pelaksanaan Feskaba di SMKN 1 Baso tahun 2023. Menurut Wilia, SMKN 1 Baso Feskaba bisa menjadi ajang promosi sekaligus penguatan nilai-nilai Pancasila seluruh warga sekolah.
"Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan Feskaba ini. Ini adalah wadah kreatifitas yang mengusung tujuan promosi. Sebuah terobosan yang luar biasa. Selain itu, Feskaba menjadi wadah penanaman nilai-nilai karakter Pancasila yang tentunya sesuai dengan tujuan pelaksanaan Kurikulum Merdeka," tegasnya.

Senada dengan Kacabdin Wilayah I, Wakapolsek Baso Iptu Marjohan juga melihat pelaksaan Feskaba sebagai sebuah terobosan positif. Bagi Marjohan, SMKN 1 Baso dipandang sebagai SMK pertama di Luhak Nan Tigo yang menggagas acara multi iven yang dihiasi krearifitas.
"Acara ini sangatlah bagus. Ini adalah wujid dari Ide kreatif seluruh keluarga besar SMKN 1 Baso. Meskipun baru 12 tahun, SMKN 1 Baso memperlihatkan progres yang luar biasa. Jadi saya berani mengatakan, jangan ragu untuk melanjutkan pendidikan ke SMKN 1 Baso," ulasnya.

Selain memperlombakan berbagai bidang lomba, Feskaba SMKN 1 Baso juga dimeriahkan oleh servis gratis sepeda motor kerjasama dengan PT. HPM, servis mobil kerjasama dengan Auto 2000 Bukittinggi, pagelaran seni dan hasil karya siswa.

Adapun sponsorship yang berkontribusi dalam terselenggaranya Feskaba antara lain, PT. Global Communication, PT. Semen Padang, Bank Nagari, Adira Syariah, Rafhely Futsal, G. Net, Barasaki Indonesia, serta Limo Apparel. (*/FS)

Baca Juga

Hitay Peduli Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Sumbar
Hitay Peduli Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Sumbar
Senat UIN Imam Bonjol Padang melakukan kunjungan silaturahmi ke UIN Sumatra Utara (UINSU) Medan pada Jumat (17/5/2024).
Jalin Kolaborasi, Senat UIN Imam Bonjol Padang Kunjungi UIN Sumatra Utara
Pesilat Binaan Semen Padang Wakili Indonesia di ASEAN Schools Games 2024 Vietnam
Pesilat Binaan Semen Padang Wakili Indonesia di ASEAN Schools Games 2024 Vietnam
Epyardi Asda Bantu Korban Banjir Bandang di Agam dan Tanah Datar Rp1 Miliar
Epyardi Asda Bantu Korban Banjir Bandang di Agam dan Tanah Datar Rp1 Miliar
Temui Komisi V DPR, Gubernur Mahyeldi Minta Dukungan Percepatan Penanganan Bencana di Sumbar
Temui Komisi V DPR, Gubernur Mahyeldi Minta Dukungan Percepatan Penanganan Bencana di Sumbar
Petani Muda Sumatera Barat
Tips Bikin Gen-Z Berminat Terhadap Pertanian