Pekan Ini, Proses Verval Calon Penerima Bantuan Usaha Ekonomi Produksi di Payakumbuh Selesai

Sekda Payakumbuh Rida Ananda memastikan proses verifikasi dan validasi (verval) calon penerima bantuan usaha ekonomi produktif akan dapat

Sekda Payakumbuh Rida Ananda saat mengikuti proses verval di Kelurahan Parit Rantang. [foto: Pemko Payakumbuh]

Langgam.id - Sekda Payakumbuh Rida Ananda memastikan proses verifikasi dan validasi (verval) calon penerima bantuan usaha ekonomi produktif akan dapat diselesaikan pekan ini.

"Hingga saat ini verval sudah selesai di empat kecamatan dan saat ini kita sedang menyelesaikan verval di Kecamatan Payakumbuh Barat, InsyaAllah sesuai target kita akan selesai dalam pekan ini," ujar Rida.

Hal tersebut disampaikannya saat proses verval di Kelurahan Parit Rantang, senin (23/10/2023). Hadir langsung dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Payakumbuh Hamdi Agus dan Kepala Dinas Sosial Irwan Suwandi.

Ia mengatakan proses verval yang langsung menyasar dan datang ke masing-masing kelurahan yang telah dilaksanakan semenjak pertengahan Oktober 2023. Kemudian ditargetkan dapat dicairkan di akhir Oktober 2023.

"Harapan kita itu jelas, agar bantuan usaha ekonomi produktif ini tepat sasaran. Sehingga saya diminta pimpinan untuk langsung turun mengawal dan mendampingi proses verval," bebernya.

Sebelumnya, terdapat sebanyak 1.419 KK miskin di Kota Payakumbuh yang akan menerima bantuan usaha ekonomi produktif dengan dana yang dialokasikan sebesar Rp5,185 miliar yang berasal dari dana insentif fiskal yang didapatkan Payakumbuh dari Kementerian Keuangan.

Total calon penerima bantuan tersebut terdiri dari 1.383 KK miskin dengan alokasi bantuan Rp3,5 juta dan 36 KK miskin ekstrem sebeaar Rp6 juta.

Rida mengatakan setelah dilakukan verval memang terdapat beberapa warga calon penerima tidak jadi mendapatkan bantuan usaha ekonomi produktif.

"Ada yang karena tidak lagi di Payakumbuh dan telah pindah domisili. Ini tujuan saya turun langsung, untuk dapat memastikan warga penerimanya, apa usahanya sehingga semuanya tepat sasaran," tuturnya.

Rida mengharapkan agar bantuan yang diserahkan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat Kota Payakumbuh bagi keluarga miskin serta miskin ekstrem.

"Harapan kami sebagai Pemerintah Kota Payakumbuh nantinya di Kota Randang ini tidak ada lagi KK yang tergolong miskin apalagi miskin ekstrem," harapnya. (*)

Baca Juga

Pemko Payakumbuh kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan atas hasil pemeriksaan Laporan Keuangan
Pemko Payakumbuh Raih Opini WTP ke-10 Berturut-turut
Dinas Koperasi dan UKM Payakumbuh menggelar pasar murah, Kamis (14/4/2024). Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh.
Jelang Lebaran, Pemko Payakumbuh Kembali Gelar Pasar Murah
Pemko Payakumbuh kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Pelataran Parkir Kantor Balai Kota Payakumbuh, Senin (1/4/2024).
Jaga Stabilitas Harga Jelang Lebaran, Pemko Payakumbuh Gelar Gerakan Pangan Murah
Baznas Payakumbuh menyerahkan bantuan kepada 62 orang dari tenaga pendidik, tenaga kependidikan non-ASN di Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.
62 Tenaga Pendidik dan Kependidikan Non-ASN Payakumbuh Terima Bantuan dari Baznas
Pj. Wali Kota Payakumbuh, Jasman melakukan monitoring pengawasan obat dan makanan ke Pasar Pabukoan Jalan Soetan Usman Payakumbuh
Monitoring Pasa Pabukoan Bersama BPOM, Jasman: Makanan yang Dijual Aman Dikonsumsi
Tim Safari Ramadan (TSR) Kota Payakumbuh menyerahkan total bantuan sebesar Rp325 juta pada bulan Ramadan 1445 H yang terbagi ke dalam 7
Tim Safari Ramadan Kota Payakumbuh Serahkan Total Bantuan Rp325 Juta