Payakumbuh Jadi Jua Punya Masjid Agung

Payakumbuh Jadi Jua Punya Masjid Agung

Sumber: Payakumbuhkota.go.id

Langgam.id - Kota Rang Luak 50, Payakumbuh, akan segera memiliki Masjid Agung. Kepastian itu didapat setelah DPRD Kota Payakumbuh menyetujui pembangunannya.

Keputusan ini diambil setelah insiasi yang dilakukan Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi untuk mewujudkan impian warganya itu, dengan melalui perjalanan yang cukup panjang, bahkan ada diskusi dengan berbagai lembaga kedaerahan, juga bersama DPRD.

Penandatanganan Nota Kesepakatan Antara Wali Kota dengan DPRD Kota Payakumbuh dalam Rapat Paripurna, Rabu (5/8) menjadi tahap awal untuk mendukung terlaksananya pembangunan masjid yang menjadi impian besar masyarakat Kota Randang ini secara multi year (tahun jamak), mulai tahun 2021 hingga 2022.

Riza menyampaikan pembangunan Masjid Agung nantinya akan menjadi ikon baru Kota Payakumbuh dapat dimanfaatkan oleh masyarakat tidak hanya sebagai tempat ibadah, namun juga mampu menjadi tempat penyelesaian masalah sosial masyarakat, sarana pendidikan adat, hingga objek wisata yang dapat bersaing dengan ikon sejenis.

“Identik dengan falsafah Minangkabau, adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah,” kata Riza, sebagaimana dicuplik dari Payakumbuhkota.go.id.

Senada, juru bicara DPRD Marhanis Zul mengungkapkan harapan seluruh fraksi agar pembangunan mesjid ini dapat meningkatkan kualitas karakter masyarakat Payakumbuh secara keseluruhan. Masukan yang disampaikan DPRD kepada pelaksanannya nanti agar sesuai prosedur dan tepat waktu.

“Melalui pembangunan Masjid Agung, diharapkan masyarakat Kota payakumbuh dapat menjadi masyarakat yang lebih religius dan masjid mampu menjadi tempat yang fundamental untuk pembentukan karakter anak,” ujarnya.

Antara Wali Kota Riza Falepi dan anggota DPRD saling menyampaikan rasa apresiasi dengan telah disetujuinya Pembangunan Mesjid Agung Payakumbuh. Termasuk kepada masukan dan saran yang telah diberikan selama proses audiensi dengan berbagai pihak.

“Saya berterima kasih atas kritik dan saran dari seluruh pihak yang terlibat yang nantinya akan memberi manfaat untuk pembangunan Kota Payakumbuh yang lebih maju lagi,” pungkas Riza. (Osh)

Baca Juga

Festival Maek Mengungkap Misteri Peradaban Dunia
Festival Maek Mengungkap Misteri Peradaban Dunia
Team Miminku dan Rudi Maulana
Agensi Digital Marketing Miminku.id Pertama di Sumatera, Inovasi Pemberdayaan Perempuan Asal Payakumbuh
Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh, Joben mengatakan, pada Idul Adha 1444 H ini, ada total 1.564 ekor hewan kurban yang akan disembelih
Pemko Payakumbuh Gelar Salat Idulfitri 1445 H di Halaman Balai Kota
Ketua DPRD Sumbar Supardi mengajak masyarakat untuk menghindari berbagai jenis sogokan dalam pemilihan calon kepala daerah. Menurutnya Kota
Ketua DPRD Sumbar Ajak Warga Payakumbuh Bijak dalam Menentukan Sikap dalam Pilkada
Belatung Menggeliat pada Tumpukan Sampah di Padang Kaduduk Payakumbuh
Belatung Menggeliat pada Tumpukan Sampah di Padang Kaduduk Payakumbuh
Jalan Payakumbuh menuju Pekanbaru menuju Pangkalan ditutup pada Selasa Penutupan ini dilakukan karena ada bencana longsor dan banjir.
Jalan Payakumbuh ke Pekanbaru Menuju Pangkalan Ditutup, Arus Lalin Dialihkan via Lintau