Pascabanjir di Bukik Batabuah, Pemkab Agam Bakal Normalisasi Sungai dan Bangun Jembatan

Pemerintah Kabupaten Agam akan melakukan normalisasi sungai pascabanjir lahar dingin yang terjadi di Bukik Batabuah beberapa waktu lalu

Bupati Agam, Andri Warman mendampingi Deputi Bidang Pananganan Darurat, Mayjen TNI Fajar Setyawan saat meninjau banjir lahar dingin di Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang. [foto: Agam Media Center]

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten Agam akan melakukan normalisasi sungai pascabanjir lahar dingin yang terjadi di Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, beberapa waktu lalu.

Sekda Agam yang juga Ex Officio Kepala BPBD Agam, Edi Busti mengatakan, bahwa selain sudah melakukan berbagai upaya, Pemkab Agam juga bakal melakukan penanganan lanjutan dampak bencana tersebut.

"Penanganan lanjutan dilakukan seperti normalisasi sungai yang jadi aliran lahar," ujar Edi dilansir dari amcnews.co.id, Selasa (9/4/2024).

Kemudian terang Edi, juga dilakukan pembangunan jembatan dengan konstruksi mitigasi bencana. Pembangunan ini harus segera dilakukan dan tidak bisa ditunda.

“Kita sudah berkoordinasi dengan DPUTR, apabila pembangunannya tidak memungkinkan dengan APBD, segera dibuat proposal untuk diajukan ke pemerintah pusat,” bebernya.

Edi berupaya pembangunannya bisa dilaksanakan segera mungkin, karena ini harus dilaksanakan dengan cepat supaya warga tidak khawatir lagi apabila hujan melanda.

“Kondisinya kini di bawah jembatan ada tiang penyangga, ketika debit air meningkat meluap ke permukiman warga seperti banjir lahar dingin yang terjadi Jumat lalu,” tuturnya.

Menurut Edi, jika tiang penyangga tidak ada, dampak banjir lahar dingin tidak akan separah kondisi yang terjadi saat ini.

Selain itu, kata Edi Busti harus ada rapat khusus dengan pemerintah kecamatan dan nagari, untuk membahas tempat pembuangan sendimen yang dibawa banjir. (*/yki)

Baca Juga

Presiden Joko Widodo (Jokowi)) memerintahkan Kementerian PUPR untuk menambah jumlah sabo dam di Sumatra Barat (Sumbar). Hal itu dilakukan untuk mencegah bencana banjir bandang
Butuh 56 Sabo Dam Atasi Banjir Lahar Dingin di Sumbar, Jokowi: Sekarang Baru Ada Dua
3 Ton NaCl Disebar di Langit Kota Padang pada TMC Hari Keempat
3 Ton NaCl Disebar di Langit Kota Padang pada TMC Hari Keempat
Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar menyebutkan ada sebanyak delapan titik longsoran badan jalan (terban) akibat scoring .
13 Korban di Kawasan Tanah Datar yang Masih Hilang akan Terus Dicari
InJourney Group Salurkan Bantuan Rp 500 Juta untuk Korban Bencana di Sumbar
InJourney Group Salurkan Bantuan Rp 500 Juta untuk Korban Bencana di Sumbar
Prabowo Terbang dari Abu Dhabi ke BIM Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang, Andre: Bukti Cinta Sumbar
Prabowo Terbang dari Abu Dhabi ke BIM Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang, Andre: Bukti Cinta Sumbar
Pemko Padang Panjang mengajukan perbaikan jalan Lubuk Mata Kucing dan jembatan di Tanjung pascabanjir bandang ke BNPB.
Perkembangan Korban Bencana Sumbar, BNPB: 67 Orang Meninggal