Pasar Murah Diklaim Mampu Jaga Inflasi Selama Ramadan

Pasar Murah Diklaim Mampu Jaga Inflasi Selama Ramadan

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno usai membuka pasar murah (ist)

Langgam.id - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) menggelar pasar murah untuk masyarakat. Hal ini untuk menjaga lonjakan harga dan inflasi selama bulan Ramadan 1440 Hijriah.

Gubernur Sumbar Irwan Prayintno mengatakan, pasar murah ini akan berlangsung selama empat hari atau sampai 14 Mei mendatang.

"Pasar murah ini untuk menjaga inflasi. Kalau pembeli berkurang di pasar, tentu harganya tidak akan naik atau turun," kata Irwan saat membuka pasar murah di kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Sumbar, Selasa (14/5/2019).

Pasar murah ini bekerjasama dengan puluhan pedagang penjual sembilan bahan pokok atau sembako. Menurutnya, kegiatan sangat membantu masyarakat ekonomi lemah untuk kebutuhan Ramadan. Sebab, barang-barang yang dijual di pasar murah cukup terjangkau dan di bawah harga pasaran.

Kepala Disperindag Sumbar Asben Hendri mengatakan, pedagang pasar murah diberikan subsidi oleh pemerintah. Harga yang dijual ke masyarakat sama dengan harga saat pertama kali dibeli pedagang dari petani.

Beberapa yang telah disubsidi adalah daging sapi yang hanya dijual Rp110 ribu/kilogram. Sedangkan harga pasaran Rp120-130 ribu/kilogram. Lalu telur ayam ras yang dipasaran dibanderol Rp39 ribu/papan, hanya Rp34 ribu di pasar murah.

"Kalau beras, minyak goreng, tepung, gula pasir, tak perlu disubsidi. Sebab, Bulog dan PPI menyediakan dengan harga dibawah HET," kata Asben. (Rahmadi)

Baca Juga

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan bahwa faktor keluarga dan kepedulian masyarakat berperan sangat penting untuk mengatasi berbagai
Gubernur: Keluarga dan Kepedulian Masyarakat Berperan Atasi Masalah Sosial Kependudukan
Program Studi di Luar Kampus Utama Universitas Negeri Padang (PSDKU UNP) rencananya akan dibuka di Kabupaten Kepulauan Mentawai.
UNP Bakal Buka Prodi PGSD di Mentawai, Gubernur: Sesuai dengan Kebutuhan Daerah
Pemprov Sumbar mengundang perwakilan dari lima kementerian untuk rapat bersama guna membahas sejumlah permasalahan Mentawai
Rumuskan Strategi Percepatan Pembangunan, Pemprov Undang 5 Kementerian ke Mentawai
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menghadiri perayaan HUT ke-21 SMAN 14 Padang yang berlokasi di Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan
HUT ke-21 SMAN 14 Padang, Gubernur: Ini Jadi Ajang Refleksi Untuk Peningkatan Prestasi
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, akan segera menetapkan Tim Verifikasi Tanah terkait Proyek KPBU Fly Over Sitinjau Lauik
Proyek KPBU Fly Over Sitinjau Lauik, Gubernur Akan Segera Tetapkan Tim Verifikasi Tanah
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah membuka iven drama musikal, meresmikan KoTehe Edotel di SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping
Gubernur Sumbar Buka Iven Budaya dan Resmikan KoTehe Edotel SMKN 1 Lubuk Sikaping