Pakai AC Alami, Masjid Agung Dharmasraya Gunakan Konsep Green Building

Pemkab Dharmasraya bakal menggelar Salat Idul Adha 1444 Hijriyah di Masjid Agung Dharmasraya yang berlokasi di Jalan Lintas Sumatera.

Masjid Agung Dharmasraya. (Foto: Yudhi F Sikumbang untuk Langgam.id)

Langgam.id - Masjid Agung Dharmasraya yang baru saja diresmikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, ternyata memakai konsep Green Building. Di dalam Masjid yang terletak di Nagari Gunung Medan, Kecamatan Sitiung ini tidak memakai satu unit air conditioner (AC). Sehingga kesejukan di dalam masjid tersebut berasal dar ac alami.

“Ini memakai konsep green building. Tanpa ac, sirkulasi udara bagus, mengurangi pemakaian lampu di siang hari, hemat daya, ramah lingkungan dan hemat energi,” kata Sutan Riska, dalam keterangan resmi yang diterima langgam, Sabtu (7/1/2023).

Riska menjelaskan membangun Masjid Agung Dharmasraya ini merupakan salah satu komitmen dirinya sejak mencalonkan diri sebagai bupati tahun 2015 lalu. Pembangunan masjid yang diharapkan menjadi ikon religi Dharmasraya ini adalah panggilan jiwa supaya bisa dimanfaatkan masyarakat. Di mana masjid tersebut dapat menjadi sarana penguatan imtaq, ibadah, dakwah dan kajian Islam.

Masjid lanjut Riska dibangun atas bantuan dari presiden berupa tanah. Lalu bantuan dari Kementerian PUPR untuk landscape dan biaya pembanguan dari APBD.

“Masjid agung ini di pinggir lintas Sumatra di mana orang dari Jakarta melalui jalan darat akan mampir ke sana. Akan ada rest area rumah gadang,” ujar Riska.

Desain Masjid Agung Djarmasraya ini semuanya ada 4. Yakni 4 tiang, 4 menara, dan 4 kubah. Hal ini melambangkan sahabat nabi ada 4, kitab yang diturunkan Allah kepada apra nabi-nabi ada 4.
Lalu istilah adat minang ada juga dengan sebutan tau jo nan 4 adat istiadat.

Yakni kato mandaki, kato mandata, kato manurun dan kato malareng. Semua itu bermakna, seseorang harus pandai menjaga sikap kepada yang lebih tua, sebaya, yang lebih kecil dan tokoh-tokoh masyarakat.

“Masjid ini berbentuk sujud. Sujud itu mengartikan di hadapan Allah, manusia harus rendah,” kata Riska menambahkan. (*FS)

Tag:

Baca Juga

Pasaman Barat Terima 543 Mahasiswa KKN-PPM Terpadu dari 13 Perguruan Tinggi
Pasaman Barat Terima 543 Mahasiswa KKN-PPM Terpadu dari 13 Perguruan Tinggi
Pj Wako jadi Responden Penelitian Mantan Kapolresta Padang Imran Amir
Pj Wako jadi Responden Penelitian Mantan Kapolresta Padang Imran Amir
Pilgub Sumbar 2024: Audy Maju, Begini Respons PKS
Pilgub Sumbar 2024: Audy Maju, Begini Respons PKS
Dukung UMKM Naik Kelas, 250 IRT di Padang Ikuti Keterampilan Menjahit dan Membatik
Dukung UMKM Naik Kelas, 250 IRT di Padang Ikuti Keterampilan Menjahit dan Membatik
Lantunan ayat suci Al Quran yang dibacakan oleh Qari Internasional, Darwin Hasibuan, mengalun indah melalui pengeras suara Mushalla Al Jihad
Tahun Lalu Ingin Berkhitan, Impian Faidil Terwujud Bersama Bhakti Sosial Kejari Dharmasraya
Ketua Umum Apkasi, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memastikan kehadiran Presiden RI, Joko Widodo pada Rakernas
Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri Rakernas dan Apkasi Otonomi Expo Tahun 2024