Padang Siapkan Langkah Konkret Atasi Harga Cabai yang Melejit

Padang Siapkan Langkah Konkret Atasi Harga Cabai yang Melejit

Pedagang Cabai di Pasar Raya Padang (Foto: Irwanda)

Langgam.id - Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar menginstruksikan, seluruh pihak terkait menyiapkan langkah konkret dalam mengatasi inflasi. Penyebabnya, terjadinya lonjakan harga pada komoditas cabai merah dalam beberapa waktu belakangan.

Andree mengungkapkan, cabai merah merupakan komoditas yang dominan mempengaruhi laju inflasi terutama menjelang Iduladha.

"Harus siapkan langkah konkret, sebab kebutuhan dan permintaan cabai di Kota Padang selalu tinggi. Persiapkan lagi agar stok aman dan harga terjangkau," kata Andree, dilansir dari Info Publik Padang, Rabu (12/6/2024).

Salah satu langkah itu sebutnya adalah menghubungkan antara petani dengan konsumen. Misal, pelaku UMKM dengan kebutuhan cabai merah yang tinggi bisa langsung beli ke petani dengan syarat tersistematis dengan baik.

"Persiapkan penyelenggaraan pasar murah, pastikan ketersediaan pasokan di pasar melalui monitoring dan evaluasi ketersediaan pasokan. Kemudian MoU dengan daerah penghasil. Terakhir, mengajak masyarakat menanamkomoditas penyumbang inflasi, terutama cabai," tukasnya.

Sementara itu, angka inflasi Kota Padang pada Mei 2024 secara m-to-m tercatat 0,7 persen. Sedangkan secara y-to-yo berada pada angka 3,64 persen. (*/Yh)

Baca Juga

Angota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra, Andre Rosiade meyakini rencana presiden terpilih Prabowo Subianto untuk menyatukan partai politik
Prabowo Kurban Ratusan Sapi, Andre Rosiade: Rasa Syukur Pemilu Lancar
Harga 10 Komoditas Pangan di Padang Panjang Turun
Harga 10 Komoditas Pangan di Padang Panjang Turun
Bupati Agam Ajak Jemaah Salat Idul Adha Berempati kepada Korban Banjir Bandang
Bupati Agam Ajak Jemaah Salat Idul Adha Berempati kepada Korban Banjir Bandang
Pemko Pariaman berencana akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka pada Senin (17/6/2024).
Salat Idul Adha di Kota Pariaman Dipusatkan di Lapangan Merdeka
PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) menjamin stok LPG dalam keadaan aman dan tersedia di Sumbar saat Idul Adha
Pertamina Jamin Stok LPG 3 Kg di Sumbar saat Idul Adha 1445 H
Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang memastikan bahwa stok bahan pangan kondisi aman sepekan jelang Idul Adha 1445 H/2024 M
Pemko Padang Klaim Stok Bahan Pangan Aman Sepekan Jelang Idul Adha