Padang Bangun Persaudaraan dengan Negeri India

PalantaLanggam - Hubungan persaudaraan antara Kota Padang dengan Chennai Tamil Nadu, sebuah kota di India sebentara lagi bakal terwujud, seiring dengan kunjungan berbalas yang dilakukan Konsul Jenderal India (CGI) di Medan, Shalia Shah yang didampingi Asisten Konsuler Gaurav Nagar.

Sebelumnya Walikota Padang beberapa waktu lalu telah pula mengunjungi Kota Chennai Tamil Nadu.

Kedatangan dua orang dari Konsul India di Medan ini, berlangsung Senin (11/3) di Kantor Walikota Padang, Aia Pacah. Konjen India yang bisa berbahasa Indonesia ini disambut langsung Wali Kota Padang Mahyeldi yang didampingi Kepala BKPSDM, Habibul Fuadi dan Kabag Kerjasama, Erwin M.

Pada pertemuan tersebut, sebagaimana dicuplik dari Humas Pemko Padang, Konjen Shalia Shah dan Walikota Padang Mahyeldi membahas tindaklanjut sister city yang telah digagas sebelumnya.

Selanjutnya, kerjasama Port to Port (antara Pelabuhan Teluk Bayur dengan Pelabuhan Chennai dan Pelabuhan Kamarajar di India), dan juga kerjasama U to U (Universitas Negeri Padang dengan Universitas Teknologi Madras, Chennai).

Dikesempatan itu, Shalia mengatakan dukungannya dan akan membantu percepatan terwujudnya kerjasama tersebut.

“Ini merupakan salah satu tugas yang saya emban, termasuk mendorong terwujudnya kerjasama port to port dan universitas to universitas yang ada di seluruh India," ungkap Shalia.

Lebih lanjut, Mahyeldi juga mengatakan, Pemerintah Kota Padang tetap berharap iven Indian Cultural Week yang direncanakan akan disandingkan dengan iven Serak Gula pada Februari 2019 lalu batal dilaksanakan karena bertepatan dengan kegiatan Indian cultural Week di Kalimantan, bisa dilaksanakan di Kota Padang.

“Kita rencanakan iven Indian Cultural Week 2019 bisa digelar pada peringatan HUT Kota Padang ke 350 Tahun 2019 ini. Kolaborasi iven ini akan memperkuat perayaan 70 Tahun hubungan bilateral Indonesia dengan India,” ujar Mahyeldi.

Dan tawaran itu disambuat baik Shalia, dan mengatakan akan berkoordinasi dengan Kantor Kedubes India untuk Indonesia di Jakarta.

Kepala Bagian Kerjasama Kota Padang, Erwin M mengatakan, iven Indian Cultural Week 2019, nanti juga akan diisi dengan kegiatan seminar tentang kesehatan dengan pembicara dari Apollo Hospital, Chennai serta pembicara dari dalam negeri.

Dan juga akan digelar forum bisnis yang menghadirkan pelaku bisnis dari kedua wilayah. Serta, kegiatan kesenian, budaya serta olah raga yoga dengan instruktur dari India.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Terima Penghargaan KASN, Penempatan ASN di Sumbar Terbaik di Indonesia
Terima Penghargaan KASN, Penempatan ASN di Sumbar Terbaik di Indonesia
Langgam.id - Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) menilai keputusan PT. Tirta Investama atau Aqua Solok terhadap 101 karyawannya sudah benar.
Soal Kisruh Karyawan Aqua Solok yang di-PHK, Mahyeldi: Keputusan Perusahaan Sudah Benar
Langgam.id - Upaya mengatasi kerawanan bencana di Sitinjau Lauik, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menyebutkan harus ada jalan alernatif.
Mahyeldi Singgung Media dan Pengamat Soal Informasi Akurat Saat Bahas UU Provinsi Sumbar
Langgam.id - Puncak perayaan Hoyak Tabuik di Pantai Gandoriah, Kota Pariaman telah dilangsungkan, Minggu (14/8/2022).
Kata Mahyeldi Soal Hoyak Tabuik Pariaman
Langgam.id - Kasus dugaan korupsi di KONI Kota Padang terus bergulir. Kali ini, Majelis Hakim minta Mahyeldi Ansharullah dihadirkan.
Majelis Hakim Perintahkan Jaksa Hadirkan Mahyeldi di Sidang Dugaan Korupsi KONI Padang
Langgam.id - Gubernur Jabar, Ridwan Kamil berkunjung ke Kota Padang, Sumbar saat kegiatan Rakernas Apeksi dihelat.
Ini Ancang-ancang serta Kesepakatan Ridwan Kamil dan Mahyeldi Saat Bertemu di Padang