PAD Kota Padang Hingga Mei Mencapai Rp193 Miliar

PAD Kota Padang Hingga Mei Mencapai Rp193 Miliar

Rapat capaian PAD Kota Padang (Foto: Prokopim Pemko Padang)

Langgam.id - Capaian pendapatan asli daerah (PAD) Kota Padang hingga Mei 2022 lebih dari Rp193 miliar. Jumlah tersebut sekitar 19,54 persen dari target tahun ini sebanyak Rp193 miliar lebih.

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, capaian PAD hingga Mei ini tepatnya berjumlah Rp193.087.361.459. "Alhamdulillah, dibandingkan pada bulan yang sama di tahun lalu capaian PAD kita tahun ini meningkat," katanya, sebagaimana dirilis Prokopim Pemko Padang.

Hal tersebut disampaikan Hendri dalam rapat evaluasi untuk mengejar penerimaan PAD tahun anggaran (TA) 2022, Sabtu (21/5/2022).

Rapat evaluasi yang digelar di Gedung Putih Kediaman Resmi Wali Kota Padang tersebut, dipimpin wali kota, para asisten dan kepala OPD penghasil PAD di lingkup pemko.

Menurutnya, pada Juni 2022 akan terjadi peningkatan signifikan. "Karena ada pajak daerah dari beberapa wajib pajak pada bulan Mei ini selama Lebaran yang belum masuk," ujar Hendri.

Ia meminta 16 OPD penghasil PAD di Pemko Padang bisa berupaya lebih optimal lagi menggenjot PAD sehingga mencapai target yang telah ditetapkan di akhir tahun nanti.

"Kita harus lebih bekerja keras lagi meraih PAD sebanyak-banyaknya mulai sekarang atau beberapa bulan ke depan. Sehingga pada akhir tahun nanti kita tidak keteteran mengejar target PAD tersebut."

Ia mengajak jajaran pemko memaksimalkan potensi sebaik-baiknya. "Di akhir tahunlah kita lihat hasilnya sekaligus mengevaluasi apa yang kita upayakan dalam setahun ini. Intinya saya berharap, jangan kita pernah menjadikan persoalan apapun sebagai penghambat langkah untuk mencapai target PAD," kata Hendri.

Wako Hendri Septa menuturkan, selama masa libur Lebaran di Padang, terjadi peningkatan hunian hotel terutama masa libur lebaran di Kota Padang. Begitu juga untuk rumah makan, cafe dan usaha sejenis lainnya.

"Pendapatannya sampai tiga kali lipat dibanding hari biasa sebelum libur lebaran. Kita juga bersyukur banyaknya para pemudik kemarin yang datang ke Kota Padang. Sehingga ikut meningkatkan ekonomi kerakyatan warga kita," katanya saat memberi keterangan bersama Kepala Bapenda Yosefriawan.

Selanjutnya, ia juga berharap Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia ke-15 pada 7-9 Agustus tahun 2022 mendatang, akan berdampak pada PAD.

"Kegiatan ini insya Allah akan mendatangkan dampak yang besar bagi kita Kota Padang selaku tuan rumah. Semoga PAD dan ekonomi masyarakat semoga meningkat," ujarnya.

Baca Juga

Perwakilan operator Trans Padang melakukan mogok operasi dan demo di Balaikota di Aia Pacah pada Senin. Demo operator Trans Padang
Cegah Operator Trans Padang Merugi, Wawako Minta Direktur PSM Agendakan Rapat
Jadi Percontohan Program SIIP, Wako Padang Terima Kunjungan Tim KIAT
Jadi Percontohan Program SIIP, Wako Padang Terima Kunjungan Tim KIAT
Wali Kota Padang Hendri Septa melantik sebanyak 37 orang Pejabat Administrator (eselon 3) di lingkungan Pemko Padang pada Jumat (23/2/2024).
Wali Kota Padang Lantik 37 Pejabat Eselon 3, Mulai dari Camat hingga Kabag Kesra
Sekda Padang Andree Algamar dorong ASN di lingkungan Pemko Padang untuk memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien kepada
Sekda Dorong ASN Pemko Padang Berikan Pelayanan Publik Efektif dan Efisien
Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Padang terus berupaya meningkatkan kapasitas semua pengurus dan anggota. Termasuk bagi ketua dan
DWP Kota Padang Gelar Workshop dan Lomba Make Up Class
BPK Perwakilan Sumatra Barat kembali melaksanakan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Padang Tahun 2023.
BPK Periksa LKPD 2023, Sekda: Semoga Pemko Padang Kembali Raih Opini WTP