Pacu Kuda di Payakumbuh Jadi Pembuka Kalender Iven Pacuan di Indonesia

Membuka lembar kalender pertama di tahun 2023, Open Race Pacu Kuda Kota Payakumbuh digelar di Lapangan Pacuan Kuda Kubu Gadang

Iven Open Race Pacu Kuda Kota Payakumbuh yang digelar di Lapangan Pacuan Kuda Kubu Gadang. [foto: Pemko Payakumbuh]

Langgam.id - Membuka lembar kalender pertama di tahun 2023, Open Race Pacu Kuda Kota Payakumbuh digelar di Lapangan Pacuan Kuda Kubu Gadang, Minggu (5/2/2023).

Ajang yang dibuka langsung oleh Pj Wali Kota Payakumbuh, Rida Ananda ini diikuti oleh 72 kuda dari berbagai daerah dengan 16 race.

Ketua Panitia Dasril mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan Pordasi Sumbar. Acara ini terlaksana dari dukungan Pemko Payakumbuh, pimpinan Bank Nagari, sponsor dan donatur.

"Terima kasih kepada semua pihak atas dukungannya terhadap pelaksanaan iven ini. Termasuk bantuan keamanan 200 personel dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub," ujarnya.

Tokoh Niniak Mamak mewakili dua nagari, Ketua KAN Tiakar Arizal Arda Dt. Pobo Nan Putiah menyampaikan apresiasi kepada Pordasi, pemerintah kota, dan panitia yang terus menggeliatkan iven pacu kuda sebagai agenda rutin di Kota Payakumbuh.

"Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami Nagari Tiakar dan Koto Nan Godang. Iven ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan peternak kuda, serta penikmat pacuan merasa terhibur. Atas nama dua nagari, Tiakar dan Koto Nan Godang kami bersyukur sekali," bebernya.

Dt. Pobo Nan Putiah mengatakan, apapun kegiatan di gelanggang pacuan kuda, pemerintah tetap melibatkan dan meminta izin kepada nagari.

"Semoga setiap tahun kegiatan ini ada terus. Kami berharap adanya Lebaran Cup Nagari Tiakar dan Koto Nan Godang di agenda kedepan," tuturnya.

Ketua Pordasi Kota Payakumbuh Riza Falepi menyebut jabatan Ketua Pordasi biasanya dijabat langsung oleh kepala daerah selaku eks officio. Dirinya sudah habis masa jabatan sebagai wali kota, makanya selanjutnya diserahkan kepada Pj. Wali Kota Rida Ananda.

"Jabatan Ketua Pordasi akan diteruskan oleh Rida Ananda selaku kepala daerah. Kami berharap bisa melanjutkan tugas-tugas kedepannya untuk kemajuan pacu kuda di Kota Payakumbuh. Iven hari ini pun berlangsung cukup bagus, ramai sekali," terangnya.

Pj. Wali Kota Rida Ananda mengatakan iven pacu kuda selain menggeliatkan olahraga, juga memberi dampak kepada pariwisata daerah. Adanya iven ini tak hanya dirasakan oleh pecandu pacu kuda saja, namun UMKM dapat ikut kecipratan berkah dengan meningkatnya transaksi jual-beli.

"Kami berharap pacu kuda dapat menjadi iven menarik banyak pengunjung datang ke daerah. Kami menyambut baik harapan tokoh KAN terkait menyemarakkan iven ini, kita menggelar 2 kali pacu kuda dalam setahun," ujarnya.

Ketua Pordasi Sumbar Deri Asta mengungkapkan bahwa iven pacu kuda di Kota Payakumbuh menjadi pembuka kalender pacuan pertama di Sumbar bahkan nasional. Dirinya mengapresiasi dukungan dan semangat seluruh pihak yang telah menyukseskan iven pacu kuda di daerah.

"Tambahan informasi, kabar gembira, Provinsi Sumbar menjadi tuan rumah Kejurnas seri 1 dan 2 pada tahun ini, akan dilaksanakan di Kota Sawahlunto. Mari kita sambut baik ini dan membuktikan bahwa Sumbar mampu menjadi tuan rumah yang ramah dan menyenangkan," harapnya.

Baca Juga

Pemko Payakumbuh melepas keberangkatan 204 orang Jemaah Calon Haji (JCH) Kloter X asal Kota Payakumbuh menuju Embarkasi Padang
204 JCH Kota Payakumbuh Bertolak Menuju Embarkasi Padang
Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh, Joben mengatakan, pada Idul Adha 1444 H ini, ada total 1.564 ekor hewan kurban yang akan disembelih
Pemko Payakumbuh Akan Gelar Salat Idul Adha di Halaman Balai Kota
Tujuh fraksi DPRD Kota Payakumbuh menyetujui Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Payakumbuh Tahun Anggaran 2023
DPRD Setujui Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Payakumbuh 2023 Jadi Perda
Team Miminku dan Rudi Maulana
Agensi Digital Marketing Miminku.id Pertama di Sumatera, Inovasi Pemberdayaan Perempuan Asal Payakumbuh
Ketua KPU Payakumbuh, Wizri Yasir melantik secara resmi 25 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Payakumbuh. Pelantikan itu
25 Anggota PPK Payakumbuh Resmi Dilantik, Pemko: Tetap Junjung Tinggi Netralitas
Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melepas secara resmi 228 jemaah calon haji (JCH) asal Payakumbuh ke Tanah Suci di Aula Ngalau Balai Kota.
Pemko Payakumbuh Lepas Keberangkatan 228 Jemaah Calon Haji