Operasi Lilin Singgalang, Polda Sumbar Siapkan 2.913 Personel dan 65 Pos

Mapolda Sumbar

Mapolda Sumbar. (Foto: Humas Polda Sumbar)

Langgam.id - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat menyiapkan 2.913 personel dan 65 pos dalam Operasi Lilin Singgalang 2022. Setelah apel gelar pasukan pada Kamis (22/12/2022), operasi dimulai pada Jumat (23/12/2022) ini.

Kepala Bidang Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan mengatakan, apel pada Kamis merupakan rangkaian kesiapan dari operasi tersebut. “(Operasi) dimulai tanggal 23 Desember sampai dengan tanggal 2 Januari 2023,” katanya sebagaimana dirilis situs resmi Polri.

Ia mengatakan, dari 2.913 personel yang terlibat dalam pengamanan, terdiri dari 340 personel Polda Sumbar dan 2.573 personel dari jajaran Polres di Sumbar.

Menurutnya, selain personel Polri, opersi ini juga melibatkan instansi terkait lainnya dari TNI, Dishub, Linmas, Dinkes, Basarnas, PLN, Angkasa Pura, Pramuka, PKS, Orari, Organda dan lain sebagainya dengan jumlah petugas sebanyak 2.394 orang.

Kabid Humas mengatakan, terdapat 65 pos dalam operasi ini, yang terdiri dari 39 pos pam yang ditempatkan di keramaian, 25 pos pelayanan di berbagai destinasi wisata dan satu pos terpadu di Kawasan Jam Gadang Bukittinggi.

“Maksud dan tujuan adalah mendekatkan pelayanan kepolisian kepada masyarakat, karena kegiatan masyarakat bertambah sehingga polisi membuat Pos Pam, Pos Yan dan Pos Terpadu ini,” ucap Kombes Pol Dwi Sulistyawan.

Selain pos tersebut, menurutnya, instansi terkait lain juga ada yang membuat pos tersendiri seperti dari PU dan Dinas Marga yang membangun seperti pos di Sitinjau lauik untuk mengantisipasi seperti musibah tanah longsor.

Baca Juga: Operasi Lilin Singgalang 2022 Dimulai, Kapolda Pimpin Apel Cek Personel

Menurutnya, fokus antisipasi operasi ini adalah pengamanan ibadah bagi umat nasrani saat Natal dan juga wisatawan termasuk perayaan malam tahun baru.

Pihaknya juga mengoptimalkan kegiatan patroli di tempat keramaian lainnya yang tidak terbackup, seperti tempat perbelanjaan, dan menyambangi di pemukiman penduduk yang banyak ditinggalkan oleh penghuninya dalam rangka liburan.

“Kami berharap peran serta masyarakat dalam menjaga situasi yang aman saat Natal dan Tahun Baru,” katanya. (*/SS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Mulai Hari Ini, Tilang Mobile Berlaku di Padang
Soal Isu Penculikan Anak, Kapolda Sumbar: Selalu Muncul Jelang Peristiwa Besar
Kapolda: Penyelesaian Tol Solusi untuk Tekan Angka Kecelakaan di Sumbar
Kapolda: Penyelesaian Tol Solusi untuk Tekan Angka Kecelakaan di Sumbar
360 Pengendara di Padang Kena Tilang Manual, Dirlantas Polda Sumbar: Tanpa Pelat Nomor
360 Pengendara di Padang Kena Tilang Manual, Dirlantas Polda Sumbar: Tanpa Pelat Nomor
5 Kapolres Sertijab di Polda Sumbar, Bukittinggi dan Payakumbuh Dipimpin Polwan
5 Kapolres Sertijab di Polda Sumbar, Bukittinggi dan Payakumbuh Dipimpin Polwan
Polda dan PGRI Sumbar Tandatangani Pedoman Kerja Perlindungan Hukum Profesi Guru
Polda dan PGRI Sumbar Tandatangani Pedoman Kerja Perlindungan Hukum Profesi Guru
Laju Inflasi di Sumbar Stabil Selama Pandemi Corona
Rekor dalam Sewindu, Inflasi Sumbar 2022 Tembus 7,43 Persen