Oknum ASN di Agam Terlibat Kasus Penggelapan Mobil Diringkus Polisi

Oknum ASN di Agam Terlibat Kasus Penggelapan Mobil Diringkus Polisi, musafir

Ilustrasi (Foto: Free-Photos / pixabay.com)

Langgam.id - Seorang oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar) diduga terlibat dalam kasus pengelapan mobil. Diketahui, ASN itu bernama Zalman (48) bertugas di Lapas Klas II B Lubuk Basung.

Penangkapan Zalman dilakukan Tim Opsnal Reserse Polsek Koto Tangah, Sabtu (30/5/2020) kemarin di Kota Padang. Sebelumnya, laporan atas kasus ini diterima pihak kepolisian kemudian dilakukan penyelidikan.

"Dia (pelaku) sudah kami tahan lebih kurang tiga hari. Ditangkap tanpa perlawanan saat berada di Kota Padang," ujar Kapolsek Koto Tangah, AKP Zamri Elfino kepada awak media, Kamis (4/6/2020).

Zamri memastikan, kasus penggelapan mobil itu tetap berjalan, meskipun pelaku merupakan pegawai lapas. Saat ini, kata Zamri, pihaknya terus berkomunikasi dengan pihak Lapas Kelas II B Lubuk Basung dan Kanwil Kemenkumham Sumbar.

"Kami terus mengembangkan kasus ini. Tidak ada pencabutan laporan, kasus tetap berjalan," tegasnya.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Koto Tangah, Iptu Syafwal mengatakan, pelaku telah melakukan aksi penggelapan sejak 2019. Modus yang digunakan yaitu dengan mencarter mobil, kemudian digadaikan ke orang lain.

"Pengakuannya, mobil itu digadaikan ke Pasaman Barat, Payakumbuh, Sijunjung bahkan hingga ke Provinsi Jambi. Nominal pegadaian bervariasi, ada sekitar Rp25 juta per unit," ungkapnya.

Lalu, uang hasil penggelapan mobil tersebut, lanjut Syafwal, digunakan pelaku untuk berfoya-foya. Sejauh ini pihaknya tidak ada menemukan dugaan kasus lain yang menjerat pelaku, termasuk kasus penyalahgunaan narkotika.

Dalam kasus ini, jelasnya, pihak kepolisian juga ikut menyita barang bukti berupa satu unit gadget merek Samsung warna putih, uang tunai senilai Rp1.575.000 dan dua lembar struk ATM BNI serta Link BRI.

Selanjutnya, juga ada dua unit mobil merek Toyota Avanza yang digelapkan pelaku di Pasaman Barat dan Sijunjung. (*/Irwanda/ZE)

Baca Juga

Bupati Agam Ajak Jemaah Salat Idul Adha Berempati kepada Korban Banjir Bandang
Bupati Agam Ajak Jemaah Salat Idul Adha Berempati kepada Korban Banjir Bandang
Langgam.id - Pemeintah Kota (Pemko) Padang terus berupaya mengurangi sampah plastik, terutama di lingkungan kerja.
Agam Canangkan Project 1 Nagari 1 Pengolahan Sampah
Usai Masa Tanggap Darurat Berakhir, Agam Fokus Pemulihan Bencana hingga Desember 2024
Usai Masa Tanggap Darurat Berakhir, Agam Fokus Pemulihan Bencana hingga Desember 2024
Desa Wisata Pesona Pagadih merupakan satu dari tiga desa wisata di Sumbar yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia
Masuk 50 Besar ADWI 2024, Desa Wisata Pesona Pagadih Agam Bakal Dikunjungi Kemenparekraf
Jumlah Hewan Kurban di Agam Diprediksi Turun
Jumlah Hewan Kurban di Agam Diprediksi Turun
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mencatat, saat ini sudah ada 175 bank sampah di daerah tersebut. Keberadaan bank sampah ini
Padang Miliki 175 Bank Sampah, Terbanyak di Kecamatan Pauh