Ngobrol Politik di Padang: Guru Besar Unand Nilai Pilpres 2024 Strategis untuk 2029

Ngobrol Politik di Padang: Guru Besar Unand Nilai Pilpres 2024 Strategis untuk 2029

Ranah Politik menggelar Ngobrol Politik (Ngopi) bertema "Presiden Pilihan Orang Minang Anis, Prabowo atau Ganjar", Rabu (18/1/2023) di Padang. (Foto: Irwanda)

Langgam.id - Guru Besar Ilmu Politik Universitas Andalas (Unand) Asrinaldi menilai Pilpres 2024
adalah pemilihan politik yang strategis. Ia memperkirakan, yang menang pada pilpres 2024, akan kembali menang pada 2029.

"Kalau kita lihat itu akan butuh energi yang besar dan kerja keras," katanya saat Ngobrol Politik (Ngopi) yang diadakan Ranah Politik dengan tema "Presiden Pilihan Orang Minang Anis, Prabowo atau Ganjar", Rabu (18/1/2023) di Kafe V-Coffee, Padang.

Dalam diskusi itu, Asrinaldi juga mengatakan Sumbar ke depannya akan menjadi trend center politik nasional. Orang akan bicara mengenai siapa presiden 2024.

"Kalau bicara 2024 maka harus mulai berbicara sebelum 2024. Karena siapapun orangnya yang terpilih akan dimasuki oleh agenda rezim saat ini," tuturnya.

Baca Juga: Pengamat Politik: Anak Muda Sudah Membuka Ruang Berpolitik

Lebih lanjut Asrinaldi mengatakan, pasti ada kepentingan dalam pemilihan presiden 2024. Untuk tingkat Sumbar, misalnya Anies yang perlu dibicarakan saat ini adalah apakah dapat dicalonkan atau tidak.

"Dan itu yang sedang diperjuangkan saat ini, baik bisa ataupun tidak bisanya Anies menjadi capres karena Anies adalah kuda hitam," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini Nasdem sedang euforia dengan Anies. Hal ini dapat dilihat dari baliho atau poster-poster Nasdem pasti disandingkan dengan Anies.

Namun, kata dia, apakah orang akan memilih dengan poster tersebut. Menurutnya belum tentu, karena banyak pertimbangan dari orang Minang memilih pemimpinnya.

"Kalau kita lihat dari banyak konteks orang Minang memilih, Gerindra lebih unggul dari Nasdem, misalnya saja infrastruktur poltik Gerindra telah memulai lebih dulu dari Nasdem," katanya.

Dia juga mengatakan kalau melihat dari komunikasi politik Gerindra juga jauh lebih unggul. Namun persoalannya apakah Nasdem mampu mengkomunikasikan Anies dengan nyata kepada masyarakat."Dan kalau saya pikir (untuk saat ini), Prabowo masih unggul dari Anies untuk Sumbar," tuturnya. (*/SS)

Baca Juga

Sihirnya Penyihir, Quickcountnya Lembaga Survei dan Turbulensi Sejarah
Sihirnya Penyihir, Quickcountnya Lembaga Survei dan Turbulensi Sejarah
Berita terbaru dan terkini hari ini: Teja Paku Alam dinobatkan sebagai kiper terbaik atau the best goal keeper oleh APPI Indonesia 11 2022.
Teja Paku Alam Dilirik Semen Padang FC, Begini Tanggapannya
Kepala BPBD Agam, Budi Prawiranegara mengatakan bahwa banjir bandang lahar dingin yang melanda Kecamatan Candung dan Kecamatan Sungai
Dampak Banjir Lahar Dingin di Agam: Jalan Pertanian Putus hingga Warga Harus Dievakuasi
Jalur Padang Panjang-Bukittinggi tidak bisa dilewati kendaraan akibat banjir lahar dingin yang terjadi di Aia Angek, Kecamatan X Koto,
Banjir Lahar Dingin Tutup Badan Jalan, Jalur Padang Panjang-Bukittinggi Tak Bisa Dilewati
Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat (Penetapan) 1 Syawal 1445 H pada Selasa (9/4/2024). Sidang isbat tersebut bakal dilaksanakan di Auditorium HM.
Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1445 H Digelar 9 April 2024
Perubahan rute terjadi pada manajemen rekayasa lalu lintas sistem satu arah (One Way) di jalur Padang-Bukittinggi saat arus mudik dan balik
Rute Jalan Satu Arah Padang-Bukittinggi Kembali Berubah, Dibagi Berdasarkan Waktu Pelaksanaan