Musda ke-15 KNPI Sumbar Besok Jaring Kader Militan

Musda ke-15 KNPI Sumbar Besok Jaring Kader Militan

Foto: Irwanda

Langgam.id - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatra Barat (Sumbar) akan melakukan Musyawarah Daerah (Musda) ke-15, Senin (8/11/2021). Musda kali ini untuk memilih ketua umum serta para pengurus periode 2021-2024.

Tahapan persiapan Musda KNPI Sumbar sebelumnya telah dilakukan sejak 18 Oktober 2021. Mulai agenda pemberitahuan tahapan Musda hingga penyampaian hasil verifikasi calon pada 2 November.

Dasarnya adalah Rapat Pimpinan Paripurna Daerah (Rapimpurda) KNPI Sumbar yang dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Mentawai, pada Agustus 2021.

"Seluruh proses persiapan mulai dari tahap pendaftaran calon hingga verifikasi sudah dirampungkan," kata Ketua Steering Committee Musda KNPI Sumbar, Ridwan, Minggu (7/11/2021).

Ridwan mengatakan, proses pendaftaran calon ketua umum hingga kemudian dinyatakan lulus verifikasi dilakukan secara terbuka, memenuhi syarat, dan ketentuan.

"Dari rangkaian tahapan pencalonan tersebut ada satu nama yang maju sebagai calon dan telah memenuhi persyaratan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua KNPI Sumbar, Fadly Amran berharap Musda kali ini bisa menjaring kader yang militan, berproses, serta menyuarakan suara pemuda di Sumbar untuk menjadi Ketua KNPI periode 2021-2024.

"Ketua yang terpilih diharapkan menjadi reprenstasi kepemudaan, melalui Organisasi Kepemudaan (OKP) serta DPD KNPI," ujar Fadly.

Dalam rapat persiapan Musda, turut hadir sejumlah pengurus Majelis Pemuda Indonesia (MPI) selaku pembina KNPI Sumbar. Salah seorang perwakilan dari MPI yakni Maidestal Hari Mahesa menyatakan dukungan penuh terhadap gelaran Musda KNPI di bawah kepengurusan Fadly Amran.

"Sejak awal KNPI Sumbar di bawah Fadly Amran adalah kepengurusan yang sah, mempunyai historikal yang jelas sejak terpilih 2018, dan statusnya diakui oleh organisasi kepemudaan di Sumbar dalam tiga tahun berjalan," tegasnya.

Oleh karena itu, ia tidak ingin mencampuri atau pun mengurus perpecahan yang terjadi di pusat. Sebab para senior kepemudaan dalam wadah MPI, serta organisasi kepemudaan telah sepakat medukung Musda KNPI di bawha kepengurusan Fadly Amran.

"Kami juga memesankan kepada pemuda serta OKP yang tergabung dalam KNPI Sumbar agar sama-sama menyukseskan Musda pada 8 November," tuturnya.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Ketua DPD KNPI Kota Padang, Megri Fernando menyayangkan masih ada pihak lain yang mencatut nama KNPI.
Ketua KNPI Padang Sayangkan Masih Ada yang Catut Nama Lembaganya, Ngaku sebagai Pengurus
Maksimalkan Bonus Demografi, KNPI Minta Pemuda di Sumbar Melek Politik
Maksimalkan Bonus Demografi, KNPI Minta Pemuda di Sumbar Melek Politik
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: KNPI Sumbar mengapresiasi pelaksanaan Kongres Penyatuan Pemuda atau Kongres XVI Pemuda/KNPI
Kongres XVI Satukan KNPI, Nanda Ajak Pemuda Perkuat Kolaborasi Bangun Daerah
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Nanda Satria resmi menjadi Ketua KNPI Sumbar. Pengukuhan dilakukan langsung Ketua Umum DPP KNPI.
Nanda Satria Dikukuhkan Jadi Ketua KNPI Sumbar, Target Tingkatan Kapasitas Pemuda
KNPI Sumbar yang Diketuai Angga Azkardha Dilantik Ketua DPP Haris Pertama
KNPI Sumbar yang Diketuai Angga Azkardha Dilantik Ketua DPP Haris Pertama
Sinyal Penyatuan KNPI Saat Musda di Padang, 2 Ketum Hadir Sekaligus
Sinyal Penyatuan KNPI Saat Musda di Padang, 2 Ketum Hadir Sekaligus