MUI: Ajaran Bab Kesucian Tidak Ditemukan di Kota Payakumbuh 

Berita Payakumbuh - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: MUI Kota Payakumbuh mengatakan belum ditemukan bab kesucian  

Rakor Tim Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) bersama Forkopimda Kota Payakumbuh. [foto: Pemko Payakumbuh]

Berita Payakumbuh - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Ketua MUI Kota Payakumbuh Erman Ali mengatakan bahwa belum ditemukan ajaran bab kesucian di daerah tersebut.

Langgam.id - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Payakumbuh Erman Ali mengatakan bahwa hingga saat ini belum ditemukan ajaran bab kesucian di daerah tersebut.

"Hingga saat ini di Kota Payakumbuh belum ditemukan ajaran tersebut. Mungkin karena gurunya si S ini adalah orang Koto Baru Payakumbuh Timur, sehingga orang beranggapan ajaran ini ada di Kota Payakumbuh," ujarnya saat rapat koordinasi Tim Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) bersama Forkopimda Kota Payakumbuh di One Sky Kafe, Selasa (18/1/2022).

Erman menambahkan, bahwa pihaknya bergerak cepat menelusuri terkait ajaran ini. Ternyata ajaran ini tidak ditemukan di Kota Payakumbuh.

"Malah keluarga yang bersangkutan tidak mengetahui bahwa S adalah guru ajaran bab kesucian ini, mereka pun tidak pula tahu menahu tentang ajaran sesat ini," ucap Erman.

Erman mengungkapkan, pria berinisial S ini berdomisili di Kota Padang. Dari informasi yang diperoleh Erman dari MUI Tanah Datar, ajaran ini disebarkan oleh S sejak Mei 2021 di Panyalaian Tanah Datar. Pengikutnya ada sekitar lebih kurang 40 orang.

"Bila suatu waktu dia membawa ajaran ini ke Kota Payakumbuh, maka MUI dan stakeholder terkait akan mengusir dan tidak mengizinkan aktivitas ajaran itu berkembang di kota kita," bebernya.

Asisten III Pemko Payakumbuh Amriul Dt. Karayiang mengharapkan agar ajaran ini tidak ada di Kota Payakumbuh.

"Untuk hal ini kita serahkan kepada stakeholder yang berwenang untuk melakukan tugasnya, yang jelas prosesnya harus dilalui secara bertahap," tuturnya.

Ia menerangkan bahwa keamanan dan kerukunan di Kota Payakumbuh hingga saat ini terus dalam situasi kondusif. Saat ini pemerintah fokus berperang melawan covid-19 dan berita-berita hoaks yang beredar.

"Ke depan kita akan tetap solid dari awal hingga akhir. Contohnya saja saat hari Natal dan tahun baru, situasi cukup aman dan tertib," terangnya.

Kasat Intel Polres Kota Payakumbuh AKP Luhur Fahri mengatakan, guna menciptakan situasi yang kondusif, mulai dari sejak berita tentang ajaran bab kesucian ini viral di media, pihaknya bersama Tim Pakem terus melaksanakan antisipasi

"Meski kewenangan berada di MUI, tapi Polres memback up menciptakan keamanan di Kota Payakumbuh," ujarnya.

Baca juga: Capaian Vaksinasi Covid-19 di Kota Payakumbuh 82 Persen 

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Payakumbuh Robby mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap aktivitas aliran kepercayaan masyarakat.

"Artinya bila ditemukan maka akan dilakukan proses monitoring dan evaluasi terhadap hal tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," sebutnya.

Dapatkan update berita Payakumbuh – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh, Joben mengatakan, pada Idul Adha 1444 H ini, ada total 1.564 ekor hewan kurban yang akan disembelih
Pemko Payakumbuh Gelar Salat Idulfitri 1445 H di Halaman Balai Kota
Ketua DPRD Sumbar Supardi mengajak masyarakat untuk menghindari berbagai jenis sogokan dalam pemilihan calon kepala daerah. Menurutnya Kota
Ketua DPRD Sumbar Ajak Warga Payakumbuh Bijak dalam Menentukan Sikap dalam Pilkada
Semen Padang FC akan menghadapi PSPS Riau di laga kedua Liga 2 2022/2023 pada Senin. Laga tandang perdana Semen Padang FC pada musim
Manajemen Semen Padang FC Kantongi 3 Calon Pelatih, Ada dari Sumbar
Mayoritas penduduk Sumatra Barat (Sumbar) adalah beragama Islam. Oleh karena itu, hampir di semua kabupaten/kota di Sumbar ditemukan banyak
Berikut 10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Masjid Terbanyak di Sumbar
Belatung Menggeliat pada Tumpukan Sampah di Padang Kaduduk Payakumbuh
Belatung Menggeliat pada Tumpukan Sampah di Padang Kaduduk Payakumbuh
Raih Cumlaude, Bupati Dharmasraya Resmi Menyandang Gelar Magister Administrasi Publik dari Unand
Raih Cumlaude, Bupati Dharmasraya Resmi Menyandang Gelar Magister Administrasi Publik dari Unand