MTQ Ke-11 Kabupaten Dharmasraya Ditutup, Pulau Punjung Juara Umum

MTQ Ke-11 Kabupaten Dharmasraya Ditutup, Pulau Punjung Juara Umum

Penutupan MTQ Dharmasraya. (Foto: Pemkab Dharmasraya)

Langgam.id - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-11 Tingkat Kabupaten Dharmasraya resmi ditutup. Sekretaris Daerah Adlisman menutup acara tersebut di Lapangan Sepakbola SP 5, Nagari Sopan Jaya, Sabtu (19/11/2022) siang.

Pemkab Dharmasraya di akun resminya merilis, Kecamatan Pulau Punjung menjadi juara umum MTQ kali ini. Menyusul di tempat kedua Kecamatan Koto Salak dan juara ketiga Kecamatan Sitiung. Selanjutnya, Kecamatan Padang Laweh di posisi keempat dan Kecamatan Koto Baru di posisi kelima.

Membacakan amanat Bupati Sutan Riska, Sekda menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kontribusi berbagai pihak atas terselenggaranya MTQ tersebut.

Menurutnya, kegiatan MTQ yang telah dilaksanakan merupakan wadah dalam memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Al-qur'an.

Ia juga berharap setelah terselenggaranya MTQ ke-11 ini dapat jadikan penambahan wawasan bagi peserta dan masyarakat untuk penghayatan dan cinta terhadap ayat suci Al-qur'an.

Baca Juga: Pembukaan MTQ Nasional Tingkat Kabupaten Dharmasraya Meriah

Menurut bupati dalam amanat tertulis itu, diperlukan perhatian penuh serta keterlibatan secara sungguh-sungguh dari lapisan masyarakat agar ke depan pelaksanaan MTQ dapat memberi pengaruh yang signifikan untuk perkembangan hidup masyarakat.

"Kepada seluruh peserta dari berbagai cabang yang meraih juara, saya mengucapkan selamat, dan mudah-mudahan prestasi yang diraih dapat dipertahankan. Saya minta seluruh pihak mulai melakukan persiapan untuk MTQ Provinsi tahun 2023 agar kita dapat mengukir prestasi terbaik nantinya," katanya.

Menurut Sekda, sukses penyelenggaraan MTQ di Padang Laweh harus dapat menjadi acuan pada penyelenggaraan MTQ berikutnya.

"Sesuai dengan arahan pak Bupati, penyelenggaraan MTQ berikutnya Kecamatan Sungai Rumbai harus lebih sukses daripada di Padang Laweh. Maka kami harapkan agar dipersiapkan dengan lebih baik lagi," katanya.

MTQ Dharmasraya telah berlangsung sejak Kamis (17/11/2022). Menurut rilis humas, masyarakat antusias menyaksikan semua penampilan kafilah yang berlangsung di 14 venue. Sebanyak 58 kategori pertandingan dari 10 cabang lomba berlangsung aman tertib dan lancar.

Selain itu, ekonomi masyarakat setempat turut bergerak, terutama di sektor UMKM. Transaksi jual beli pedagang makanan meningkat dan ikut merasakan berkah alek dua tahunan ini. (*/SS)

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Dharmasraya Gelar FGD Pembinaan Statistik Sektoral 2024 Targetkan Peningkatan Nilai IPS
Dharmasraya Gelar FGD Pembinaan Statistik Sektoral 2024 Targetkan Peningkatan Nilai IPS
Pasar rakyat berkonsep modern akan segera hadir di Kabupaten Dharmasraya. Pelaksanaan groundbreaking proyek pembangunan Pasar Dharmasraya
Gandeng PT Adhi Perkasa Gedung, Pasar Rakyat Dharmasraya Dibangun di Lahan 5 Ha
Ibunda Bupati Dharmasraya Meninggal Dunia
Ibunda Bupati Dharmasraya Meninggal Dunia
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan
Kinerja Pemerintah Kabupaten Dharmasraya Terbaik di Sumbar, Nomor 9 di Indonesia
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Stok gula pasir di Bulog Sumbar kosong, sementara stok beras capai 7.000 ton.
Bulog Gelar Bazar 2 Hari Disela HUT Dharmasraya
Forkopimda Dharmasraya Tinjau Lokasi Banjir dan Longsor di Taratak Tinggi
Forkopimda Dharmasraya Tinjau Lokasi Banjir dan Longsor di Taratak Tinggi