Momen Lebaran, 35 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Sumbar

Total Positif Corona di Sumbar, sekolah zona merah

Ilustrasi - positif corona (Covid-19). (Foto: Gerd Altmann/pixabay.com)

Langgam.id - Sebanyak 35 orang warga Sumatra Barat (Sumbar) terkonfirmasi positif coronavirus disease (covid-19) pada momen Idul Fitri 1441 Hijriah atau lebaran, Minggu (24/5/2020). Puluhan kasus baru itu merupakan pemeriksaan 1.461 sampel yang dilakukan Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang.

Juru Bicara Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal mengungkapkan 35 kasus baru tersebut tersebar di beberapa kabupaten/kota di Sumbar. Terbanyak, terdapat di Kota Padang dari 204 sampel yang dinyatakan positif 25 orang.

"Kemudian Kota Sawahlunto dari 578 sample swab, positif 2 orang. Kota Payakumbuh 20 sampel swab positif 6 orang, terdiri dari warga Payakumbuh 5 orang dan warga Kabupaten Limapuluh Kota 1 orang," kata Jasman dalam keterangan tertulisnya, Minggu (24/5/2020).

Baca Juga: Bertambah 5 di Hari Lebaran, Sudah 180 Warga Sumbar Sembuh dari Corona

Kemudian, kata Jasman, Kabupaten Dharmasraya dari 42 sampel swab positif 1 orang, selanjutnya Kabupaten Solok 14 sampel swab positif 1 orang. Dalam hal ini, para tim di laboratorium patut diapresiasi.

"Yang paling luar biasanya adalah, mereka telah melakukan pemeriksaaan sampel sebanyak 1.461 dalam waktu 22 jam. Ini pekerjaan tim yang sangat luar biasa dan merupakan rekor pemeriksaan sample swab terbanyak yang pernah ada di Indonesia," ujarnya.

Sementara itu dari beberapa daerah lainnya yang mengirimkan sampel swab, dalam pemeriksaan dinyatakan negatif. Termasuk sampel orang tanpa gejala dari jajaran Kemenag.

"Kabupaten Sijunjung 102 sample negatif. Kota Padang Panjang 41 sampel negatif, Kabupaten Padang Pariaman 43 sampel negatif dan Kota Bukittinggi 87 sampel negatif. Begitupun Kemenag 48 sampel OTG dinyatakan negatif," katanya.

Dengan penambahan 35 kasus baru, maka terhitung Minggu (24/5/2020) total keseluruhan terkonfirmasi positif di Sumbar menjadi 478 kasus. (Irwanda/Osh)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Polsek Sungai Rumbai, Polres Dharmasraya, menurunkan personelnya untuk melakukan kegiatan patroli pada jam-jam rawan di Jalinsum.
Cegah Tindak Kriminal saat Arus Balik, Polsek Sungai Rumbai Turunkan Personel di Jalinsum
Menyambut para perantau yang pulang kampung pada libur Lebaran 2023, Pemko Padang akan menggelar Festival Muaro Padang.
Ada Festival Muaro Padang 2023 di Momen Libur Lebaran, Ini Jadwal dan Rangkaian Acaranya
Langgam.id - Andre Rosiade mengakui kenegarawanan Prabowo Subianto dan ditunjukkan dengan bergabung pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.
Andre Rosiade: Kimia Farma Gencarkan Vaksinasi Covid-19 di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal
Langgam.id - Sebanyak empat warga (anak) di Kabupaten Agam mengalami gagal ginjal akut, satu di antaranya dilaporkan meninggal dunia.
Kemenkes Pastikan Tak Ada Kaitan Gagal Ginjal Akut Pada Anak dengan Covid-19
Langgam.id - Dua pasien Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GgAPA) masih dirawat di RSUP M Djamil Padang, Sumatra Barat (Sumbar).
Wagub Sumbar Curhat ke Moeldoko Soal Peran RSUP M Djamil Saat Pandemi Covid-19
Kunjungi RSUP M Djamil Padang, Moeldoko: Covid-19 Membuat Perubahan Luar Biasa
Kunjungi RSUP M Djamil Padang, Moeldoko: Covid-19 Membuat Perubahan Luar Biasa