Mitigasi Bencana, Pemprov Isi Lumbung Sosial Mentawai Rp385 Juta

Mitigasi Bencana, Pemprov Isi Lumbung Sosial Mentawai Rp385 Juta

Wagub Audy mengunjungi Lumbung Sosial di Siberut Mentawai. (Foto: Adp Sumbar)

Langgam.id - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar) Audy Joinaldy menyerahkan bantuan logistik dari Pemprov Sumbar untuk Lumbung Sosial Mentawai di Desa Muara Siberut, Kecamatan Siberut Selatan, senilai Rp386.930.000. Bantuan tersebut diperlukan mengingat tingkat kerawanan bencana di Mentawai yang cukup tinggi.

"Dalam kesempatan kunjungan ke Mentawai kali ini, kita menyerahkan bantuan logistik untuk Lumbung Sosial di Siberut Selatan, sebagai bentuk upaya kesiapsiagaan kita terhadap potensi kebencanaan di Mentawai yang cukup tinggi," ucap Wagub Audy, didampingi oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial (Linjamsos Dinsos) Sumbar, Andri Yunidal, dikutip dari Adp Sumbar, Kamis (16/11/2023).

Wagub Audy menyebutkan, meski Lumbung Sosial terus disiapkan, masyarakat Mentawai juga harus terus menerapkan upaya mitigasi dan kesiapsiagaan bencana mandiri. Di samping itu, pendidikan sadar bencana juga harus dimasifkan sejak usia dini kepada masyarakat.

"Kita tidak tahu kapan bencana akan datang, karena itu kuasa Allah. Namun, kesiapsiagaan dan mitigasi bencana harus senantiasa kita terapkan untuk mengantisipasi dampak-dampak yang diakibatkan oleh bencana itu sendiri," sambung Wagub Audy.

Secara rinci, Kabid Linjamsos Dinsos Sumbar, Andri Yunidal menyebutkan, bantuan Pemprov Sumbar untuk Lumbung Sosial Siberut Selatan bernilai total Rp386.930.000. Terdiri dari berbagai jenis bantuan, baik makanan, sandang, dan lain sebagainya.

"Alhamdulillah, hari ini dipimpin Bapak Wagub, Dinsos Sumbar melakukan pengisian logistik di Lumbung Sosial Siberut Selatan, terdiri dari 2.000 paket makanan siap saji senilai Rp157.890.000; 500 paket makanan anak senilai Rp22.500.000; 300 paket makanan anak A senilai Rp15.750.000," ucap Andri.

Selanjutnya, sambung Andri, bantuan 50 lembar kasur senilai Rp21.250.000; 40 pcs tenda gulung senilai Rp9.400.000; 100 lembar selimut senilai Rp9.350.000; 200 paket sandang anak senilai Rp9.900.000; 30 paket sandang dewasa senilai Rp5.940.000; 100 paket family kit senilai Rp41.950.000; dan 200 paket kids ware senilai Rp93.000.000.

Andri menyebutkan, total terdapat lima Lumbung Sosial di Pulau Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai, yaitu di Kecamatan Siberut Barat, Siberut Barat Daya, Siberut Selatan, Siberut Utara, dan Siberut Tengah. Ada pun penyaluran bantuan untuk Lumbung Sosial di Siberut Selatan kali ini, diharapkan turut memperkuat kebutuhan logistik di empat lumbung sosial lainnya di Pulau Siberut.

“Memang kondisinya di lima Lumbung Sosial kita di Pulau Siberut, logistiknya cukup mimin. Sehingga pengisian Lumbung Sosial di Siberut Selatan ini diharapkan ikut memperkuat empat lumbung sosial lainnya,” ucapnya lagi. (*/Fs)

Baca Juga

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menghadiri perayaan HUT ke-21 SMAN 14 Padang yang berlokasi di Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan
HUT ke-21 SMAN 14 Padang, Gubernur: Ini Jadi Ajang Refleksi Untuk Peningkatan Prestasi
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, akan segera menetapkan Tim Verifikasi Tanah terkait Proyek KPBU Fly Over Sitinjau Lauik
Proyek KPBU Fly Over Sitinjau Lauik, Gubernur Akan Segera Tetapkan Tim Verifikasi Tanah
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah membuka iven drama musikal, meresmikan KoTehe Edotel di SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping
Gubernur Sumbar Buka Iven Budaya dan Resmikan KoTehe Edotel SMKN 1 Lubuk Sikaping
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan bahwa pentingnya peningkatan kompetensi angkatan kerja Sumbar sebelum memasuki dunia
Mahyeldi Ingatkan Pentingnya Peningkatan Kompetensi Angkatan Kerja di Sumbar
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengharapkan seluruh rumah sakit milik TNI dapat mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi prajurit TNI
Rumkital Tarmizi Taher Diresmikan, Gubernur Harap Pelayanan Kesehatan Masyarakat Makin Baik
Pemprov Sumbar menerima dana hibah dari Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) RI senilai Rp53 miliar. Gubernur Sumbar, Mahyeldi,
Dinilai Berhasil Turunkan Emisi, Pemprov Sumbar Terima Hibah dari BPDLH Senilai Rp53 Miliar