Meski Pilkada di Tengah Pandemi, Wako Payakumbuh Harapkan Partisipasi Pemilih Meningkat

Pemko Payakumbuh Siapkan Anggaran Rp40 Miliar untuk Cegah Virus Corona

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi. (Humas Pemko Payakumbuh)

Langgam.id - Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi berharap partisipasi pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020 tetap tinggi sebagaimana dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2009.

"Harapan kami angkanya tetap tinggi seperti pemilu legislatif dan pemilihan presiden tahun lalu meski sekarang pesta demokrasi dalam masa Pandemi Corona," ujarnya dikutip dari situs resmi milik Pemko Payakumbuh, berita.payakumbuh.go.id, Minggu (27/9/2020).

Hasil evaluasi, jelas Riza, untuk partisipasi pemilih dalam Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019 di Kota Payakumbuh melebihi target yang ditetapkan, yaitu 77,5 persen.

Baca Juga: Jelang Pilkada, Polres Payakumbuh Gelar Latihan Pengendalian Massa

Meskipun demikian, kata Riza, Pilkada di masa pandemi harus tetap mempedomani Maklumat Kapolri tentang kepatuhan protokol kesehatan.

"Keselamatan jiwa adalah yang paling utama, pakai masker, sering cuci tangan, jaga jarak, dan hindari kerumunan. Tidak melakukan arak-arakan, konvoi, dan sejenisnya. Pilkada 2020, aman dan sehat," ungkapnya.

Baca Juga: KPU Sumbar Umumkan Jumlah DPS Pilkada 2020, Padang Terbanyak

Sementara itu, Pemprov Sumbar dalam upaya menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2020, telah melakukan beberapa hal, di antaranya menyelenggarakan sosialisasi Pilkada Serentak Tahun 2020, menerbitkan beberapa surat edaran kepada bupati dan wali kota penyelenggara pilkada serta Surat Edaran perihal Penganggaran Pilkada Serentak tahun 2020. (*/ZE)

Baca Juga

Team Miminku dan Rudi Maulana
Agensi Digital Marketing Miminku.id Pertama di Sumatera, Inovasi Pemberdayaan Perempuan Asal Payakumbuh
Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh, Joben mengatakan, pada Idul Adha 1444 H ini, ada total 1.564 ekor hewan kurban yang akan disembelih
Pemko Payakumbuh Gelar Salat Idulfitri 1445 H di Halaman Balai Kota
Ketua DPRD Sumbar Supardi mengajak masyarakat untuk menghindari berbagai jenis sogokan dalam pemilihan calon kepala daerah. Menurutnya Kota
Ketua DPRD Sumbar Ajak Warga Payakumbuh Bijak dalam Menentukan Sikap dalam Pilkada
Belatung Menggeliat pada Tumpukan Sampah di Padang Kaduduk Payakumbuh
Belatung Menggeliat pada Tumpukan Sampah di Padang Kaduduk Payakumbuh
Jalan Payakumbuh menuju Pekanbaru menuju Pangkalan ditutup pada Selasa Penutupan ini dilakukan karena ada bencana longsor dan banjir.
Jalan Payakumbuh ke Pekanbaru Menuju Pangkalan Ditutup, Arus Lalin Dialihkan via Lintau
Ekspo SMK 2024 dan Sinergi Pengembangan Pariwisata Payakumbuh
Ekspo SMK 2024 dan Sinergi Pengembangan Pariwisata Payakumbuh