Menuju Tuan Rumah Porprov 2022, Solok Selatan Siapkan Anggaran Rp50 Miliar

Menuju Tuan Rumah Porprov 2022, Solok Selatan Siapkan Anggaran Rp50 Miliar

Penyerahan proposal permohonan Solok Selatan menjadi tuan rumah Porprov XVII 2022 kepada Sekum KONI Sumbar Irnaldi Samin (ist)

Langgam.id - Tim Independen KONI Sumatra Barat (Sumbar) meninjau kesiapan Kabupaten Solok Selatan sebagai calon tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XVII yang akan berlangsung 2022 mendatang, Kamis (19/9/2019).

“Kedatangan kami untuk melihat sejauh mana kesiapan calon tuan rumah Porprov mendatang,” kata ketua tim verifikasi KONI Sumbar Novi Sastra.

Menurutnya, adalima kabupaten dan kota yang turut menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah Porprov 2022. Masing-masing, Kota Pariaman, Kota Solok, Padang Panjang, Tanah Datar dan Solok Selatan.

Indikator verifikasi sama di semua daerah. Penilaian dilakukan berdasarkan kesesuaian fakta. Pihaknya akan melihat seberapa siap dan sesuainya venue yang ditulis dalam proposal dengan fakta yang dilihat di lapangan.

“Intinya, apakah daerah tersebut siap sebagai tuan rumah atau tidak. Poin lainnya yang tak kalah penting dinilai adalah berapa cabor yang akan dipertandingkan dan seberapa jauh kesiapan venuenya,” terangnya.

Khusus untuk Solok Selatan, harusnya memiliki nilai jual lebih dari daerah lain. Sebab, wilayahnya jauh dari ibu kota Provinsi. “Harus ada nilai jual yang lebih baik lagi sehingga kabupaten/kota lain tertarik kemudian memilih Solok Selatan sebagai tuan rumah,” katanya.

Sementara itu, Ketua sementara DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda mengatakan, pihaknya akan mendukung penuh daerah Sarantau Sasurambi itu bisa menjadi tuan rumah Porprov 2022.

“Sebagai langkah pemerataan olahraga di Sumbar, maka sudah selayaknya Solok Selatan jadi tuan rumah Porprov 2022," katanya.

Mendukung Solok Selatan jadi tuan rumah Porprov, pihaknya akan mempersiapkan anggaran sebesar Rp50 miliar. Anggaran tersebut dialokasikan secara berkala melalui APBD Solok Selatan.

“Kami siap menuangkannya dalam bentuk pakta integritas terkait anggaran pelaksanaan Porprov ini. Sekarang olahraga bukan hanya sekedar hobi tetapi sudah menjadi industri, sehingga harus ada iven besar olahraga yang harus dilaksanakan di Solok Selatan,” katanya. (*/ICA)

Baca Juga

Festival durian solsel
Anak Bupati Solok Selatan Bakal Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara yang Ditanami Sawit
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Pemkab Solsel menggelar Festival Durian Solok Selatan di Objek Wisata Pulau Mutiara, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir. Kegiatan ini digelar sejak 16 hingga 19 April 2024.
Festival Durian Solok Selatan, 2.500 Buah Durian Dibagikan Gratis Besok
Pemerintah daerah dari sejumlah kabupaten/kota di Sumatra Barat telah mempersiapkan sejumlah destinasi wisata unggulannya di momen libur .
3 Destinasi Wisata Unggulan Menarik di Solok Selatan saat Libur Lebaran, Apa Saja?
Langgam.id - Harimau Sumatera yang ditangkap BKSDA Sumbar di Maua Hilia, Palembayan, Kabupaten Agam dinamai Puti Maua.
Warga Lubuk Gadang Tenggara di Solok Selatan Lihat Harimau Masuk Kampung
Ustaz Abdul Somad (UAS) direncanakan akan menghadiri tabligh akbar di Ruang Terbuka Hijau Solok Selatan (Solsel) di Padang Aro.
Ustaz Abdul Somad Dijadwalkan Hadiri Tabligh Akbar di Solsel, Catat Jadwalnya