Menhub Imbau Pemudik Balik Setelah 8 Mei 2022

Berita terbaru dan terkini hari ini: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak para pemudik agar tak balik pada 8 Mei 2022.

Ilustrasi. (Foto: Rayydark/pixabay.com)

Berita terbaru dan terkini hari ini: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak para pemudik agar tak balik pada 8 Mei 2022.

Langgam.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak agar pemudik balik setelah 8 Mei 2022. Hal itu dilakukan untuk menghindari kepadatan dan agar perjalanan lebih nyaman.

"Sampai hari Sabtu pagi, baru sekitar 37 persen yang bergerak. Artinya, ada kecenderungan sisanya yang 63 persen akan menyeberang dalam satu-dua hari ini. Saya mengimbau, jangan kembali hari ini dan besok. Kalau bisa ditunda hari Senin atau Selasa (9 atau 10 Mei 2022)," uajar Budi saat meninjau Pelabuhan Panjang, Sabtu (7/5/2022).

Upaya memecah kepadatan arus balik di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Budi mengaku telah mempersiapkan Pelabuhan Panjang sebagai pelabuhan tambahan.

"Kami siapkan Pelabuhan Panjang menjadi Pelabuhan untuk angkutan logistik dan penumpang dari Lampung menuju Pelabuhan di Ciwandan, Banten," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Budi, bahwa sebelumnya ia juga telah mengunjungi para penumpang Kapal Ciremai yang melayani arus balik di Pelabuhan Panjang. Menurutnya, masyarakat merasa senang dengan adanya pelayanan kapal dari Lampung menuju Banten.

"InsyaAllah ini akan menjadi format tiap tahun yang akan kita laksanakan di masa mudik," paparnya.

Secara kumulatih, tambah Budi, mulai Rabu (4/5/2022) sampai Sabtu (7/5/2022) siang, terdapat total sebanyak 4.787 penumpang, 862 sepeda motor, 380 mobil pribadi, dan 45 truk/bus yang menyeberang melalui Pelabuhan Panjang Lampung menuju Pelabuhan Ciwandan, Banten.

Baca juga: Menhub Imbau Agar Tak Mudik 28-29 April 2022, Ini Alasannya

Kemudian, untuk mengendalikan lonjakan arus balik, sejumlah upaya telah dilakukan pemerintah. Selain mengimbau masyarakat untuk menghindari kembali pada puncak arus balik (6 sampai 8 Mei 2022), kebijakan lainnya yang telah dilakukan yaitu membolehkan para pekerja untuk cuti setelah tanggal 8 Mei 2022 dan membolehkan anak-anak untuk sekolah secara daring.

"Jadi, bapak ibunya bisa cuti, anak-anak bisa sambil sekolah daring," katanya.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Meski masa libur Lebaran 2024 telah selesai, namun tiket bus jurusan Padang-Jakarta untuk tanggal keberangkatan 19-20 April tetap habis
Berikut Tiket Bus Padang-Jakarta yang Masih Tersedia pada 21-23 April 2024
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penumpang angkutan udara yang berangkat dan yang datang dari Bandara Internasional Minangkabau
Puncak Arus Balik di BIM Diprediksi H+5 Lebaran
Polda Sumbar mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik agar selalu taat aturan lalu lintas. Hal ini demi mencegah
Ini Imbauan Polda Sumbar Bagi Masyarakat yang Melakukan Perjalanan Arus Balik
Pemerintah daerah dari sejumlah kabupaten/kota di Sumatra Barat telah mempersiapkan sejumlah destinasi wisata unggulannya di momen libur .
3 Destinasi Wisata Unggulan Menarik di Solok Selatan saat Libur Lebaran, Apa Saja?
Polda Sumbar menekankan pentingnya waspada meninggalkan rumah sebelum mudik, sebagai langkah preventif untuk mencegah tindakan kriminal
Tinggalkan Rumah saat Mudik Lebaran, Ini Langkah Preventif yang Bisa Dilakukan
Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah melakukan pengawasan terhadap produk makanan, minuman dan parsel di pusat perbelanjaan Transmart Padang, Jumat (5/4/2024)
Ramai Warga Belanja Jelang Lebaran, Mahyeldi: Cek Tanggal Kedaluwarsa dan Keutuhan Kemasan