Melayat ke Rumah BJ Habibie, Wagub Sumbar: Selamat Jalan Sang Inspirator

Melayat ke Rumah BJ Habibie, Wagub Sumbar: Selamat Jalan Sang Inspirator

Wagub Sumbar Nasrul Abit ikut melayat ke rumah duka Presiden ke 3 RI, BJ Habibie (ist)

Langgam.id - Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Nasrul Abit dan istrinya melayat ke rumah duka Presiden Indonesia ke 3, BJ Habibie di Jakarta, Kamis, (12/9/2019) pagi. BJ Habibie wafat dalam usia 83 tahun di RSPAD Gatot Soebroto pada pukul 18.05 WIB, Rabu (11/9/2019).

Nasrul mengatakan, BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, hari ini. Lokasinya tepat di sebelah makam sang istri, Ainun Habibie. Upacara pemakaman akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Pemerintah juga mengimbau masyarakat dan lembaga kenegaraan mengibarkan bendera setengah tiang selama 3 hari sebagai penanda hari berkabung nasional.

“Beliau tokoh bangsa yang siap mengabdi apapun yang terjadi di negeri. Kita berharap, beliau diberikan tempat yang layak disisi Allah SWT,” kata Nasrul dalam keterangan tertulisnya.

BJ Habibie telah menjadi tokoh yang membukakan kebebasan demokrasi di Indonesia. Selain itu, BJ Habibie juga menjadi teladan bagi anak bangsa dalam teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan.

“Tadi kita lihat, muka beliau sangat bersih sekali. Beliau meninggalkan begitu banyak kenangan dan karya-karyanya. Bangsa Indonesia sangat kehilangan,” ucapnya.

Nasrul juga menceritakan bagaimana BJ Habibie sejak beliau kembali dari Jerman. Setelah itu membuat pesawat terbang saat Indonesia dilanda krisis. “Beliau dengan cepat bisa mengembalikan perekonomian Indonesia,’ katanya.

Selain itu, semasa menjabat sebagai Presiden ke-3 RI, BJ Habibie mendorong pengesahan Undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang Kebebasan Pers. “Kebebasan pers dimulai oleh pak Habibie, sebelumnya kita menyaksikan tidak ada kebebasan itu,” ucapnya.

“Selamat Jalan Sang Inspirator, karya-karyamu akan menjadi sejarah bagi bangsa Indonesia,” sambungnya. (Rahmadi/RC)

Baca Juga

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan bahwa faktor keluarga dan kepedulian masyarakat berperan sangat penting untuk mengatasi berbagai
Gubernur: Keluarga dan Kepedulian Masyarakat Berperan Atasi Masalah Sosial Kependudukan
Program Studi di Luar Kampus Utama Universitas Negeri Padang (PSDKU UNP) rencananya akan dibuka di Kabupaten Kepulauan Mentawai.
UNP Bakal Buka Prodi PGSD di Mentawai, Gubernur: Sesuai dengan Kebutuhan Daerah
Pemprov Sumbar mengundang perwakilan dari lima kementerian untuk rapat bersama guna membahas sejumlah permasalahan Mentawai
Rumuskan Strategi Percepatan Pembangunan, Pemprov Undang 5 Kementerian ke Mentawai
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menghadiri perayaan HUT ke-21 SMAN 14 Padang yang berlokasi di Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan
HUT ke-21 SMAN 14 Padang, Gubernur: Ini Jadi Ajang Refleksi Untuk Peningkatan Prestasi
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, akan segera menetapkan Tim Verifikasi Tanah terkait Proyek KPBU Fly Over Sitinjau Lauik
Proyek KPBU Fly Over Sitinjau Lauik, Gubernur Akan Segera Tetapkan Tim Verifikasi Tanah
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah membuka iven drama musikal, meresmikan KoTehe Edotel di SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping
Gubernur Sumbar Buka Iven Budaya dan Resmikan KoTehe Edotel SMKN 1 Lubuk Sikaping