Melambung Tinggi, Harga Emas di Padang Capai Rp3,1 Juta

Melambung Tinggi, Harga Emas di Padang Capai Rp3,1 Juta

Emas perhiasan di Toko Mas Murni di Kota Padang. (Foto: Infopublik)

Langgam.id- Bagi pecinta emas di Padang, bersiaplah merogoh kocek lebih dalam. Harga emas di kota ini terus melonjak selama sebulan terakhir, mencapai puncaknya dengan harga Rp3,1 juta per emas untuk emas 24 karat.

Hal ini diungkapkan Riki Nelson, pemilik Toko Emas Berkah di Pasar Nanggalo Kota Padang. Menurutnya, harga emas terus mengalami peningkatan sejak beberapa bulan terakhir.

"Emas 24 karat naik lagi. Sejak awal tahun belum pernah turun. Hari Minggu (21/4) masih Rp2,9 juta, sekarang sudah Rp3,1 juta," ungkap Riki, dikutip dari Infopublik, Rabu (1/5/2024).

Emas perhiasan di Padang umumnya dijual dengan menggunakan takaran 1 emas atau setara berat 2,4 gram.

Kenaikan ini tak hanya terjadi pada emas 24 karat. Emas perhiasan dengan kadar lebih rendah seperti 22 karat pun ikut naik dari Rp480 ribu per gram menjadi Rp500 ribu per gram.

Menurut Riki, kenaikan harga emas ini disebabkan oleh dua faktor utama: perang dan nilai tukar rupiah yang melemah.

"Perang jelas memengaruhi harga emas. Biasanya kenaikan dalam sebulan hanya Rp10 ribu-Rp20 ribu, sekarang Rp100 ribu hanya dalam sepekan bahkan kurang," jelasnya.

Lebih lanjut, Riki mengungkapkan bahwa meskipun Lebaran telah usai, penjualan emas masih terbilang lesu. Konsumen lebih memilih menahan emas mereka daripada menjualnya di tengah harga tinggi.

"Emas kalau sudah naik, susah turunnya. Orang pikir-pikir dulu untuk menjualnya. Kalau terjual, nanti susah membelinya kembali dengan harga yang sama," kata Riki. (*/Fs)

Baca Juga

Kejati Sumbar menetapkan sembilan orang tersangka dugaan korupsi pengadaan alat praktik SMK di Disdik Sumbar. Dalam kasus ini,
Kejati Tetapkan 9 Tersangka Korupsi Pengadaan Alat Praktik SMK di Disdik Sumbar
Fanta 2.0 dan relawan Prabowo Gibran, Gigih Brani 08, menyaluarkan bantuan kebutuhan pokok balita di posko pengungsian di SDN 08 Bukit
Pengungsi Banjir Lahar Dingin di Agam Bertambah Menjadi 709 Orang
Sebanyak 25 unit hunian sementara untuk pengungsi banjir bandang di beberapa kecamatan di Tanah Datar akan dibangun oleh FRPB
25 Unit Hunian Sementara Dibangun untuk Warga Terdampak Banjir Bandang di Tanah Datar
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
Gempa Bumi M3.7 Guncang Bukittinggi
Gempa Bumi M3.7 Guncang Bukittinggi
BNPB Bakal Ledakkan Batuan Material Erupsi Marapi
BNPB Bakal Ledakkan Batuan Material Erupsi Marapi