Malam Tahun Baru 2020, Begini Rekayasa Lalu Lintas di Padang

Peta rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan di Kota Padang saat pergantian malam tahun baru 2020. (Sumber: Satlantas Polresta Padang)

Peta rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan di Kota Padang saat pergantian malam tahun baru 2020. (Sumber: Satlantas Polresta Padang)

Langgam.id - Kepolisian Resor (Polres) Kota Padang mempersiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan kendaraan saat malam pergantian tahun di Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar).

Salah satu kawasan atensi adalah sepanjang objek wisata Pantai Padang di Jalan Samudera yang diprediksi menjadi titik kumpul masyarakat saat malam tahun. Sebab hal ini nyaris terjadi di setiap pergantian tahun, meski Pemerintah Kota Padang kerap mengimbau agar masyarakat tidak merayakan tahun baru.

"Tahun-tahun sebelumnya, kawasan pantai adalah titik tingginya mobilitas masyarakat. Untuk menjaga kelancaran arus maka kami siapkan rekayasa lalu lintas," ujar Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya, Jumat (27/12/2019).

Rekayasa lalu lintas akan dilakukan adalah memberlakukan jalur satu arah di sepanjang objek wisata Pantai Padang yang dimulai pada pukul 22.00 WIB. akses menuju Jalan Samudera hanya bisa lewat Simpang Pujasera saja.

Sementara sebelum pukul 22.00 WIB, masyarakat masih bisa masuk ke Jalan Samudera melalui Simpang Olo Ladang, Hangtuah, dan Pujasera. Sedangkan Simpang Polsek Padang Barat atau pol NPM yang biasanya dilalui masyarakat menuju ke kawasan pantai akan ditutup sejak pukul 19.00 WIB.

"Mulai pukul 22.00 WIB akses ke Jalan Samudera hanya bisa dilakukan via Simpang Pujasera, kemudian Jalan Samudera menjadi satu arah menuju utara yaitu di Pol NPM," katanya.

Selain mempunyai fokus pada kawasan pantai, pada malam tahun baru pihak kepolisian juga mengantisipasi kepadatan arus di dalam kota. Para personel lalu lintas akan disiapkan untuk mengurai kepadatan kendaraan.

"Kami menempatkan personel pada simpang-simpang yang padat keramaian untuk mengantisipasi kepadatan dan kemacetan. Malam tahun baru nanti setidaknya 750 personel kami kerahkan," ujarnya.

Asril mengimbau masyarakat yang berkendara dapat mematuhi aturan lalu lintas. Sehingga hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat merugikan pengendara tak terjadi. (Irwanda/ICA)

Baca Juga

Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Komandan Korem (Danrem) 032 Wirabraja, Brigjen TNI Rayen Obersyl
Prajurit Yonif 133/YS Padang Gugur Diserang KKB di Papua, Jenazah Tiba di Bandara Minangkabau Malam Ini
Balaikota Padang Kini Punya KPN Mart
Balaikota Padang Kini Punya KPN Mart
Pemko Padang menerima dana insentif fiskal kinerja tahun 2023 kategori penghapusan kemiskinan ekstrem dari pemerintah pusat Rp5,3 miliar
Padang Terima Insentif Fiskal Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Rp5,3 M
Padang merupakan salah satu kota di Sumatra Barat yang memiliki beragam objek wisata alam. Mulai dari pantai, pulau-pulau, air terjun
5 Air Terjun Cantik di Padang, Sudah Pernah ke Sana?