Majukan Warisan Budaya, Sumbar Gelar Festival Kuliner 2022

majukan-warisan-budaya-sumbar-gelar-festival-kuliner-2022

Pembukaan Festival Kuliner Sumbar 2022 di Auditorium Gubernuran Sumbar, Rabu (9/3/2022). [Foto: Patrisia]

Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Majukan Warisan Budaya, Sumbar Gelar Festival Kuliner 2022.

Langgam.id - Kepala Dinas Kebudayaan Sumatra Barat (Sumbar) Syaifullah membuka Festival Kuliner Sumbar 2022 di Auditorium Gubernuran Sumbar, Rabu (9/3/2022). Acara bertujuan untuk memajukan warisan budaya kuliner di Sumbar.

Syaifullah mengatakan dirinya mengapreasiasi dan mendukung penuh kegiatan Festival Kuliner Sumbar 2022. Acara digelar oleh Pemprov, PT Pos Indonesia, dan sejumlah komunitas. Festival ini merupakan upaya memajukan warisan budaya.

"Kami harap festival kuliner ini tidak berhenti hanya pada saat acara saja. Kami akan adakan pembinaan-pembinaan untuk para pelaku UMKM supaya dapat berkembang menjadi lebih baik lagi," katanya.

Festival ini bertujuan untuk melestarikan kuliner otentik Minangkabau dan mendorong kreativitas UMKM yang ada di Sumbar.

Ketua pelaksana festival Wudi Hamdani mengatakan, festival ini bertujuan untuk mendongkrak perekonomian Sumbar, apalagi di masa pandemi Covid-19.

"Kemudian meningkatkan dan mendorong kreasikan serta kreatifitas para pegiat UMKM di Sumbar," katanya.

Terdapat beberapa rangkaian acara dalam Festival Kuliner Sumbar 2022 yang akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan.

"Kita akan melombakan empat produk khas Minang. Di antaranya bumbu rendang, lompong sagu, katan sarikayo, dan keripik balado," katanya.

Wudi menjelaskan, pendaftaran dibuka gratis dan dibuka mulai tanggal 10 - 18 Maret secara offline di Pos Indonesia, dan online di website Festival kuliner Sumbar 2022. Kemudian peserta yang mendaftar akan diseleksi hingga terpilih lima pemenang dari masing-masing kategori.

"Lima pemenang yang terpilih akan bersaing di even besar atau dipuncak acara pada 30 Maret mendatang. Mereka akan live demo masak atau secara langsung proses pembuatan dari empat produk tersebut," katanya.

Pada acara puncaknya juga akan diundang peserta dari kabupaten kota se-Sumbar untuk menghadirkan kuliner khas terbaik masing-masing daerahnya. Tidak hanya itu, pihaknya juga ada mengadakan perlombaan foto dan video untuk mempromosikan masakan khas Sumbar.

Dia berharap langkah awal yang dicanangkan sekarang bisa menjadi agenda tahunan, apalagi pemerintah sangat mendukung adanya festival kuliner khas Minang ini.

Baca juga: Festival Kolaborasi Piaman Pekanbaru Diapresiasi Gubernur Sumbar

"Kita tahu Sumbar, pariwisata dan kuliner sangat menonjol. Wisatawan datang ke Sumbar, karena alam budaya dan sejarahnya, dan karena kulinernya. Makanya pemerintah mendukung penuh," ujarnya.

Dapatkan update berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Majukan Kebudayaan Dharmasraya dengan Festival Tari dan Kuliner
Majukan Kebudayaan Dharmasraya dengan Festival Tari dan Kuliner
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Permasalahan baru yang menimpa umat Islam yakni terkait daftar nama-nama ustadz kondang yang terdaftar dalam jaringan radikalisme.
Universitas Muhammadiyah Sumbar Luncurkan Beasiswa Peduli Bencana
Langgam.id - Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman mengungkapkan keinginannya terkait pengelolaan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau.
Mantan Anggota DPR RI Taslim Soroti Keramba Jaring Apung yang Rusak Keindahan Danau Maninjau
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Wajah Gelap Homo Digitalis
Wajah Gelap Homo Digitalis