Mahyeldi Ingatkan Pentingnya Peningkatan Kompetensi Angkatan Kerja di Sumbar

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan bahwa pentingnya peningkatan kompetensi angkatan kerja Sumbar sebelum memasuki dunia

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah membuka kegiatan Vocational School Graduate Academy (VSGA) Tahun 2024 di Aula Lantai II Universitas Metamedia. [foto: Pemprov Sumbar]

InfoLanggam - Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan bahwa pentingnya peningkatan kompetensi angkatan kerja Sumbar sebelum memasuki dunia kerja.

Hal itu disampaikan Gubernur saat membuka gelaran Vocational School Graduate Academy (VSGA) Tahun 2024 di Aula Lantai II Universitas Metamedia, Kota Padang, Senin (19/2/2024).

"Tentu kegiatan ini sangat penting bagi tamatan SMK/D1/D3/D4 bidang Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) di Sumbar, dalam meningkatkan daya saing di tengah era revolusi industri. Kita berharap program VSGA khusus bagi alumni ini dapat memenuhi kompetensi peserta, sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia," ujar Mahyeldi.

Kegiatan itu sendiri digelar atas inisiasi (BBPSDMP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI, bekerja sama dengan Diskominfotik Sumbar dan Universitas Metamedia.

Pada kesempatan itu, Mahyeldi mengharapkan agar kegiatan serupa bisa lebih sering digelar di Sumbar.

"Semoga ke depan kegiatan semacam ini lebih banyak dilakukan, demi memberikan sarana pelatihan yang lebih baik kepada adik-adik kita dalam memenuhi kebutuhan tenaga terampil di dunia kerja, khususnya di bidang teknologi," bebernya.

Kepala BBSDMP Kemkominfo RI, Christiany Juditha mengatakan bahwa program VSGA sudah digelar sejak tahun 2018. Kegiatan ini merupakan salah satu program prioritas dari Kementerian Kominfo RI yang bertujuan untuk pengembangan keterampilan digital.

"Selain di Sumbar, kegiatan serupa juga digelar di Aceh, Sumatra Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Bangka Belitung," ucapnya.

Ia mengatakan, bahwa untuk kegiatan VSGS hari ini, pihaknya melaksanakan di Provinsi Sumbar dengan diikuti oleh 100 peserta selama lima hari. Mulai tanggal 19 hingga 23 Februari 2024 nanti.

"Kita berharap para peserta mendapatkan ilmu, teori, dan praktek, sehingga layak untuk mendapatkan sertifikasi," ujar Christiany. (*/yki)

Baca Juga

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah OPD Pemprov Sumatra Barat usai libur Lebaran 1445
Pascalibur Lebaran, Tingkat Kehadiran Pegawai Pemprov Sumbar 98 Persen
Gubernur Sumbar Apresiasi Kemenhub Sediakan Mudik Gratis Bagi Perantau Minang
Gubernur Sumbar Apresiasi Kemenhub Sediakan Mudik Gratis Bagi Perantau Minang
Penanganan Lahar Dingin Marapi, Pemprov Fokus Lakukan Pengerukan Sedimen Material Erupsi
Penanganan Lahar Dingin Marapi, Pemprov Fokus Lakukan Pengerukan Sedimen Material Erupsi
Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah melakukan pengawasan terhadap produk makanan, minuman dan parsel di pusat perbelanjaan Transmart Padang, Jumat (5/4/2024)
Ramai Warga Belanja Jelang Lebaran, Mahyeldi: Cek Tanggal Kedaluwarsa dan Keutuhan Kemasan
dprd jalan
Pemprov Sumbar Alokasikan Rp137 Miliar Perbaiki Jalan Rusak di Tanah Datar
Gubernur Sumatra Barat mengeluarkan pengumuman terkait pengaturan lalu lintas jalan selama arus mudik dan arus balik angkutan lebaran tahun
Pembatasan Angkutan Barang saat Mudik Lebaran Berlaku di 2 Ruas Jalan di Sumbar