Mahasiswa Departemen TPB Fateta Unand Lakukan Field Trip ke PT. Arara Abadi dan PT. Indah Kiat Pulp & Paper

PalantaLanggam - Para mahasiswa Departemen TPB Fateta Unand melaksanakan kunjungan lapangan ke PT. Arara Abadi dan PT. Indah Kiat Pulp & Paper sebagai salah satu bentuk penerapan kebijakan Kampus Merdeka.

Kebijakan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan fleksibel di sekitar kampus, termasuk melalui kunjungan industri dan kegiatan field trip. Dalam konteks ini, mahasiswa dari Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Fateta Unand mengunjungi tiga perusahaan, yaitu PT. Arara Abadi, PT. Indah Kiat Pulp & Paper, dan PTPN V, yang berlokasi di Kecamatan Tualang, Perawang, Kabupaten Siak, Pekanbaru Riau, mulai dari Senin (16/10) hingga Kamis (19/10) minggu lalu.

Kunjungan pertama, pada Senin (16/10), mengarah ke PT. Arara Abadi dan PT. Indah Kiat Pulp & Paper di Kecamatan Tualang, Perawang, Kabupaten Siak. Sebanyak 65 mahasiswa dari Angkatan 2020 bersama beberapa dosen turut serta dalam kegiatan field trip ini.

Kunjungan mahasiswa dan dosen Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Universitas Andalas disambut dengan baik oleh PT. Indah Kiat Pulp & Paper. Para mahasiswa diberikan wawasan tentang proses mekanisasi pembuatan kertas, mulai dari pemotongan kayu hingga menjadi produk kertas jadi. Keseluruhan proses yang mereka saksikan di pabrik pengolahan bubur kertas dan kertas ini sejalan dengan teori yang telah mereka pelajari di kampus.

Selanjutnya, mereka mengunjungi PT. Arara Abadi yang juga menyambut kunjungan dengan baik. Para mahasiswa diberikan wawasan tentang laboratorium di RnD (Research and Development), termasuk laboratorium tanah, perlindungan tanaman, pemuliaan predator hama, dan mereka juga mengunjungi pembibitan tanaman hutan di RnD. Mahasiswa berkesempatan untuk melihat proses pembibitan mulai dari awal hingga akhir, serta bagaimana irigasi dilakukan.

Kepala BPPM (Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat), Dedy, merespons positif kedatangan mahasiswa TPB Unand dan berharap para mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman berharga dari kunjungan ini. Dedy juga mengungkapkan harapannya bahwa kerjasama ini dapat berlanjut setiap tahun dengan Departemen TPB Unand.

Lokasi terakhir yang dikunjungi di PT Arara Abadi adalah Arboretum, di mana mahasiswa dapat melihat upaya pelestarian tanaman hutan untuk menjaga keseimbangan ekosistem di kawasan Hutan Tanaman Industri. Di sana, mereka juga dapat melihat penangkaran dan pelatihan gajah yang dipelihara dan akan ditampilkan dalam atraksi saat ada tamu yang berkunjung.

Tag:

Baca Juga

Menyorot Fenomena Korean Wave di Indonesia
Menyorot Fenomena Korean Wave di Indonesia
Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri
Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri
Halal Bihalal Bersama Anak Panti Asuhan, Ketua LK2S Ny. Genny Apresiasi DWP Dinsos Padang
Halal Bihalal Bersama Anak Panti Asuhan, Ketua LK2S Ny. Genny Apresiasi DWP Dinsos Padang
Jabatan Gusti Chandra sebagai Direktur Kredit dan Syariah merangkap tugas Pjs Direktur Utama (Dirut) dan seluruh Direksi Bank Nagari,
Bank Nagari Klaim Selama Libur Lebaran Layanan Perbankan Berjalan Baik dan Lancar
Amazing Grace Production dan Yayasan Rumah Film Indonesia (YARFI) bekerja sama dengan BNN RI sedang mempromosikan film baru
Film Start Up Never Give Up Segera Tayang di Bioskop, Ricky Yanuarfi: Mantan Pecandu Berpeluang Sukses
Inspeksi Pascalebaran, Bupati Dharmasraya Temukan Kendaraan Dinas Tak Layak Jalan
Inspeksi Pascalebaran, Bupati Dharmasraya Temukan Kendaraan Dinas Tak Layak Jalan