Macet di Jalan Utama Pessel, Wisata Penyanggah Pilihan Perantau Nikmati Lebaran

macet-di-jalan-utama-pessel-wisata-penyanggah-pilihan-perantau-nikmati-lebaran

Pengunjung mengabadikan kebersamaan di Pantai Family saat Lebaran 2022. [Foto: Dok. Febri Yola]

Berita Pesisir Selatan - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Macet di Jalan Utama Pessel, Wisata Penyanggah Pilihan Perantau Nikmati Lebaran

Langgam.id - Macet terjadi di ruas jalan utama Pesisir Selatan selama libur Lebaran 2022. Sebagian perantau lebih memilih wisata penyanggah yang baru muncul ketimbang destinasi utama seperti Pantai Carocok atau Kawasan Mandeh.

Memang, akhir-akhir ini bermunculan wisata-wisata penyanggah di Pesisir Selatan. Tempat wisata itu dikelola oleh kelompok pemuda, kelompok nagari dan kelompok sadar wisata.

Seperti di Kecamatan Sutera, ada Pantai Alai, Pantai Penyu, Buayo Putiah dan lainnya. Di Kecamatan Lengayang terdapat Pantai Kasiak Putiah, di Kecamatan Batang Kapas terdapat Pantai Suta (Sungai Tawa). Di Air Haji Kecamatan Linggo Sari Baganti, Pantai Family juga menjadi favorit perantau asal Pesisir Selatan.

"Kalau pergi ke Carocok, habis waktu kita di atas mobil saja. Macet," kata salah seorang perantau asal Sutera yang merantau di Jakarta Fitri Maya, 34 yang datang ke Pantai Alai bersama dua anaknya.

Menurutnya, Pantai Alai tidak kalah indah dibandingkan destinasi unggulan di Negeri Sejuta Pesona itu seperti Pantai Carocok atau Mandeh. Selain membuat pengunjung nyaman, Pantai Alai juga memiliki ragam rekreasi terlebih tanpa pungutan untuk masuk lokasi.

Kelebihan wisata penyanggah, kata pengunjung, harga makanan dan sewa wahana tidak mahal. "Kalau bawa anak-anak, lebih nyaman di sini saja," kata pegunjung lain, Sri Wahyuni.

Meski begitu, kunjungan wisatawan ke Pantai Carocok juga sangat ramai. Pantauan Langgam.id, akses dari jalan utama menuju kawasan Pantai Carocok sempat macet pada sore hari.

Jalanan juga terpantau macet di jalan-jalan utama seperti di Pasar Surantih Kecamatan Sutera dan Kecamatan Batang Kapas.

Baca juga: H+5 Lebaran, Kepadatan di Kota Bukittinggi Mulai Berkurang

Selama Lebaran, hujan sedang hingga lebat juga sering melanda Pesisir Selatan. Hal ini menjadi alasan lain wisata penyanggah menjadi alternatif liburan selama Lebaran 2022.

Dapatkan update berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Nasdem
DPR RI Dapil Sumbar I: Sengit Perebutan Kursi Kedua Nasdem
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Prof Amir Syarifuddin
Mengenang Prof Amir Syarifuddin: Berawal dari Guru Agama dan Berakhir Juga sebagai Guru Agama
Anggota DPR RI Guspardi Gaus
Pemerintah Buka 2,3 Juta Lowongan CPNS 2024, Guspardi Gaus: Kesempatan Besar Bagi Fresh Graduate dan Honorer
Kunjungan wisman ke Sumatra Barat (Sumbar) melalui Bandara Internasional Minangkabau pada April 2023 mencapai 4.100 kunjungan.
Bandara Minangkabau Kembali Beroperasi Setelah Sempat Ditutup Akibat Erupsi Gunung Marapi
Masa siaga darurat penanganan dampak erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 25 Februari mendatang.
Penutupan Bandara Minangkabau Diperpanjang Akibat Erupsi Gunung Marapi