Lolos SNMPTN, Peserta Tak Bisa Ikut UTBK SBMPTN dan Mandiri

Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Masa pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022 diperpanjang hingga 16 April.

Ilustrasi. [foto: canva.com]

Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Peserta yang sudah lolos SNMPTN tidak bisa mengikuti UTBK SBMPTN dan seleksi mandiri.

Langgam.id - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mochamad Ashari mengatakan, bahwa bagi peserta yang sudah lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2022, tidak bisa mengikuti jalur berikutnya yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

"Secara sistem, bagi yang sudah diterima di SNMPTN, itu tidak akan bisa mendaftar UTBK, tidak bisa ikut tes," ujar Ashari dikutip dari kanal YouTube LTMPT Official, Rabu (30/3/2022).

Ashari mengungkapkan bahwa Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) itu basisnya tes atau UTBK.

"SBMPTN itu penerimaannya didasarkan atas hasil tes, kalau SNMPTN dasarnya adalah prestasi rapor akademik dan non akademik," ucapnya.

"Nah, bagi yang sudah diterima di SNMPTN, itu secara sistem dikunci tidak bisa mengikuti UTBK, praktis ia tidak akan ikut SBMPTN," tegasnya.

Tidak hanya SBMPTN, peserta yang sudah lolos SNMPTN terangnya, juga tida bisa mengikuti seleksi mandiri. Kecuali perguruan tinggi yang tidak menggunakan UTBK.

"Di beberapa perguruan tinggi melakukan seleksi mandiri itu mengambil nilai dari UTBK. Tidak ada nilai UTBK, maka praktis tidak bisa ikut program mandiri. Tapi jika ada perguruan tinggi yang mandirinya tidak menggunakan UTBK, bisa," bebernya.

Terkait apakah ada sanksi bagi sekolah jika ada siswanya yang lolos SNMPTN tidak melakukan pendaftaran, menurutnya itu bukan kebijakan LTMPT.

Namun ungkap Ashari, ada kemungkinan perguruan tinggi memberikan sanksi. Sebab, perguruan tinggi akan kerepotan mencari yang kosong, sehingga ada perguruan tinggi yang melakukan sanksi.

"Tapi tidak semuanya, itu kebijakan masing-masing perguruan tinggi," tuturnya.

Baca juga: UNP Peringkat 5 PTN Penerima Mahasiswa Terbanyak Jalur SNMPTN 2022

Diketahui, ada sebanyak 120.643 peserta yang dinyatakan lolos SNMPTN 2022. Rinciannya, diterima pilihan 1 ada 109.276, diterima pilihan 2 ada 11.367 dan diterima pelamar dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah 35.570.

Dapatkan update berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Muhammad Nasir
Antara Yang Sekarang dan Yang akan Datang (Catatan Diskusi Zelfeni Wimra dan Fajar R. Vesky)
M. FAJAR RILLAH VESKY
"Kerbau Punya Susu, Sapi Punya Nama"(Jawaban Mengapa Kabupaten Limapuluh Kota Tidak Memiliki Perguruan Tinggi?)
Mencermati analisis Statistik Pendidikan Indonesia yang diluncurkan Badan Pusat Statistik pada 2023 lalu, terutama jenjang perguruan tinggi.
Mengapa Kabupaten Limapuluh Kota Tidak Memiliki Perguruan Tinggi?
Sebanyak lebih dari 21 ribu calon mahasiswa baru mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa
Dimulai Hari Ini, 21 Ribu Calon Mahasiswa Baru Ikuti UTBK-SNBT di UNP
Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Negeri Padang (UNP) masuk 10 kampus terbaik di Sumatra versi Webometrics 2024.
Berikut 10 Kampus Terbaik di Sumatra Versi Webometrics 2024, Dua Ada di Sumbar
Dua perguruan tinggi negeri di Sumatra Barat (Sumbar) masuk dalam 20 besar dengan jumlah pendaftar terbanyak UTBK SNBT 2023. Yaitu,
2 PTN di Sumbar Masuk 20 Besar dengan Pendaftar Terbanyak di SNBT 2023