Lepas 248 JCH Asal Dharmasraya, Bupati Sutan Riska: Jaga Kesehatan

Bupati Dharmasraya, Sutan Riskan Tuanku Kerajaan melepas sebanyak 248 jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Dharmasraya untuk melaksanakan

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersalaman bersalaman dengan salah seorang JCH asal Dharmasraya. [foto: Pemkab Dharmasraya]

InfoLanggam - Bupati Dharmasraya, Sutan Riskan Tuanku Kerajaan melepas sebanyak 248 jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Dharmasraya untuk melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci.

Acara pelepasan ini dilaksanakan di Masjid Agung Dharmasraya, Selasa, (21/5/2024). Kegiatan ini turut dihadiri oleh unsur Forkopimda, Sekda Dharmasraya, Adlisman, dan Kakan Kemenag Dharmasraya, Okto Verisman.

"Alhamdulillah semua jemaah dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Semua calon jemaah haji asal Dharmasraya ini tergabung dalam kloter 9, menuju Kota Padang dengan 8 bus yang akan nantinya masuk asrama. Kemudian akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah dari Bandara Internasional Minang Kabau (BIM), Padang Pariaman pada tanggal 22 Mei 2024," ujar Sutan Riska.

Ia mengungkapkan bahwa perjalanan haji pada hakekatnya merupakan perjalanan suci yang semua rangkaian kegiatannya adalah merupakan ibadah oleh Allah.

Oleh karena itu sudah sepantasnyalah JCH asal Kabupaten Dharmasraya yang akan berangkat pada tahun ini, untuk dapat bersyukur. Karena diberikan kemampuan dan kesempatan untuk beribadah di Tanah Suci, hendaknya saling bahu membahu sesama jamaah.

"Nantinya jamaah yang muda kuat fisiknya, hendaknya membantu yang sudah berumur atau usia lanjut selama perjalanan. Kita semua mengetahui, bahwa banyak di antara saudara kita yang mungkin punya kemampuan baik secara fisik maupun ekonomi untuk melaksanakan ibadah haji," bebernya

Namun belum diberikan kesempatan oleh Allah, ataupun yang punya kesempatan untuk pergi. Tapi belum memiliki kemampuan di segi ekonomi maupun fisik. Ada juga orang yang secara financial termasuk orang yang sederhana dan biasa-biasa saja bisa untuk melaksanakan ibadah haji.

"Untuk itu, bagi yang memiliki kesempatan tahun ini merupakan orang-orang pilihan dari sekian ribu jamaah calon haji yang ada,” jelas Bupati.

Apalagi terangnya, di dalam rombongan jamaah haji Dharmasraya ini terdapat sebanyak 49 PNS yang bekerja di lingkup Pemerintahan Dharmasraya.

Bupati mengingatkan agar JCH untuk selalu menjaga kesehatan. Sebab suhu dan cuaca di sana berbeda jauh dengan kondisi di tanah air Indonesia, yang penting perbanyak makan buah.

"Saya mengimbau kepada bapak dan ibu jamaah calon haji Kabupaten Dharmasraya. Untuk dapat menjaga kesehatan sebelum keberangkatan maupun pada saat pelaksanaan dan kembali ke Tanah Air nantinya. Sehingga dapat mengikuti rangkaian pelaksanaan ibadah haji di tanah suci dengan khusuk”, harap Bupati lagi.

Dari jumlah 248 orang JCH Dharmasraya tersebut dengan rincian terdiri 113 orang laki-laki, dan 135 orang perempuan.

Tertua umur 84 tahun bernama Lutan Abu Kasim dari Kecamatan Koto Baru. Dan termuda 18 tahun bernama Siti Khadijah dari Ampang Kuranji, yang berangkat bersama kedua orang tuanya. (*)

Baca Juga

Posyandu Intan Sari di Jorong Sungai Kemuning, Nagari Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya dinilai tim dari Provinsi Sumatra Barat
Posyandu Intan Sari Nagari Sungai Rumbai Dharmasraya Dinilai Tim Provinsi
Masjid Agung Dharmasraya dipadati ribuan jemaah untuk melaksanakan Salat Idul Adha 1445 Hijriyah pada Senin (17/6/2024).
Ribuan Jemaah Ikuti Salat Idul Adha di Masjid Agung Dharmasraya
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memberikan jawaban atas pandangan umum yang disampaikan oleh anggota DPRD
Bupati Dharmasraya Sampaikan Jawaban Terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023
Dinas Pendidikan Dharmasraya melaksanakan kegiatan Workshop Penulisan Buku Ajar Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Minangkabau jenjang PAUD,
Disdik Dharmasraya Gelar Workshop Penulisan Buku Ajar Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Minangkabau
Dinas Pendidikan Dharmasraya menggelar Workshop Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data Bagi Kepala SD dan SMP. Kegiatan ini
Disdik Dharmasraya Gelar Workshop Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data
Dinas Pendidikan Dharmasraya menggelar rapat koordinasi dengan IGTKI dan HIMPAUDI se-Kabupaten Dharmasraya pada Rabu (22/5/2024)
Disdik Dharmasraya Gelar Rapat Koordinasi dengan IGTKI dan HIMPAUDI