Lemas Saat Berpuasa? Ini 4 Tips Ampuh Jaga Tubuh dari Kepala Dinkes Padang

Lemas Saat Berpuasa? Ini 4 Tips Ampuh Jaga Tubuh dari Kepala Dinkes Padang

Sayur dan kacang-kacangan menjadi menu wajib saat sahur dan berbuka (pixabay)

Langgam.id - Bulan Ramadan kadang dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Banyak juga yang mengeluh letih bekerja lantaran menahan haus dan minum.

Padahal, jika setiap orang yang berpuasa menjaga dan memperhatikan pola makan dan minum selama berbuka dan sahur, puasa dijamin tidak sedikit pun mengganggu aktivitas.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani Hamid mengatakan, ada 4 hal yang perlu diperhatikan selama berpuasa. Jika hal tersebut dikonsumsi dengan baik, dijamin tubuh kuat selama berpuasa.

Pertama, setiap orang yang berpuasa memerlukan makanan yang mengandung karbohidrat. Sebab, tubuh butuh karbohidrat untuk membuat glukosa yang menjadi sumber energi utama tubuh. Glukosa adalah sejenis zat gula yang digunakan sebagai energi atau disimpan agar bisa digunakan nantinya.

"Karbohidrat ada dalam nasi, pasta dan roti. Sebaiknya, konsumsi karbohidrat saat sahur. Agar manfaat energinya terasa saat puasa dan tubuh tidak gampang lemas," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani Hamid, Selasa (7/5/2019).

Selanjutnya, tubuh memerlukan cairan yang cukup. Saat berbuka dan sahur, tubuh membutuhkan minuman. Seperti air, susu, jus, teh atau yang dapat memberikan hidrasi tanpa kalori berlebih. Namun, dari semua minuman, paling wajib adalah air mineral atau air putih.

Menurutnya, tubuh menggunakan air di semua sel, organ, dan jaringan. Jika tubuh kehilangan air melalui pernapasan, berkeringat, dan pencernaan, sangat penting untuk menghidrasinya lagi dengan meminum cairan dan mengonsumsi makanan yang mengandung air.

"Paling tidak, 5 gelas air saat berbuka dan 5 gelar air saat sahur," katanya.

Ketiga, tubuh juga perlu diberi sayur dan kacang-kacangan. Kedua jenis ini menjadi sumber makanan wajib saat berpuasa. Sebab, demua sayur dan kacang-kacangan memberikan kombinasi dari serat larut dan tidak larut.

"Serat membantu menjaga usus bekerja dengan baik dan memperlambat penguraian makanan menjadi glukosa dalam darah. Serat larut juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah," katanya.

Terakhir, tubuh perlu mengkonsumsi buah-buahan. Misalnya kurma bisa menjadi hidangan legendaris yang bisa dimakan saat berbuka. Kandungan gula di dalam kurma baik untuk memicu energi tubuh. "Alpukat, jeruk dan timun suri juga baik untuk tubuh," katanya. (*/RC)

Baca Juga

30 Susunan Menu Masakan Padang untuk Berbuka Puasa
30 Susunan Menu Masakan Padang untuk Berbuka Puasa
Tubuh memerlukan energi yang cukup agar bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan optimal selama berpuasa. Oleh karena itu, penting bagi
Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma dan Air Kelapa
es tebak
Segarnya Es Tebak, Pelepas Dahaga Saat Berbuka Puasa
Bakal Berpisah di Pilgub Sumbar 2024, Mahyeldi Sebut Hubungan dengan Audy Tetap Harmonis
Bakal Berpisah di Pilgub Sumbar 2024, Mahyeldi Sebut Hubungan dengan Audy Tetap Harmonis
Kabupaten Tanah Datar akan mendapatkan alokasi sebanyak 40 sabo dam dari 56 sabo dam yang bakal dibangun pemerintah pusat di Sumbar
3 Aliran Sungai di Tanah Datar Bakal Dibangun Sabo Dam pada September 2024
Penjelasan Kemenag Soal Tambahan Kuota Haji
Penjelasan Kemenag Soal Tambahan Kuota Haji