Langkah Pemko Payakumbuh Antisipasi Penyebaran Covid-19

Pemko dan Forkopimda Payakumbuh Dirikan Posko Tanggap Darurat Virus Corona

Gerakan cegah virus corona di Payakumbuh. (Foto: payakumbuhkota.go.id)

Langgam.id - Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh menjalankan sejumlah langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). Pemko sudah membentuk tim khusus penanganan Covid-19 bersama TNI dan Polri.

Sekretaris Daerah Rida Ananda mengatakan langkah yang dilakukan Pemko dengan membentuk gugus tugas sesuai Kepres Nomor 7 tahun 2020. “Malahan kita sudah membentuk tim tanggap sebelum kepres itu keluar. Kita menyesuaikan kembali dengan membentuk tim gugus tugas yang diketuai oleh sekda,” kata Rida Ananda, sebagaimana dirilis situs resmi Pemko, Rabu (18/3/2020).

Menurutnya, mulai Rabu, ada posko pengaduan Corona di Mal Pelayanan Publik (MPP) Payakumbuh. Ada petugas kesehatan yang standby untuk memberikan pelayanan.

Kemudian, Sekda juga meminta dinas kesehatan memesan alat pengetes suhu tubuh atau Thermo Gun yang kabarnya saat ini mulai hilang dari pasatan.

“Kita mencoba minta bantuan untuk itu ke kementerian, sehingga nanti ditempat umum kita bisa dipakai alat ini, semoga cepat terealisasi,” kata Sekda.

Sementara itu, di kantor-kantor Pemko juga menyediakan hand sanitizer atau pembersih tangan di MPP yang bisa dimanfaatkan masyarakat atau petugas usai berkontak di dalam pelayanan. Pemko saat ini tengah menyiapkan nomor telepon khusus atau call center yang bisa dihubungi lewat WA agar masyarakat bisa mendapatkan informasi jelas tentang Virus Corona ini.

Untuk ASN sendiri, sekarang sudah tidak ambil absen dengan mesin fingerprint, karena di situ dapat menjadi wadah penularan Virus Corona melalui sentuhan.

“Bahkan apel pagi ditiadakan, kita berusaha menghindari aktifitas keramaian,” kata Sekda.

Sebelumnya, bersama Polres, Pemko juga menggelar pembersihan pusat pertokoan dan pasar tradisional. (*/SS)

Tag:

Baca Juga

Team Miminku dan Rudi Maulana
Agensi Digital Marketing Miminku.id Pertama di Sumatera, Inovasi Pemberdayaan Perempuan Asal Payakumbuh
Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh, Joben mengatakan, pada Idul Adha 1444 H ini, ada total 1.564 ekor hewan kurban yang akan disembelih
Pemko Payakumbuh Gelar Salat Idulfitri 1445 H di Halaman Balai Kota
Ketua DPRD Sumbar Supardi mengajak masyarakat untuk menghindari berbagai jenis sogokan dalam pemilihan calon kepala daerah. Menurutnya Kota
Ketua DPRD Sumbar Ajak Warga Payakumbuh Bijak dalam Menentukan Sikap dalam Pilkada
Belatung Menggeliat pada Tumpukan Sampah di Padang Kaduduk Payakumbuh
Belatung Menggeliat pada Tumpukan Sampah di Padang Kaduduk Payakumbuh
Jalan Payakumbuh menuju Pekanbaru menuju Pangkalan ditutup pada Selasa Penutupan ini dilakukan karena ada bencana longsor dan banjir.
Jalan Payakumbuh ke Pekanbaru Menuju Pangkalan Ditutup, Arus Lalin Dialihkan via Lintau
Ekspo SMK 2024 dan Sinergi Pengembangan Pariwisata Payakumbuh
Ekspo SMK 2024 dan Sinergi Pengembangan Pariwisata Payakumbuh