Lagi, Warga Gembok SMA di Padang, Kepala Disdik Sumbar: Biasa Itu

Warga menggembok gerbang SMAN 9 Padang. (Foto: Rahmadi)

Warga menggembok gerbang SMAN 9 Padang. (Foto: Rahmadi)

Langgam.id - Aksi protes soal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA di Sumatera Barat (Sumbar) masih terjadi. Kali ini, giliran SMAN 9 Padang yang berada di Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Kota Padang, digembok warga.

Warga mengatasnamakan masyarakat Pauh itu mengembok pagar sekolah pada Jumat (17/7/2020). Pihak kepolisian dan Bhabinkamtibmas berjaga di lokasi tersebut. Warga menuntut anak-anak mereka bisa bersekolah di SMA negeri tersebut.

Baca juga: Anak Tak Lulus PPDB 2020, Puluhan Orang Tua Gembok Gerbang SMAN 5 Padang

Warga menyampaikan aspirasinya dengan tulisan yang dipajang dengan di pagar sekolah. Di antaranya, "Kepada Yth Kepala Dinas Pendidikan Prov Sumbar dan Kepala Sekolah SMAN 9 Padang, agar dapat menerima anak kemenakan kami untuk dapat bersekolah di SMU ini -
Pesan dari leluhur kami".

Kepala SMAN 9 Padang Yuni Era mengatakan, pihaknya sedang melakukan audiensi bersama warga. "Ini kita sedang bermusyawarah, kita akan selesaikan masalahnya," katanya saat dihubungi melalui telepon seluler.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri mengatakan, warga menuntut agar anak-anaknya diterima bersekolah di sana. Namun, bagaimana pun pendaftaran siswa menurutnya, telah dilakukan sesuai aturan yang ada.

"Biasa itu, tahun kemarin juga ada. Katanya iya warga sekitar, tapi berdasarkan informasi dari sekolah banyak yang jaraknya jauh-jauh," katanya.

Protes tidak hanya terjadi di SMAN 9, sebelumnya juga terjadi di SMAN 5 Padang. Menurutnya, tidak mungkin sekolah akan menampung semua permintaan warga, sebab daya tampung sekolah juga terbatas.

Pihaknya akan menjelaskan ke masyarakat semua peraturan terkait PPDB. Sebelumnya, juga ada yang protes, tetapi saat dijelaskan akhirnya menerima. (Rahmadi/ICA)

 

Baca Juga

Ketua DPP PPP Bidang Politik dan Pemerintahan, Audy Joinaldy mengantarkan bakal calon legislatif (bacaleg) partainya ke KPU Sumbar
Jelang Pilkada 2024, Audy Joinaldy Mundur dari PPP
Cukup mengagetkan bagi publik Sumatera Barat ketika Wakil Gubernur Audy Joinaldy (Audy) memasang baliho yang menyatakan dirinya sebagai bakal calon gubernur Sumatera Barat 2024-2029.
"Test the Water" Ala Audy Joinaldy
Usai Muncul Baliho Bacagub, Audy Joinaldy dan Sutan Riska Makan Siang Bareng
Usai Muncul Baliho Bacagub, Audy Joinaldy dan Sutan Riska Makan Siang Bareng
ini-sepuluh-iven-berkelas-yang-digelar-taman-budaya-sumbar-sepanjang-tahun-2022
Muncul Baliho Audy Balon Gubernur Sumbar, Pengamat Politik: Kabar Gembira 
Langgam dan Witbox Resmi Luncurkan Lambox Entertainment 
Langgam dan Witbox Resmi Luncurkan Lambox Entertainment 
Hitungan Cepat PSU DPD RI di Sumbar, Cerint dan Irman Gusman Lolos, Emma Yohana Gagal Kembali ke Senayan
Hitungan Cepat PSU DPD RI di Sumbar, Cerint dan Irman Gusman Lolos, Emma Yohana Gagal Kembali ke Senayan