Kurangi Kemiskinan, Jokowi Luncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang

VIDEO CALL JOKOWI

Presiden Indonesia, Joko Widodo video call bersama Bu Rika, Guru Matematika SMPN 7 Padang (Foto: screenshot vidoe di Youtube Sekretariat Presiden)

Langgam.id - Presiden Joko Widodo meluncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang di Istana Negara, Jakarta, Senin (25/1/20201). Gerakan ini untuk mengurangi ketimpangan sosial yang terjadi di berbagai wilayah.

"Salah satu langkah terobosan yang perlu kita pikirkan adalah pengembangan lembaga keuangan syariah yang dikelola berdasarkan sistem wakaf. ," kata Jokowi dalam siaran langsung di akun Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden menyebut, potensi wakaf dalam bentuk barang bergerak dan tidak bergerak di Indonesia sangat besar, mencapai Rp 2.000 triliun setiap tahunnya. Sedangkan potensi wakaf uang hingga Rp 188 triliun per tahunnya.

"Besarnya potensi ini seharusnya dapat diperluas tidak hanya untuk tujuan ibadah saja. Namun juga bisa menyentuk sektor sosial seperti penuntasan kemiskinan dan ketimpangan sosial," ucapnya.

Ia berharap, pengelolaan wakaf uang yang dilakukan oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah dan Badak Wakaf Indonesia dapat dikelola secara profesional. Mengingat, jumlah umat muslim yang sangat banyak, sehingga pengelolaannya harus dilakukan secara baik.

"Saatnya kita memberikan contoh praktek pengelolaan wakaf yang transparan yang profesional, kredibel, dipercaya dan memiliki dampak yang produktif bagi kesejahteraan pemberdayaan ekonomi umat Islam," tambah Presiden.(*/Ela)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Presiden Jokowi Tinjau Rumah Contoh Tahan Gempa di Cianjur
Presiden Jokowi Tinjau Rumah Contoh Tahan Gempa di Cianjur
Presiden Tinjau Progres Pembangunan Rumah Tahan Gempa di Cianjur
Presiden Tinjau Progres Pembangunan Rumah Tahan Gempa di Cianjur
Langgam.id - BPS mencatat, Kabupaten Tanah Datar menjadi satu-satunya dari 12 kabupaten yang ada di Sumbar dengan angka kemiskinan terendah.
Data BPS: Tanah Datar Kabupaten dengan Angka Kemiskinan Terendah di Sumbar
Langgam.id - Anggota DPR RI asal Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatra Barat (Sumbar) 1, Andre Rosiade semakin menasional.
Andre Rosiade Unggah Foto Bersama Prabowo dan Jokowi di Momen HUT ke-77 RI
Langgam.id - BPS mencatat Sumbar masuk dalam 10 provinsi dengan persentase kemiskinan terendah di Indonesia, yaitu pada peringkat ke-6.
Sumbar Peringkat ke-6 Provinsi dengan Persentase Kemiskinan Terendah di Indonesia
Langgam.id -  Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyumbangkan seekor sapi kurban untuk para korban gempa Pasaman, Sumatra Barat (Sumbar).
Sapi Kurban Presiden Jokowi Seberat 864 Kilogram untuk Korban Gempa Pasaman Diserahkan