Kuota Terbatas, Daftar Tunggu Haji di Agam Sampai 18 Tahun

Kepala Kantor Kemenag Agam, Thomas Febria mengatakan, bahwa daftar tunggu haji di Kabupaten Agam mencapai 18 tahun.

Suasana pelepasan eberangkatan calon jemaah haji (CJH) Agam di Ponpes Sumatera Thawalib Parabek. [foto: amcnews.co.id]

Langgam.id - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Agam, Thomas Febria mengatakan, bahwa daftar tunggu haji di Kabupaten Agam mencapai 18 tahun.

“Untuk pendaftar hingga kini tercatat mencapai 4 ribu lebih,” ucap Thomas dilansir dari amcnews.co.id, Kamis (2/5/2024).

Ia menambahkan, bahwa pendaftaran haji dibuka setiap tahun dengan rata-rata pendaftar 750 orang. Jika mendaftar tahun ini, ungkapnya, pemberangkatannya bisa 20 tahun ke depan.

"Ini mengingat kuota haji setiap tahunnya yang terbatas,” tutur Thomas.

Thomas menyebutkan, Kabupaten Agam pada tahun ini memberangkatkan sebanyak 431 calon jemaah haji (CJH). Mereka ini sudah mendaftar sejak beberapa tahun lalu.

“Maka kita berharap yang sudah mendaftar, bersabar menunggu gilirannya untuk menunaikan rukun Islam kelima ini,” ujar Thomas.

Thomas mengatakan, untuk pemberangkatan CJH ke Asrama Haji Padang, dilakukan pada 12 Mei mendatang. Kemudian beesoknya langsung penerbangan ke Mekkah.

Sebelumnya, terang Thomas, CJH ini sudah diberikan beberapa kali bimbingan pelaksanaan ibadah haji. Sebanyak 8 kali tingkat kecamatan dan 2 kabupaten.

“Pemberangkatan CJH terbagi 2 kloter yaitu kloter 2 full dan kloter 17 bergabung dengan daerah lain. Untuk pendamping dan petugas haji diutus 7 orang,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Agam, Andri Warman mengapresiasi tingginya keinginan masyarakat untuk menunaikan rukun Islam kelima ini.

“Ini dibuktikan dengan jumlah pendaftar setiap tahunnya, dengan antrean sampai belasan tahun,” sebut Andri saat melepas keberangkatan calon jemaah haji 1445 Hijriah di Ponpes Sumatera Thawalib Parabek, Kamis (2/5/2024)

Menurut Andri, hal ini bukti bahwa ekonomi masyarakat Agam membaik, sehingga mereka mampu untuk menunaikan ibadah haji meski masih menunggu antrean hingga belasan tahun. (*/yki)

Tag:

Baca Juga

Inovasi Teknologi Pengolahan Produk Turunan Pala
Inovasi Teknologi Pengolahan Produk Turunan Pala
Fateta Unand Bantu Tingkatkan Ekonomi Petani Koto Malintang dengan Budidaya Aren
Fateta Unand Bantu Tingkatkan Ekonomi Petani Koto Malintang dengan Budidaya Aren
Sebanyak 34 desa wisata Sumbar masuk dalam 500 besar ADWI 2024 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).
34 Desa Wisata di Sumbar Masuk 500 Besar ADWI 2024, Apa Saja?
Pemanfaatan Nira Aren Sebagai Bahan Bakar Alternatif Terbarukan
Pemanfaatan Nira Aren Sebagai Bahan Bakar Alternatif Terbarukan
Pameran Foto Kadir van Lohuizen 'Rising Tide' di Erasmus Huis Soroti Krisis Iklim
Pameran Foto Kadir van Lohuizen 'Rising Tide' di Erasmus Huis Soroti Krisis Iklim
Satpol PP Padang menertibkan sebuah warung makan di Jalan Bypass Km 7, Kecamatan Pauh, pada Selasa (21/5/2024). Penertiban itu dilakukan
Bangunan Menutupi Halte Trans Padang, Sebuah Warung Makan di Bypass Ditertibkan