Kunjungi Unand, Delegasi Kerajaan Arab Saudi Jajaki Kerjasama Pendidikan

Kunjungi Unand, Delegasi Kerajaan Arab Saudi Jajaki Kerjasama Pendidikan

Delegasi Kerajaan Arab Saudi mengunjungi Universitas Andalas. (Foto: Humas Unand)

Langgam.id - Delegasi Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi mengunjungi kampus Universitas Andalas (Unand) guna menjajaki potensi kerjasama dengan perguruan tinggi tertua di Pulau Sumatra itu.

Delegasi yang diketuai oleh Asisten Deputi Menteri Kerja sama Internasional Kerajaan Arab Saudi Dr. Abdulrahman Ali Al-Amri beserta rombongan disambut Rektor Unand di Ruang Sidang Senat Lantai IV Gedung Rektorat Kampus Limau Manis.

Rombongan Delegasi Menteri Pendidikan Arab Saudi bersama perwakilan empat universitas yakni Dr Sami. Al-Harbi sebagai salah satu delegasi dari Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi Prof. Dr. Hassan Bukhari selaku Dekan Institut Bahasa Arab Universitas Ummul Qura, Dr. Ibrahim Al-Shaedi selaku Dekan Alumni dan kerja sama Internasional Universitas Islam Madinah, Dr. Asmaa Al-Hammadi dari Saudi Electronic University, Dr. Bander Alalaam sebagai Dekan Institut Sains Islam dan Arab di Indonesia.

Lalu, Kamal Al-Wathinani sebagai Delegasi Menteri Luar Negeri, dan Abdullah Alguraini selaku Kepala Unit Humas dan Media Institut Sains Islam dan Arab di Indonesia

Dr. Abdulrahman Ali Al-Amri mengungkapkan Universitas Andalas merupakan salah satu universitas terbaik yang ada di Indonesia, oleh karena itu pihaknya tertarik untuk melakukan kerja sama.

Disampaikannya dalam delegasi Arab Saudi yang datang ke Universitas Andalas terdapat pimpinan dari empat universitas di Arab Saudi. “Namun mereka mewakili semua universitas di negaranya baik negeri maupun swasta,” ujarnya, Selasa (14/2/2023).

Lebih lanjut, ia mengatakan saat ini di Arab Saudi terdapat 29 Universitas Negeri dan 34 Universitas Swasta yang siap untuk menjalin kerja sama dengan Universitas Andalas.

“Di sini kami bermaksud melanjutkan kerja sama dalam mencari potensi-potensi untuk memperkuat hubungan, dan juga potensi dalam pengembangan pendidikan dari berbagai sisi, baik itu dari sisi teknologi, riset ilmiah, maupun penemuan baru untuk meningkatkan pendidikan,” ujarnya

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri menyatakan siap untuk melakukan kolaborasi bersama Kementerian Pendidikan Arab Saudi dalam pengembangan kualitas pendidikan diberbagai bidang serta inovasi untuk pengembangan riset dan teknologi.

Universitas Andalas siap untuk bersama-sama berkolaborasi untuk kemudian dapat melakukan pengembangan baik dalam bidang pendidikan, bidang penelitian, dan bidang lain yang berkaitan dengan inovasi untuk pengembangan riset dan teknologi,” ungkap Rektor.

Acara lalu dilanjutkan dengan pengenalan kampus Universitas Andalas dan diskusi mengenai harapan pengembangan pendidikan serta potensi kerja sama yang dapat terwujud di masa depan antara kedua belah pihak.(*/FS)

Tag:

Baca Juga

Inovasi Teknologi Pengolahan Produk Turunan Pala
Inovasi Teknologi Pengolahan Produk Turunan Pala
Fateta Unand Bantu Tingkatkan Ekonomi Petani Koto Malintang dengan Budidaya Aren
Fateta Unand Bantu Tingkatkan Ekonomi Petani Koto Malintang dengan Budidaya Aren
Sebanyak 34 desa wisata Sumbar masuk dalam 500 besar ADWI 2024 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).
34 Desa Wisata di Sumbar Masuk 500 Besar ADWI 2024, Apa Saja?
Pemanfaatan Nira Aren Sebagai Bahan Bakar Alternatif Terbarukan
Pemanfaatan Nira Aren Sebagai Bahan Bakar Alternatif Terbarukan
Pameran Foto Kadir van Lohuizen 'Rising Tide' di Erasmus Huis Soroti Krisis Iklim
Pameran Foto Kadir van Lohuizen 'Rising Tide' di Erasmus Huis Soroti Krisis Iklim
Satpol PP Padang menertibkan sebuah warung makan di Jalan Bypass Km 7, Kecamatan Pauh, pada Selasa (21/5/2024). Penertiban itu dilakukan
Bangunan Menutupi Halte Trans Padang, Sebuah Warung Makan di Bypass Ditertibkan