Kunjungi Padang, Mendag RI: Ada Kemacetan Distribusi Minyak Goreng di Sumbar

kunjungi-padang-mendag-ri-ada-kemacetan-distribusi-minyak-goreng-di-sumbar

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi kunjungan ke Pasar Raya Padang.

Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Kunjungi Padang, Mendag RI: Ada Kemacetan Distribusi Minyak Goreng di Sumbar.

Langgam.id - Menteri Perdagangan (RI) Muhammad Lutfi melakukan kunjungan ke Pasar Raya Padang untuk memantau ketersedian minyak goreng di Sumatra Barat (Sumbar). Ternyata, ada indikasi kemacetan distribusi minyak goreng di lapangan sehingga memicu kelangkaan.

Dia berkunjung didampingi Wali Kota Padang Hendri Septa, Jumat (25/2/2022). Menurut Muhammad Lutfi, sesuai perhitungan Kementerian Perdagangan (Kemendag), minyak goreng di Sumbar mestinya melimpah.

Berdasarkan perhitungan Kemendag dari tanggal 14 hingga 23 Februari, lebih dari 5 juta liter minyak goreng ada di Sumbar. Sementara kebutuhan minyak goreng hanya sekitar 2,2 juta liter. "Artinya terjadi surplus 3 juta liter," katanya.

Dia kemudian menjelaskan, data tersebut ternyata tidak tampak di lapangan atau pasar. Artinya ada kemacetan distribusi minyak goreng di lapangan.

Dirinya meminta kepada Kepala Dinas Perdagangan terutama Kota Padang, agar segera membereskan masalah itu.

Dirinya bakal menelepon distributor dan produsen utama di Padang untuk memperbaiki jalur distribusi dan memperbaiki harga sesuai ketentuan. Dia melihat di Pasar Raya Kota Padang harga minyak lebih tinggi Rp 1.000 dari harga eceran tertinggi yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Jadi ini memang saya datang ke Kota Padang untuk memastikan jumlahnya cukup, distribusinya berjalan baik, untuk memastikan harga sesuai ketentuan pemerintah, kita harus memperbaiki, mudah-mudahan hari minggu bisa segera," ujarnya.

Baca juga: Usai Turun Harga, Kini Minyak Goreng di Padang Langka

Dia memastikan bagi distributor dan produsen yang main-main, tidak menyuplai pasar dengan baik maka izin ekspornya tidak bakal dikeluarkan. Kemudian bagi yang ketahuan menimbun minyak goreng bakal ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku.

Dapatkan update berita Padang – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Langgam.id - Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman mengungkapkan keinginannya terkait pengelolaan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau.
Mantan Anggota DPR RI Taslim Soroti Keramba Jaring Apung yang Rusak Keindahan Danau Maninjau
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Wajah Gelap Homo Digitalis
Wajah Gelap Homo Digitalis
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Nofel Nofiadri
Galodo Soko dalam Kontestasi Kepala Daerah
Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra,Andre Rosiade mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran
Anggap sebagai Kampung Halaman, Prabowo Berkomitmen Bangun Sumbar